Comscore Tracker

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmat

Pernah cicipi ati ayam dengan saus peri-peri yang pedas?

Ati ayam merupakan salah satu jeroan yang cukup banyak diolah menjadi masakan sedap. Di Indonesia sendiri ati biasanya dimasak bersama ampela untuk menyeimbangkan tekstur yang lembut dan kenyal.

Tidak cuma digoreng, ada berbagai olahan ati ayam yang menggugah selera dan bisa kamu coba di rumah dengan metode pemasakan berkuah lho! Lima di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Semur ati dan ampela ayam

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmatyummy.co.id/Wina Kartika

Semur merupakan salah satu sajian berkuah khas Nusantara yang terbuat dari daging-dagingan dan dimasak bersama kuah kecoklatan yang terdiri dari kecap dan aneka rempah sehingga menghasilkan rasa gurih dan sedikit manis.

Tidak melulu terbatas pada daging-dagingan seperti daging ayam atau sapi, jeroan seperti ati ampela pun turut bisa diolah menjadi bintang dalam hidangan serupa, serta mampu menghasilkan rasa yang tidak kalah sedap.

2. Creamy chicken liver

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmatpricecheck.co.za

Salah satu olahan ati ayam yang tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah creamy chicken liver. Sajian ini dimasak dengan cara direbus menggunakan aneka bumbu seperti bawang putih, bawang bombai, serta daun peterseli.

Setelah itu ati ayam kemudian dimasak dengan krim segar lalu kuah akan dibiarkan sampai mengental. Olahan ini dapat dimakan sebagai camilan atau dapat pula digunakan untuk cocolan aneka roti.

Baca Juga: Resep Tumis Basah Ati Ampela Saus Tiram, Enak Tiada Tara

3. Chicken liver curry

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmateatmagic.neolithtech.com

Kari adalah salah satu hidangan populer yang terkenal di berbagai belahan dunia, khususnya wilayah Asia sebagai makanan kaya bumbu dengan rasa tajam dan memiliki sedikit varian rasa pedas.

Berbagai bahan baku dapat diolah menjadi kari, mulai dari daging sapi sampai jeroan, termasuk ati ayam. Untuk mengolah ati menjadi kari, ada baiknya gunakan ati ayam segar supaya rasanya lebih sempurna.

4. Chicken liver peri-peri

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmatmealgarden.com

Chicken liver peri-peri adalah sebuah olahan dari ati ayam yang mana hidangan ini dibuat menggunakan metode goreng dan dicampur menggunakan saus. Menggoreng biasanya diterapkan untuk ati ayam bersama bawang bombai dalam minyak zaitun atau butter, lalu kemudian dimasak bersama krim.

Setelah itu, tahap selanjutnya adalah memasukan saus peri-peri ke dalam masakan, yaitu saus khas asal Afrika yang dibuat dengan ragam rempah-rempah seperti bawang-bawangan, cuka, paprika, air lemon, daun salam, oregano, tomat, dan cabai.

5. Sautee chicken liver

5 Sajian Berkuah dari Ati Ayam untuk Inspirasi Lauk Pauk Nikmatsbs.com.au

Sajian berikutnya yang bisa kamu olah dengan menggunakan ati ayam adalah sautee chicken liver atau tumis ati ayam. Sajian ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan tekstur ati yang tidak terlalu berair namun tetap nikmat saat dimakan.

Untuk menambahkan aroma dan rasa, disarankan menggunakan bawang bombai yang telah dimasak terlebih dahulu lalu bumbui dengan lada hitam supaya wangi masakan menjadi sedap dan terhindar dari aroma jeroan yang kurang sedap.

Itu dia kelima olahan berkuah dari ati ayam yang bisa kamu coba di rumah untuk santapan bersama keluarga. Kira-kira dari kelima sajian tersebut, mana yang paling ingin kamu cicipi dalam waktu dekat?

Baca Juga: 7 Hidangan Khas Indonesia Berbahan Dasar Ayam, Mana Favoritmu?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya