Comscore Tracker

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkan

Pencinta ayam sudah menggunakan tanaman harum ini belum?

Di dalam dunia kuliner, terdapat aneka rempah yang digunakan untuk menyedapkan masakan sekaligus memberikan harum aromatik yang membuat siapapun tergiur untuk mencicipinya lebih banyak.

Serai misalnya. Tanaman berbentuk batangan ini sudah sangat umum digunakan sebagai pengharum masakan. Tak terkecuali daging ayam.

Nah, berikut merupakan inspirasi dalam mengolah ayam serai supaya makin nikmat dan bisa dijadikan ide lauk sehari-hari.

1. Spring rolls ayam serai

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkanilustrasi spring roll ayam serai (unsplash.com/Ella Olsson)

Olahan berikut ini tengah menjadi sorotan dari berbagai pegiat kuliner tak terkecuali di tanah air. Spring roll adalah sebutan bagi olahan isi yang mengandung aneka macam sayur hingga daging-dagingan dengan berbalut kulit lumpia.

Salah satu inovasi dalam spring roll tersebut bisa dibentuk menggunakan lemongrass chicken alias ayam yang telah dimarinasi menggunakan saus serai yang dapat dibuat dari seledri, jahe, beberapa batang serai, hingga bawang putih yang ditumis lalu dihaluskan menggunakan blender atau alat sejenis.

2. Sate ayam serai

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkanilustrasi satai ayam serai (unsplash.com/Jacob Campbell)

Bagi kamu penggemar satai, bumbu serai pun bisa diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan bahan marinasi yang enak, harum, dan menyegarkan dengan mencampur serai bersama bawang putih, kecap, hingga daun jeruk.

Bumbu bisa dihaluskan supaya mudah menyerap ke dalam daging. Selain itu, kamu bisa menggunakan nasi hangat atau nasi liwet sebagai pendamping dalam mengonsumsi hidangan berikut ini.

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Ayam Rebus yang Kaya Bumbu, Gak Takut Hambar!

3. Ayam serai madu

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkanilustrasi ayam serai madu (unsplash.com/Branimir Petakov)

Memiliki tekstur daging yang lembut di bagian dalam, garing pada kulit, dan rasa gurih serta manis yang menyertai membuat ayam madu kerap dijadikan alternatif menjanjikan untuk dimasak sebagai lauk makan bersama nasi.

Namun bumbu lain yang membuat hidangan akan tambah harum adalah dengan menyisipkan serai di dalam adonan marinasi bersama dengan kecap, bawang putih, dan lain-lain.

4. Ayam serai kukus

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkanilustrasi ayam serai kukus (unsplash.com/Satrio Hutomo | lil.swordfish)

Mengolah ayam kukus menjadi pilihan terbaik ketika ingin menyajikan makanan enak namun lebih minim penggunaan minyak dan proses menggoreng. Nah, supaya hidangan menjadi tambah nikmat, kamu bisa menggunakan serai sebagai salah satu bumbu utama.

Ayam yang telah dimarinasi menggunakan bumbu kesukaan dapat dikukus bersama batang serai yang sudah dibersihkan agar aroma amis pada daging tergantikan oleh bau harum yang menggugah selera.

5. Ayam serai tumis

5 Sajian Ayam Serai Empuk dan Wangi untuk Ide Lauk Pauk Menggiurkanilustrasi ayam serai tumis (unsplash.com/Sam Moqadam)

Cara mudah memasak ayam dengan waktu yang lebih singkat adalah ditumis. Biasanya daging perlu dipotong-potong atau disuwir menjadi sangat kecil, lalu ditambahi menggunakan rempah dan aneka bumbu penambah rasa.

Kamu bisa memakai paprika, bawang-bawangan, serai, irisan cabai untuk menambah pedas, dan lain-lain. Jangan lupa untuk memasukan sedikit gula supaya rasa tumis daging menjadi lebih enak.

Itu dia kelima olahan ayam serai yang tidak cuma memberi rasa segar namun aromatik yang kental sehingga mampu meningkatkan nafsu makan agar lebih berselera terutama saat ditemani dengan nasi hangat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Serai Wangi dan Serai Dapur, Fungsinya Gak Sama Lho!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya