Comscore Tracker

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!

Yuk, buat sendiri selai favoritmu memakai kental manis

Krimer kental manis saat ini bukan cuma bisa dimanfaatkan sebagai penunjang minuman saja. Sebab, beberapa tangan kreatif sudah banyak yang membagikan ide dalam menjadikan bahan tersebut sebagai penunjang macam-macam sajian.

Kali ini, keberadaan kental manis akan dimaksimalkan sebagai pelengkap bagi olahan selai. Salah satu komponen yang cocok dijadikan penambah rasa untuk roti dan makanan lain yang selaras.

Oleh sebab itu, simak terlebih dahulu lima olahan berikut ini biar selai rumahan kamu terasa makin istimewa!

1. Selai karamel

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!ilustrasi selai karamel (pexels.com/Monstera)

Keberadaan selai dari karamel mampu membuat aneka hidangan yang ada terasa kian manis. Maka dari itu, varian selai ini begitu disukai oleh berbagai kalangan, baik itu anak-anak atau orang dewasa sekalipun. 

Seperti diketahui, dalam proses pembuatan selai ini susu kental manis menjadi bintang utama yang tidak bisa digantikan. Masak bersama gula pasir, cokelat masak berwarna putih, dan margarin untuk menciptakan kombinasi manis asin yang pas.

2. Selai cokelat homemade

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!ilustrasi selai cokelat homemade (pexels.com/Kiro Wang)

Selai populer dengan cita rasa cokelat pun bisa dibuat rumahan dengan menghadirkan bahan-bahan yang minimalis. Rasa selai ini tetap lezat, tidak kalah sedap dengan versi siap pakai yang sering kamu temukan di berbagai tempat penjualan.

Terdapat penggunaan bahan-bahan dari susu kental manis rasa cokelat, cokelat bubuk, sedikit tepung, gula pasir, air, serta pemakaian margarin atau mentega. Nantinya seluruh bahan tersebut perlu disatukan demi menghasilkan konsentrasi selai yang sesuai.

Baca Juga: Resep Martabak Susu Kental Manis, Lezatnya Menggiurkan!

3. Selai srikaya pandan

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!ilustrasi selai srikaya pandan (pexels.com/Eva Elijas)

Di Indonesia, keberadaan selai srikaya pandan adalah sebuah keharusan. Sebab, banyak sekali masakan tradisional dan modern yang memerlukan tambahan rasa manis nan aromatik dari komponen satu ini.

Selai srikaya pandan sendiri bisa dibuat dengan menyertakan susu kental manis. Kemudian ada santan, kuning telur, tepung, gula dan garam, serta pandan yang sudah dihaluskan bareng air. Bila ingin tambah wangi, dapat pula menambahkan perisa ke dalamnya.

4. Selai susu

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!ilustrasi selai susu (pexels.com/Susanne Jutzeler, suju-foto)

Untuk kamu yang begitu tergila-gila dengan rasa susu yang khas, ,aka terdapat selai yang tidak memerlukan bahan-bahan tambahan yang bisa membuat rasa susunya jadi agak pudar. Bahan masak ini juga cocok ditambahkan ke dalam roti dan makanan sejenis.

Proses pembuatan selai susu sendiri memerlukan keberadaan dari susu kental manis dan susu bubuk. Kemudian tambahkan juga tepung terigu, gula pasir, air matang, serta margarin atau mentega, untuk membuat tekstur dari selai susu ini jadi tambah sempurna.

5. Selai ubi ungu

5 Macam Selai dari Kental Manis, untuk Pendamping Ragam Sajian!ilustrasi selai ubi ungu (unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Punya perpaduan warna unik, membuat ubi ungu menjadi tambah menarik apabila dijadikan sebagai olahan selai. Keberadaan bahan dari umbi-umbian tersebut akan cocok sekali digunakan untuk menunjang aneka masakan manis.

Oleh sebab itu kamu bisa mengukus atau merebus ubi sampai benar-benar halus. Setelah itu tinggal dilumatkan dan dicampur bersama bahan-bahan yang terdiri dari air atau santan, gula pasir, susu kental manis, garam, dan perisa untuk membuat aromanya semakin wangi.

Susu kental manis menjadi salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang aneka olahan selai rumahan. Lima kreasi di atas bisa kamu sontek untuk dijadikan pendamping bagi aneka makanan, mulai dari roti, kue, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Resep Cokelat Isi Selai Manis, Camilan Lezat Favorit Semua Orang!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya