Comscore Tracker

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!

Cocok dikombinasikan memakai beragam bahan baku

Cimol merupakan jajanan praktis yang bisa kamu temui terutama di Jawa Barat. Makanan tersebut umumnya dibentuk serupa bola-bola dengan bahan utama terbuat dari tepung kanji atau tapioka.

Seiring berjalan waktu, cimol juga terus mengalami inovasi terbaik hingga pelanggannya terus bertambah banyak. Bila ingin coba mencicipi cimol yang lebih menarik, catat dulu kelima pilihannya ini yuk!

1. Cimol mozarella

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!ilustrasi cimol mozarella (pixabay.com/Alexander Stein)

Santapan pertama ini merupakan jajanan baru yang jadi kesukaan karena akan ada sensasi meleleh begitu digigit dalam kondisi hangat. Hal ini disebabkan pemakaian mozarella yang bikin sedap.

Seperti proses pembuatan cimol pada umumnya, bahan adonan utama makanan ini terdiri dari tepung kanji, bawang-bawangan, perasa, dan air mendidih. Setelah adonan siap, maka bentuk dan isi menggunakan mozarella. Maka cimol pun siap digoreng!

2. Cimol cabe garam

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!ilustrasi cimol cabe garam (yummy.co.id/Sari Nurdiani)

Tidak cuma adonan utama dari cimol, melainkan pendampingnya pun tetap bisa dikreasikan sesuka hati dengan menggunakan bumbu sederhana kecintaan sebagian besar masyarakat Indonesia, yaitu cabe garam.

Perpaduan rasa asin dan pedas yang bisa kamu dapatkan melalui irisan rawit serta garam ini dijamin bikin betah ngunyah. Terutama kalau cimol yang dimasak masih dalam kondisi hangat, maka kamu mesti coba!

Baca Juga: 5 Jenis Olahan Aci yang Lagi Viral, Kamu Sudah Coba?

3. Cimol isi ayam

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!ilustrasi cimol isi ayam (yummy.co.id)

Selama ini, cimol terkenal karena isiannya yang kosong. Maka enggak heran kalau ragam inovasi terbaru dari makanan berbahan kanji tersebut lebih sering bertumpu pada isiannya yang unik dan variatif.

Di dalam kreasi ini, jenis isian yang digunakan pun bisa berupa suwiran ayam. Masak terpisah bersama aneka bumbu, kemudian masukan ke dalam adonan cimol. Goreng kembali dan sajikan dengan saus kesukaan.

4. Cimol kornet

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!ilustrasi cimol kornet (yummy.co.id)

Tidak cuma variasi daging ayam yang bisa bikin cimol terasa istimewa, sebab bahan siap masak seperti kornet juga mampu memberi sumbangan rasa maksimal dan gurih pada saat cimol digigit.

Namun begitu, proses pengolahannya agak berbeda karena kornet tidak dijadikan isian dalam cimol melainkan dicampur ke dalam adonan utama agar rasanya jadi tambah sedap begitu selesai digoreng.

5. Cimol kopong bumbu

5 Ragam Kreasi Cimol Menarik, Jajanan yang Bikin Betah Ngunyah!ilustrasi cimol kopong bumbu (yummy.co.id/Mama Queen)

Kalau kreasi cimol yang satu ini tampaknya sudah lebih terkenal dibanding variasi sebelumnya karena cimol kopong merupakan bagian dari versi original makanan kenyal dan garing tersebut.

Biasanya, demi melengkapi hidangan biargak terlalu tawar maka diperlukan penggunaan bumbu bubuk yang bisa berupa bubuk pedas, bubuk keju, atau bubuk rasa jagung biar perpaduan cimol makin lengkap.

Ragam cimol unik selalu menghiasi menu jajanan di Indonesia. Gak ada salahnya untuk mencoba salah satu varian di atas biar santapan jadi lebih kreatif dan gak cepat membuat kamu bosan.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Bakso Aci Paling Enak di Jakarta, Wajib Kamu Singgahi!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya