Comscore Tracker

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!

Bisa menghangatkan tubuh secara alami

Kayu manis dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahan ini kerap dijadikan komponen alami penurun kadar gula darah sekaligus antioksidan yang berfungsi untuk kesehatan.

Kayu manis juga bisa diolah menjadi minuman yang menghangatkan, seperti teh. Buat kamu yang memiliki bahan tersebut di rumah, yuk, olah jadi lima minuman berikut ini. Selain bermanfaat, rasanya juga sangat sedap.

1. Cinnamon tea 

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!ilustrasi cinnamon tea (unsplash.com/Akhilesh Sharma)

Cinnamon atau kayu manis bisa dijadikan salah satu sumber antioksidan alami untuk tubuh. Cara pengolahannya dapat dilakukan dengan dijadikan cinnamon tea alias teh kayu manis yang memiliki bau harum dan rasa sedap.

Pembuatan cinnamon tea ini sangat mudah. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan, pertama adalah dengan merebus air dan kayu manis bersamaan. Cara kedua dilakukan dengan menambahkan tea bag atau teh ke dalamnya untuk mendapatkan warna dan rasa yang lebih pekat.

2. Cinnamon vanilla tea 

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!ilustrasi cinnamon vanilla tea (unsplash.com/Anshu A)

Berikutnya ada cinnamon vanilla tea yang spesial dibuat untuk orang yang senang akan minuman beraroma manis. Minuman ini juga bermanfaat bagi tubuh karena ada banyak kegunaan baik, seperti antibacterial dan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Proses pembuatannya hampir mirip dengan pembuatan teh kayu manis sebelumnya. Hanya saja di dalam sajian ini diperlukan stik kayu manis, air, dan stevia rasa vanila untuk dimasak bersamaan. Dengan begitu, rasa teh akan cenderung lebih manis dan beraroma.

Baca Juga: 5 Kreasi Cinnamon Toast, Menu Sarapan Favorit!

3. Sujeonggwa 

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!ilustrasi sujeonggwa (unsplash.com/Drew Jemmett)

Teh kayu manis juga datang dari salah satu minuman populer yang berasal dari Korea Selatan. Sajian ini kerap ditemukan khususnya pada musim dingin untuk menjaga tubuh agar tetap hangat dan manfaatnya bisa terserap secara maksimal.

Sujeonggwa terdiri dari bahan-bahan yang cukup simpel. Komponen utamanya disusun atas jahe, kayu manis, gula cokelat, dan air. Sementara itu, cara penyajiannya bisa dilakukan dengan menambahkan bahan. Beberapa orang lebih senang menggunakan persimmon kering dan pine nuts.

4. Cinnamon tea latte 

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!ilustrasi cinnamon tea latte (unsplash.com/Mae Mu)

Berikutnya ada cinnamon tea latte yang sangat creamy dan cocok sekali untuk dijadikan minuman sebelum beraktivitas. Olahan ini mengandung banyak sekali rempah sehingga tidak cuma menghasilkan aroma yang wangi, tetapi juga mampu menghangatkan tubuh.

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat cinnamon tea latte ini adalah dengan memasak rempah-rempah yang terdiri dari jahe, kayu manis, cengkih, dan air. Kemudian, masukkan juga tea bag dan susu cair untuk menghasilkan kombinasi tekstur yang pas.

5. Apple cinnamon tea     

5 Macam Minuman Teh Berbahan Kayu Manis, Kaya Manfaat!ilustrasi apple cinnamon tea (pexels.com/TeaCora Rooibos)

Buat kamu pencinta apel, ternyata buah tersebut juga bisa dinikmati sebagai teh kaya rempah yang cocok untuk menghangatkan tubuh. Belum lagi potongan buah segar ini juga bisa turut dimasukkan sehingga ada sesuatu yang bisa kamu makan setelah minumannya habis.

Untuk membuat cinnamon apple tea ini, bahan-bahan yang dipersiapkan terdiri dari jus apel, cengkih, kayu manis, dan bunga lawang. Selain itu, tambahkan juga air putih dan kantong teh untuk menciptakan minuman yang lebih tajam rasa dan memiliki warna pekat.

 

Mengolah kayu manis menjadi minuman sedap, bisa dilakukan dengan macam-macam cara sederhana. Selain rasanya yang nikmat, manfaatnya pun cukup kaya sehingga bisa membuat tubuh terasa lebih sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Shincha Jepang untuk Kesehatan, Bukan Teh Hijau Biasa

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya