Comscore Tracker

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!

Saus bawang ini bisa digunakan untuk gorengan hingga stik

Bumbu dapur populer, bawang bombai, terkenal karena rasanya yang agak manis disertai aroma unik yang mampu melezatkan masakan. Namun, selain dipakai untuk perasa makanan utama, bawang bombai juga sering diolah sebagai saus, lho.

Sebagai pencinta makanan dengan saus, kamu perlu tahu lima olahan saus yang dapat dibuat menggunakan bawang besar ini, biar lebih hemat saat hendak menikmati macam-macam makanan enak.

1. Saus bawang bombai sour cream

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!ilustrasi saus bawang bombai sour cream (pexels.com/Piotr Arnoldes)

Saus yang satu ini cenderung creamy dan kental, cocok dinikmati bersama keripik dan aneka macam gorengan. Belum lagi rasanya didominasi oleh sensasi gurih dan asam yang membuatnya makin sedap.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat saus ini terdiri dari bawang bombai bubuk, bawang putih bubuk, lada hitam, garam, potongan daun bawang, krim asam, serta mayones. Campur-campur, maka saus siap digunakan.

2. Gravy bawang bombai

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!ilustrasi gravy bawang bombai (pexels.com/Malidate Van)

Gravy merupakan saus favorit yang acapkali ditambahkan ke dalam olahan stik. Perpaduan rasa yang gurih dan buttery bikin saus ini sayang untuk dilewatkan demi membuat santapan rumahan kamu tampil istimewa.

Saus gravy bisa dibuat menggunakan beragam cara, salah satunya memasak bawang bombai bersama mentega, air, kaldu, kecap Inggris, lada hitam, serta tambahan tepung supaya saus ini bisa mengental.

Baca Juga: 5 Kreasi Masakan dari Bawang Bombai dan Parmesan yang Menggugah Selera

3. Saus hot dog

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!ilustrasi saus hot dog (pexels.com/Ahmad No More)

Kalau kamu suka makanan cepat saji khususnya hot dog, selain isian yang bisa dibuat secara rumahan ternyata sausnya pun dapat dibikin menggunakan bahan-bahan dari bawang bombai.

Caranya dengan menumis bawang bombai bersama minyak goreng, kemudian masukkan saus sambal, bubuk cabai, garam, tambahan saus sambal ekstra pedas, serta bubuk kayu manis untuk membuatnya tambah harum.

4. Soubise

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!ilustrasi soubise (pexels.com/Lukas)

Soubise merupakan varian saus ala Prancis yang secara khusus dibuat untuk mendampingi macam-macam hidangan berat, mulai dari olahan daging sampai kreasi dari sayur-mayur. Teksturnya pun agak sedikit kental.

Saus ini bisa dibuat dengan menumis potongan bawang bombai beberapa saat lalu masukkan heavy cream. Setelah itu pindahkan adonan ke dalam blender, biarkan sampai halus. Kemudian masak kembali sambil dibumbui pakai garam, lada, serta bubuk pala.

5. Saus bawang jahe

5 Macam Saus dari Bawang Bombai, Pelengkap yang Enak dan Hemat!ilustrasi saus bawang jahe (pexels.com/Thiea Alhoz)

Saus yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dibuat sebagai pendamping aneka masakan, karena pas sekali dijadikan pelengkap andalan bagi makanan serba goreng ataupun aneka hidangan utama.

Selain penggunaan bawang bombai, ternyata dalam santapan tersebut diperlukan juga parutan jahe segar, air lemon, cuka putih, serta tambahan kecap asin untuk membuatnya agar lebih enak.

Bawang bombai merupakan bumbu dapur yang seringkali dimanfaatkan untuk menambah rasa terhadap tumisan hingga masakan berkuah. Namun bahan tersebut pun bakal terasa maksimal setelah dipakai untuk membumbui aneka saus favorit seperti ragam sajian di atas.

Baca Juga: 5 Kreasi Gorengan Bermodalkan Bawang Bombai, Yuk Buat Salah Satunya!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya