Comscore Tracker

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!

Bisa diolah bersama pasta kesukaan

Tobiko merupakan sebutan bagi telur ikan terbang yang memiliki warna oranye dan ukuran agak lebih kecil dibanding telur ikan sejenis. Tobiko sendiri cukup akrab dalam dijadikan pelengkap untuk aneka makanan enak dengan ciri khas berupa rasa asin ketika kita mengunyah telur ikan satu ini.

Nah, di berbagai contoh penyajian, tobiko dapat dijadikan topping sekaligus pendamping bagi lima kreasi olahan makanan yang tidak kalah enak dan menggugah selera. Apa saja?

1. Tobiko sushi

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!Sushi tobiko (freepik.com/stockking)

Olahan sushi dalam aneka masakan Jepang memang menjadi favorit bagi kebanyakan orang, baik itu olahan sushi mentah ataupun matang. Beberapa di antaranya bahkan memiliki jenis dan isian yang beragam sehingga tidak akan mudah membuat bosan.

Nah, di antara banyaknya sushi yang dijual di restoran Jepang, salah satu yang menarik perhatian datang dari tobiko sushi di mana telur ikan terbang ini akan menghiasi sushi sebagai topping utamanya.

2. Pasta with tobiko

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!Pasta dengan tobiko (freepik.com/topntp26)

Salah satu masakan yang banyak mendapat modifikasi, baik itu dari negara asalnya sendiri maupun di luar itu adalah pasta. Terdapat banyak cara mengolah dan jenis-jenis pasta yang bisa dicoba, salah satunya pasta with tobiko.

Telur ikan bercita rasa asin tersebut biasanya disajikan untuk menemani pasta jenis spageti agar rasa makanan menjadi kian menarik dan memiliki tekstur yang beragam pula. Gimana, tertarik mencicipinya?

Baca Juga: Inilah Perbedaan Mentai dan Tobiko, Wajib Tahu biar Gak Salah Pesan!

3. Tobiko omelet

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!Tobiko omelet (rasamalaysia.com)

Sering kali olahan omelet dimasak hanya dengan mengandalkan keberadaan keju atau potongan sayur saja supaya bisa membuat rasanya agak beda serta lebih padat. Namun selain bahan sederhana tersebut, kali ini kamu bisa mengolah telur ayam dengan tobiko, lho!

Omelet dapat diorak-arik dengan potongan bawang bombai supaya aroma yang dihasilkan makin sedap. Bila sudah hampir matang, maka tobiko dapat langsung dicampurkan ke dalam masakan.

4. Tobiko mayo rice

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!Ilustrasi mayo rice (yummy.co.id/Maidy Irawati)

Mayo rice belakangan sukses menjadi alternatif dalam menikmati nasi dengan cara unik, di mana nasi akan dicampur bersama ikan salmon dan mayones untuk kemudian dipanggang atau dibakar menggunakan torch.

Saat ini mayo rice pun dapat diolah dengan taburan tobiko di atas hidangan. Supaya olahan makin gurih, nasi bisa dicampur menggunakan bubuk nori atau lembaran rumput laut yang telah diremukkan.

5. Sashimi pizza

5 Sajian Berbalur Tobiko, si Telur Ikan Terbang yang Bikin Gurih!Sashimi pizza (greatbritishchefs.com/Scott Hallsworth)

Sashimi pizza menjadi terobosan anyar dalam menyajikan aneka lauk umum dalam sashimi ke dalam lembaran kulit tortilla yang dijadikan sebagai alas pizza. Makanan ini terdengar unik namun menarik, ya?

Tak hanya itu, untuk memberi rasa segar dalam sajian sashimi pizza, biasanya dalam daftar komponen yang digunakan terdapat pemakaian topping berupa ikan tuna, jalapeno, hingga wasabi tobiko.

Nah, itu dia kelima makanan dengan sentuhan rasa tobiko yang menyertai untuk bisa kamu coba cicipi. Sebagai penggemar telur ikan, apakah kamu tertarik untuk mengolah tobiko jadi masakan favorit di rumah?

Baca Juga: 5 Sajian Ini Semakin Mewah dengan Tambahan Kaviar, Berniat Mencicipi?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya