Comscore Tracker

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih Unik

Disiram teh sampai dihidangkan dengan telur mentah ada lho!

Jepang merupakan negara yang kaya akan hasil kuliner. Semua hidangan unik maupun nyeleneh tersedia di negara ini dan bahkan kerap mendunia serta menjadi trending.

Bila selama ini kita hanya mengenal makanan Jepang yang fresh dan tidak melalui proses pemasakan, ternyata Jepang juga memiliki aneka olahan nasi dengan teknik penyajian unik yang tidak kalah enak lho!

Lima sajian berikut ini bahkan menjadi ikonik sampai terbilang ekstrem, namun tetap menjadi favorit berbagai kalangan. Apa saja sajian nasi-nasi yang diolah menggunakan teknik Jepang tersebut?

1. Hayashi rice

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih UnikJapanese Cooking 101

Buat kamu pencinta daging-dagingan, khususnya yang mengandung rasa gurih serta agak manis, berikut ini terdapat olahan daging sapi asal Jepang yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Olahan ini merupakan percampuran antara daging yang dimasak dengan aneka bumbu dan sangat pekat akan saus demiglace. Nah, kalau kamu penyuka hidangan Jepang, pasti hidangan ini bukanlah sesuatu yang baru lagi.

Daging yang telah dimasak tersebut kemudian dijadikan topping dalam sepiring nasi putih, yang mana hidangan ini dikenal dengan sebutan hayashi rice atau hashed beef.

Wangi mentega beserta aroma bawang-bawangan yang turut menjadi komponen penambah rasa pada daging sapi bisa membuat perut keroncongan kalau belum mencicipinya.

2. Kare rice

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih Unikoyakata.com.pl

Jepang memiliki aneka makanan mulai dari yang mentah sampai matang berkuah. Sebagai salah satu sentra kuliner terkemuka di Asia, Jepang juga dapat dibilang sebagai satu dari segelintir negara penghasil kari yang enak.

Hal tersebut ditunjukkan pula dari berbagai demo masak sampai acara-acara produksi televisi Jepang yang acapkali menonjolkan hidangan kari yang mereka miliki, sehingga masakan ini menjadi lebih mendunia.

Kandungan kari dalam olahan Jepang biasanya terdiri dari daging dan sayuran seperti wortel, kentang, dan sebagainya. Namun yang membuatnya menjadi sorotan ialah karena penyajiannya.

Kari sering dihidangkan berdampingan dengan nasi putih, sehingga olahan ini cocok dinikmati terutama bagi warga Indonesia yang sebagian besar tidak dapat lepas dari sumber karbohidrat tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Takoyaki di Rumah, Camilan Bola-bola Lezat dari Jepang

3. Omurice

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih UnikThe Spruce / Zorica Lakonic

Bila kamu sering berkunjung ke rumah makan yang mengusung tema Jepang, salah satu menu yang tidak pernah absen dari buku daftar makanan ialah omurice atau omelette rice.

Olahan ini berbentuk gumpalan telur dadar berukuran cukup besar dengan warna menggoda yang biasanya dihidangkan bersama aneka saus khusus, mulai dari demiglace, saus tomat, dan saus-saus yang memiliki rasa gurih dan sedap.

Nah, cara memakan omurice adalah dengan membelah bagian atas telur sehingga sebagian omelette akan luruh dan menampilkan nasi di baliknya.

Nasinya pun bukan sembarang nasi, melainkan adalah nasi yang telah dimasak dengan berbagai bumbu dan bahan tambahan seperti suwiran ayam atau daging.

4. Tamago kake gohan

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih Unikasianinspirations.com.au

Jika kamu mengikuti beberapa perkembangan makanan unik yang ilir mudik pada berbagai media belakangan ini, sesekali kamu pasti akan menemukan pembahasan mengenai tamago kake gohan.

Makanan asal Jepang ini menjadi trending lantaran keunikan bahan baku dan proses penyajian yang dilakukan. Tamago kake gohan ialah olahan nasi panas yang disantap bareng kecap dan telur mentah.

Tamago kake gohan sendiri sangat populer di Jepang, salah satunya dijadikan sebagai menu sarapan kaya protein yang praktis dan mudah dibuat.

Akan tetapi jangan sesekali mencoba membuat tamago kake gohan dengan sembarang telur ya, sebab kebanyakan telur produksi dalam negeri tidak sama dengan telur mentah yang dipakai di Jepang.

Untuk mencari jalan aman, ada baiknya kamu melakukan pembelian di supermarket besar atau khusus bahan-bahan ala Jepang, jangan lupa konfirmasi pada pegawai toko apakah telur dapat dimakan mentah atau tidak.

5. Ochazuke

5 Teknik Sajikan Nasi ala Jepang yang Bikin Sensasi Makan Lebih UnikJapanese Cooking 101

Ochazuke adalah hidangan tradisional negeri matahari terbit yang masih dilestarikan bahkan sampai saat ini. Ochazuke sendiri biasanya dijadikan sebagai makanan penunda lapar yang praktis dan nikmat.

Ochazuke sebetulnya ialah hidangan nasi putih dengan aneka lauk yang kemudian disiram menggunakan air teh hijau atau hojicha. Beberapa bahkan ada juga yang menggunakan air panas biasa atau dashi, yakni kaldu dasar untuk membuat aneka olahan khas Jepang.

Lauk yang digunakan untuk ochazuke sendiri bisa terdiri dari berbagai macam, mulai dari salmon, nori, sampai mentaiko si telur ikan.

Nah, itu dia kelima teknik menghidangkan nasi ala Jepang yang mungkin membuat kamu tertarik untuk mencicipinya, atau bahkan mungkin kamu sudah kecanduan dengan beberapa menu di atas. Kira-kira dari semua menu tersebut, mana yang paling menarik perhatian kamu?

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya