Comscore Tracker

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!

Sudah pernah mencicipi ikan asin goreng tepung? #LokalIDN

Indonesia adalah surganya ikan asin. Salah satu cara pengawetan hasil tangkapan laut dengan menggunakan garam ini biasanya mempunyai rasa yang unik dan sangat cocok apabila dimakan bersama nasi.

Ikan asin kapas misalnya. Bentuk ikan yang sangat tipis ini menjadi idola sejak lama di kalangan masyarakat lantaran tidak merepotkan saat disantap, sebab tulang dari ikan sudah menyatu dengan daging dan bisa dikunyah dengan mudah.

Kalau kamu mempunyai ikan asin kapas di rumah, berikut ini terdapat lima masakan dari ikan tersebut yang terkenal enak dan kriuk untuk disantap bersama keluarga. Apa saja?

1. Ikan asin kapas garing

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!yummy.co.id/Yulia Marie Kho

Salah satu mengolah ikan asin kapas yang cukup mudah serta terkenal adalah dengan digoreng garing. Meski kedengaran sederhana, namun proses pemasakkan ikan terbilang rumit jika tidak diolah dengan baik.

Ikan asin kapas yang tidak tergoreng dengan cukup bagus akan mudah melempem dan alot. Sementara itu semestinya goreng ikan asin kapas terbilang renyah serta kriuk hampir mirip dengan kerupuk.

2. Ikan asin kapas tepung

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!instagram.com/fitrisasmaya

Bila kamu suka dengan tekstur ikan asin yang garing namun cukup gurih untuk dinikmati bersama nasi, maka sesekali dapat mengolah ikan asin kapas menjadi ikan goreng tepung yang kaya rasa.

Kamu hanya perlu menyiapkan tepung bumbu serbaguna untuk menjadi lapisan terluar bagi ikan. Namun perhatikan proses pemasakan makanan ini agar bagian tepung tidak cepat gosong sementara ikan belum termasak sempurna, ya!

Baca Juga: Disebut Ikan Asin Mahal, 5 Cara Maksimal Olah Jambal Roti Jadi Nikmat!

3. Balado ikan asin kapas

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!yummy.co.id/Wilia Tory

Bicara soal ikan asin kapas belum lengkap bila tidak menyertakan salah satu makanan fenomenal dengan rasa manis dan gurih, yaitu balado asin kapas. Tidak cuma jadi lauk, makanan ini pun sering disajikan sebagai camilan lho!

Rasa manis yang dihasilkan pada olahan terletak dari penggunaan gula merah dalam adonan balado. Selain itu, cara ini dijadikan sebagai salah satu pengawet ikan asin yang terkenal di kalangan pencinta masakan Indonesia

4. Tumis petai ikan asin kapas

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!resepharian.co

Ikan asin kerap diolah untuk menemani bahan baku berbau tajam, seperti petai atau pete. Olahan ini tidak cuma menambahkan tekstur, tapi juga meningkatkan aroma yang membuat kita menitikan air liur.

Salah satu olahan tersebut dikenal dengan sebutan tumis pete ikan asin kapas yang menggugah selera. Dalam proses memasak, tambahkan daun jeruk, bawang-bawangan, dan cabai untuk menghasilkan wangi dan rasa yang pas.

5. Ikan asin kapas sambal ijo

5 Ragam Lauk Pauk dari Ikan Asin Kapas yang Terkenal Enak dan Renyah!arsipide.com

Sambal ijo memang menjadi alternatif bumbu untuk aneka masakan bercita rasa gurih dengan sedikit sentuhan rasa pedas yang masih dapat ditoleransi, jika dibandingkan dengan cabai rawit.

Salah satu olahan yang cocok dimasak dengan sambal ijo ini adalah ikan asin kapas. Keduanya bisa menjadi makanan yang nikmat, terutama bila disajikan dalam kondisi hangat bersama nasi.

Itulah kelima olahan ikan asin kapas yang nikmat disantap bareng nasi dan sambal bersama keluarga di rumah. Ikan asin memang selalu berhasil membuat sesi makan jadi tambah lahap. Kalau kamu sendiri kira-kira suka ikan asin jenis apa?

Baca Juga: 8 Resep Olahan Ikan Asin yang Maknyus, Cocok Buat Pilihan Lauk Praktis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya