Comscore Tracker

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segar

Proses pembuatannya pun gak kalah mudah, nih!

Macerated fruit adalah sebuah teknik dalam proses pengolahan buah yang direndam selama beberapa saat hingga mengeluarkan jus alami. Berbeda dengan selai, macerated fruit tidak dimasak di atas api.

Biasanya, buah hanya perlu direndam menggunakan beberapa pilihan, bisa dengan air lemon, menggunakan jus, bahkan pada versi populer ada yang memakai minuman dari anggur untuk menghasilkan macerated fruit yang menarik.

Namun begitu, penggunaan macerated buah tersebut bisa diaplikasikan terhadap aneka macam makanan, seperti lima berikut ini.

1. Cupcake with macerated strawberry

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segarilustrasi cupcake with macerated strawberry (unsplash.com/The BlackRabbit)

Kreasi macerated pertama ini bisa diterapkan dalam olahan cupcake alias si kue mangkuk yang acap kali tampil meriah. Buah yang digunakan pun adalah stroberi yang telah diiris-iris dan direndam menggunakan air lemon dan gula.

Jadikan macerated stroberi tersebut sebagai isian dari cupcake untuk menciptakan sensasi yang berbeda ketika digigit. Kemudian, hias topping makanan memakai frosting krim dan tambahan potongan stroberi segar lainnya.

2. Rice pudding with macerated guava

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segarilustrasi rice pudding with macerated guava (unsplash.com/Rasmus Gundorff Sæderup)

Rice pudding adalah salah satu makanan manis yang terbuat dari beras. Makanan ini  selalu bertambah populer karena bisa terus dikreasikan bersama pendamping yang beraneka ragam.

Khusus pada olahan berikut, kamu perlu membuat rice pudding memakai beras, susu, heavy cream, air, dan gula. Sedangkan saus pendamping diproses dari jambu merah yang telah direndam dengan gula serta air lemon.

Baca Juga: Resep Es Buah Pandan, Rasanya Dingin-dingin Empuk!

3. French toast with macerated fruit

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segarilustrasi french toast with macerated fruit (unsplash.com/Omar Al-Ghosson)

French toast menjadi salah satu santapan yang paling pas untuk dijadikan menu sarapan sehari-hari. Bahkan demi melengkapi sajian, french toast acap kali dimakan bersama aneka olahan buah-buahan, tak terkecuali macerated fruit.

Siapkan telur, krim, dan gula. Kemudian, celupkan roti ke dalam adonan tersebut dan masak beberapa saat di atas lelehan mentega. Sajikan french toast bersama macerated stroberi dan ekstra yogurt untuk menyeimbangkan rasa.

4. Panna cotta with macerated berry

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segarilustrasi panna cotta with macerated berry (unsplash.com/Dan Rooney)

Hidangan berikutnya yang paling pas untuk disantap bersama aneka macerated fruit bukan lain adalah panna cotta. Makanan lembut mengandung gelatin ini sudah sangat sering disandingkan bersama aneka buah, sehingga rasanya tetap menarik untuk dicicipi.

Macerated fruit yang bisa digunakan adalah percampuran dari aneka buah berry. Rendam memakai gula, kemudian diamkan sampai mengeluarkan jus alami. Lalu buat panna cotta dari krim, madu, gelatin, ekstrak vanila, serta perasa untuk memaksimalkan.

5. Cheesecake with macerated peach

5 Santapan Manis dengan Macerated Fruit yang Bikin Segarilustrasi cheesecake with macerated peach (unsplash.com/Dilyara Garifullina)

Sebagai salah satu pecinta buah peach, kamu bisa juga lho menggunakan bahan tersebut dan diolah sebagai macerated fruit dengan cara direndam bersama gula serta air lemon, untuk nantinya ditambahkan ke dalam hidangan cheesecake.

Bagian dasar makanan bisa diolah menggunakan remahan biskuit favorit dan mentega. Kemudian buat isian dari cream cheese, sour cream, sampai gula bubuk. Tuang ke dalam loyang dan tutup topping dengan memakai adonan peach tadi.

Menciptakan macerated fruit dari buah-buahan segar bisa menambah warna baru terhadap aneka santapan. Bahkan kesegarannya tidak banyak hilang karena tak perlu dimasak menggunakan api. Yuk, cobain!

Baca Juga: Tidak Harus Buttercream, 5 Topping untuk Kreasi Jualan Cupcake Hits

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya