Comscore Tracker

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Goreng

Ada saus manis dari buah sampai sambal yang pedas

Pisang goreng adalah makanan ringan favorit yang dapat dinikmati bersama tambahan saus cocol. Beragam pelengkap hadir untuk memberikan rasa unik pada makanan, seperti saus manis dan pedas.

Buat kamu yang belum tahu pendamping seperti apa yang paling pas untuk dinikmati bersama pisang goreng, maka lima saus ini dapat dijadikan referensi. Dijamin bikin terlena, deh!

1. Karamel

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Gorengilustrasi memasak karamel (pixabay.com/Olivia Portrat)

Karamel menjadi salah satu pendamping yang sangat populer di industri kuliner. Rasa saus ini cenderung manis dan memiliki tekstur agak kental. Biasanya, saus digunakan untuk beberapa macam masakan yang bercita rasa tawar dan manis sehingga rasanya jadi lebih nendang saat dinikmati.

Bukan cuma ditemukan dalam dessert kekinian, saus karamel juga menjadi pelengkap yang cocok disantap bersama pisang goreng. Balutan buah dan lapisan tepung akan terasa lebih maksimal saat dipertemukan dengan saus karamel, cocok sekali untuk kamu yang merupakan pecinta makanan legit.

2. Srikaya

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Gorengilustrasi saus srikaya (pixabay.com/Taken)

Kelezatan makanan manis belum sempurna kalau tidak di pertemukan dengan srikaya. Saus ini menjadi pelengkap makanan populer di berbagai wilayah di Asia, termasuk di Indonesia. Srikaya mampu menyumbang sensasi rasa manis luar biasa sekaligus memberikan tekstur lembut yang memikat.

Meski begitu, srikaya sama sekali tidak menggunakan buah untuk proses pembuatannya. Justru bahan utama yang digunakan dalam saus ini terdiri dari tepung, telur, santan, gula, dan terkadang ditambah menggunakan pandan supaya aromanya lebih intens. Sensasi rasa manis tersebut sangat pas ketika dicocol bersama pisang goreng hangat.

Baca Juga: Cara Gampang Bikin Saus Tartar, Buat Cocolan Fish and Chips!

3. Sambal roa

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Gorengilustrasi pisang goreng sambal roa (unsplash.com/Antonio Castellano)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menikmati pisang goreng bersama sambal roa adalah tradisi yang tidak dapat ditinggalkan sebagian masyarakat Indonesia. Sambal ini sangat terkenal di Manado dengan penggunaan ikan roa yang menghasilkan kombinasi sambal unik, enak, dan cocok untuk disantap bersama macam-macam hidangan.

Bagi kamu yang tertarik menikmati pisang goreng dengan pengalaman berbeda, maka sambal roa adalah saus cocol yang pas untuk mendapatkan kombinasi rasa unik. Selain penggunaan ikan roa, ada juga cabai, tomat, bawang, sampai penyedap rasa untuk memaksimalkan sambal biar lebih tajam rasanya.

4. Saus stroberi

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Gorengilustrasi saus stroberi (pixabay.com/Gelly___)

Kalau kamu pencinta cocolan bercita rasa manis dan segar, maka saus stroberi adalah pilihan tepat untuk dijadikan teman menikmati pisang goreng. Terdapat sensasi asam alami yang terkandung di dalam saus, sehingga menikmati gorengan akan terasa lebih menyenangkan.

Kamu bisa memadukan dua makanan ini sebagai inspirasi untuk menciptakan hidangan ringan yang berbeda. Dengan begini, sajian pun akan terasa lebih istimewa apalagi kalau pisang goreng disajikan selagi hangat sehingga saus bisa menempel dengan maksimal saat gorengan dikunyah.

5. Sambal terasi

5 Rekomendasi Saus Populer untuk Cocolan Pisang Gorengilustrasi sambal uleg (pixabay.com/heri priana)

Terinspirasi dari kelezatan antara pisang goreng dan sambal roa, ternyata ada saus lain yang cocok untuk dinikmati bersama gorengan favorit masyarakat Indonesia. Apalagi kalau bukan sambal terasi yang ikonik karena sensasi rasanya yang segar, pedas, dan beraroma tajam.

Ternyata sambal terasi bukan cuma pas dinikmati bersama ayam goreng atau ikan asin, melainkan cocok pula ketika dipertemukan bersama makanan manis seperti pisang goreng yang dilapisi tepung. Sensasi dari cabai, terasi, tomat, dam penyedap rasa membangkitkan selera makan ketika dipertemukan bersama pisang yang krispi dan hangat.

Beragam saus unik mulai dari versi manis dan pedas hadir untuk melengkapi olahan pisang goreng agar semakin lezat. Kenikmatan ini sangat pas untuk menemani waktu berkumpul bareng orang-orang tersayang sambil ngemil. Gimana, tertarik mencoba?

Baca Juga: Resep Ayam Fillet Crispy, Nikmat Dilengkapi Cocolan Saus Sambal

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya