Comscore Tracker

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezat

Ada bubur yang bisa dibuat dari roti gandum hitam ini lho!

Selama ini kita mungkin hanya mengenal beberapa jenis roti saja yang dikonsumsi sehari-sehari sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Sebut saja roti putih, roti gandum, atau roti dengan aneka rasa seperti pandan serta cokelat.

Ternyata selain beberapa jenis roti tersebut, masih ada varian lain yang tidak kalah sedap lho! Produk tersebut adalah roti rye. Nah, rye bread sendiri merupakan roti yang terbuat dari gandum.

Berbeda dari roti gandum yang biasa ditemui, rye bread hampir seluruhnya dibuat dengan menggunakan tepung rye atau gandum hitam. Maka tidak heran apabila hasil akhir dari roti ini akan cenderung lebih gelap dari biasanya.

Serupa dengan roti-roti sejenis, rye bread pun dapat diolah menjadi aneka hidangan nikmat dan membuat selera makanmu bertambah. Lima diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Rye bread dip

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezatnoshcity.com

Di dunia ini terdapat aneka ragam cara untuk menikmati olahan dari roti yang sederhana tetapi bisa membuat rasanya setingkat jauh lebih sedap. Mulai dari diolesi selai, dipanggang, atau dibakar.

Namun selain cara-cara mainstream tersebut, adapula teknik populer yang acapkali dijadikan alternatif bila kita sudah bosan dengan sajian yang itu-itu saja. Teknik tersebut bernama dip.

Dip adalah gaya mengonsumsi sebuah makanan dengan menghadirkan ragam saus tertentu, baik itu manis atau asin untuk dijadikan sebagai cocolan dari hidangan utama.

Rye bread sendiri adalah satu dari sekian banyak roti yang cocok disajikan demikian. Saus yang digunakan bisa berbasis cream cheese, mayones, sampai sour cream yang ditaruh pada bagian tengah roti yang sudah dikeluarkan sebagian isinya.

2. Open sandwich

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezatsaveur.com

Open sandwich merupakan varian penyajian roti lapis yang lebih praktis namun tetap menggugah selera. Hal ini didasari oleh penggunaan roti yang hanya memakan sebanyak satu lembar saja dengan ragam topping yang memikat.

Hampir semua jenis roti dapat diolah menjadi open sandwich, tak terkecuali rye bread. Perpaduan antara warna roti yang eksotis dengan isian topping yang beraneka ragam akan membuat tampilan hidangan jadi lebih menawan.

Open sandwich sendiri bisa disuguhkan dengan berbagai rasa, termasuk manis atau asin. Kebanyakan varian asin akan cenderung memuat bahan baku yang mengandung protein, seperti daging atau telur. Sementara untuk rasa manis akan lebih banyak menggunakan buah-buahan dan selai.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Berbahan Biji Gandum, Sumber Karbohidrat Penting!

3. Rye bread porridge

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezatfood52.com

Selain diproses menjadi hidangan mainstream, rye bread juga dapat diolah ke dalam beberapa hidangan unik seperti bubur. Kalau biasanya kamu mengonsumsi bubur yang terbuat dari beras atau ketan, maka kali ini roti bisa menggantikan posisi bahan tersebut.

Pengolahan bubur dari roti rye terbilang agak lebih lama ketimbang bubur biasanya, hal ini lantaran roti yang sudah disobek harus direndam semalaman sebelum diolah.

Jika roti sudah terendam sempurna, maka ia baru bisa dimasak bersama sari pati buah apel, lemon, dan rempah-rempah sampai membentuk bubur. Sebagai tambahan, kamu dapat menyajikan bubur ini bersama heavy cream dan potongan buah segar.

4. Rye bread and butter

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezatthehealthytart.com

Olahan roti sederhana yang menjadi teknik paling klasik untuk menghidangkan roti agar tambah nikmat ialah dengan cara dipanggang. Aroma asap dan bagian yang termasak akan memberi sensasi berbeda saat dikonsumsi.

Sebagai teman akrab, roti yang diolah dengan cara dipanggang biasanya akan dibubuhi butter agar semakin menggoda, baik dari segi wangi maupun rasa. Semakin bagus kualitas butter yang dipakai, rasa roti akan lebih nikmat.

Rye bread sendiri dapat diolah dengan cara seperti ini. Meski terlihat mudah dan sederhana, namun rasa yang dihasilkan bisa membuat terkagum-kagum lho!

5. Layered rye bread

5 Sajian Sedap dari Rye Bread, Roti Gandum Hitam dengan Rasa Lezatsanta.lv

Selain keempat olahan di atas, rye bread ternyata cocok dibuat sebagai dessert atau makanan penutup yang praktis dan enak lho! Kudapan tersebut diberi nama layered rye bread dessert.

Sesuai penamaannya, dessert ini dihidangkan dengan cara bersusun dalam gelas atau jar bening yang dapat memperlihatkan seluruh komponen apa saja yang terkandung dalam dessert tersebut.

Nah, dalam pembuatan makanan penutup dari roti rye ini, kamu perlu menghancurkan roti terlebih dahulu, taruh remahan roti paling bawah dan tutup dengan selai buah beri dan whipped cream, lakukan berulang sampai rye bread menutupi gelas.

Itulah kelima kudapan dari rye bread, si roti gandum hitam menggugah selera yang bisa menjadi ide kudapan terkini di rumah. Kira-kira kamu lebih suka makan roti biasa atau penasaran dengan rasa roti berwarna gelap satu ini?

Baca Juga: 5 Tipe Olesan yang Biasa Digunakan untuk Roti, Catat ya!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya