Comscore Tracker

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurban

Wah, bisa bikin sajian sup berbeda nih!

Menyambut Iduladha, masakan khas Tanah Air cukup identik dengan beragam olahan sayur berkuah dengan kandungan santan yang membuat makanan tersebut jadi lebih berat dan tentunya tidak semua orang bisa mencicipi, terutama yang memiliki intoleran terhadap olahan dari buah kelapa tersebut.

Maka dari itu, sayur bening menjadi alternatif baik yang banyak dimasak karena memiliki konsentrasi kuah yang lebih ringan dan mudah diproses meskipun isian yang disajikan tidak berbeda jauh dari sayur bersantan.

Nah, untuk menemani Iduladha di rumah, berikut ini terdapat lima referensi sayur daging bening dari berbagai negara yang dapat diadaptasi menjadi sajian khusus kamu dan keluarga di hari tersebut.

1. Beef and radish soup

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurbanilustrasi beef and radish soup (unsplash.com/Hanxiao)

Beef and radish soup merupakan salah satu sup daging dari Korea Selatan yang juga dikenal dengan sebutan soegogi muguk. Sajian ini dimasak tanpa bumbu pedas seperti kebanyakan makanan dari Negeri Ginseng tersebut dan cocok dikonsumsi berbagai kalangan.

Seperti namanya, bahan baku pembuatan sup ini tidak jauh-jauh dari lobak serta daging bagian brisket. Sementara itu, kuah akan dibumbui dengan campuran aneka bawang, kecap ikan, dan sedikit perasa.

2. Caldo de res

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurbanilustrasi caldo de res (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Sajian yang satu ini datang dari kategori Mexican food bernama caldo de res, di mana caldo diartikan sebagai sup atau kaldu, sementara caldo de res memiliki artian sebagai beef soup atau beef broth.

Sayur ini memiliki penampilan yang cantik dan ramai. Hal tersebut disebabkan oleh adanya aneka sayur yang melengkapi seperti jagung,  wortel, kol, kentang, sampai kacang-kacangan.

Sementara itu, jenis daging yang dipakai dalam sup ini lebih condong menggunakan sengkel, dengan bahan pembuatan kuah yang terdiri dari bawang-bawangan, daun salam, jintan, serta tomat.

Baca Juga: Resep Soto Madura yang Rasanya Gak Kalah Enak dari Soto Daerah Lain

3. Galbitang

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurbanilustrasi galbitang (unsplash.com/W - ewxy)

Masih seputar masakan asal Korea Selatan, kali ini sup bening isi daging dikenal dengan sebutan galbitang. Dalam semangkuk makanan berkuah tersebut, kamu akan menemukan daging disertai isian berupa potongan lobak, bawang bombai, dan irisan daun bawang.

Komponen yang membuatnya berbeda dari soegogi muguk adalah tipe daging yang dipakai. Galbitang sendiri menggunakan iga sapi pendek yang direbus terlebih dahulu dan terdapat sensasi hangat berbeda dalam kuah akibat penggunaan jahe di dalamnya.

4. Nilaga baka

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurbanilustrasi nilaga baka (yummy.ph/Majoy Siason)

Nilaga baka merupakan pilihan sup bening isi daging asal Filipina yang bersanding dengan aneka sayur segar nan empuk yang membuat makanan semakin segar dan nikmat, terutama ketika dihidangkan bersama nasi.

Bahan baku pembuatan hidangan tersebut terdiri dari daging tendon dan beef shank yang kemudian dicampur bersama potongan kentang, jagung, kacang, dan bawang bombai. Sementara bumbu kuah lebih banyak memakai garam, merica, serta kecap ikan.

5. Soto daging bening

5 Sup Daging Bening dari Berbagai Negara untuk Sajian Hari Raya Kurbanilustrasi soto daging bening (yummy.co.id/Dian Diwiti)

Soto menjadi salah satu sajian tradisional khas Indonesia yang umumnya diolah memakai kaldu dari berbagai macam daging-dagingan, salah satunya adalah sapi. Beberapa daerah memiliki ciri khas masing-masing terhadap soto mereka, seperti Madura misalnya.

Soto yang dimasak menjadi salah satu makanan berkuah bening isi daging yang tetap dilengkapi dengan aneka rempah yang terdiri dari berbagai macam bawang, kunyit, jahe, kemiri, lada, dan lain-lain.

Nah, itu dia aneka sup bening isi daging yang bisa diadaptasi untuk hidangan Iduladha mendatang, terutama bagi kamu atau keluarga yang tidak dapat mengonsumsi santan yang kerap masuk dalam hidangan berat.

Kira-kira dari pilihan di atas apakah kamu tertarik mencoba salah satunya?

Baca Juga: Resep Membuat Sup Rumput Laut ala Drama Korea Nevertheless

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya