Comscore Tracker

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!

Takaran penggunaan harus diperhatikan

Dekorasi kue bisa dilakukan dengan mudah saat memilih bahan-bahan sederhana sebagai penunjang penampilan dan rasa makanan. Salah satu komponen tersebut berasal dari meses, produk olahan cokelat yang bercita rasa manis.

Meski begitu, tahap dekorasi yang dilakukan memakai meses juga perlu diperhatikan secara seksama. Hal tersebut untuk membuat hasil akhir sajian terasa istimewa dan lezat, seperti dengan menyimak lima tips yang ada pada daftar berikut ini.

1. Pakai krim biar kokoh

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!ilustrasi the swoop buttercream cake (unsplash.com/American Heritage Chocolate)

Seperti diketahui, meses memiliki bentuk yang cukup kecil sehingga tidak mudah membuatnya menempel pada suatu makanan tanpa bantuan 'perekat'. Oleh sebab itu, kamu tetap memerlukan penggunaan buttercream atau ganache untuk menunjang pemakaian meses sebagai bahan dekorasi kue.

Selain membuat meses merekat dengan sempurna, keberadaan buttercream atau ganache sebagai pelapis kue juga akan memberikan rasa dan tekstur yang lebih manis. Makanya, kamu dapat memadukan komponen tersebut dalam menciptakan makanan yang enak dan cantik.

2. Gunakan meses dengan kualitas terbaik

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!ilustrasi meses warna-warni (pexels.com/Tara Winstead)

Dalam membuat makanan apapun, kualitas menentukan hasil akhir dalam memberikan rasa terbaik. Begitu juga dengan meses. Produk olahan cokelat ini harus diambil dari bahan kualitas terbaik agar rasa makanan menjadi tambah nikmat.

Beberapa meses dengan kualitas kurang baik akan membuat kue jadi kurang enak. Apalagi jika kamu tidak teliti, ada saja meses dengan rasa yang terlalu kering, berbau apek, bahkan warnanya cenderung pudar. Jadi, pintar-pintar menentukan kualitas meses untuk dekorasi kue yang terbaik.

Baca Juga: 5 Kue Enak sebagai Ide Hampers Natal untuk Orang Tersayang!

3. Pakai kombinasi meses warna-warni

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!ilustrasi sprinkle rainbow cake (unsplash.com/Taylor Heery)

Meses bukan cuma memiliki warna cokelat, tetapi ada banyak warna menarik yang bisa kamu manfaatkan sebagai penunjang dekorasi yang lebih cantik. Kombinasi ini membuat kamu tidak perlu repot mengeluarkan waktu ekstra untuk mendekor, lantaran kudapan bakal tampak menggugah selera dengan pemakaian meses warna-warni.

Campuran tersebut dapat kamu gunakan pada bagian toping kue ataupun sisi. Tinggal sesuaikan dengan referensi dan selera, maka dekorasi sudah bisa membuat hidangan yang dibuat tampak lebih sedap dan siap untuk disajikan.

4. Perhatikan takaran

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!ilustrasi segenggam meses warna-warni (pexels.com/Alexander Grey)

Meses dikenal memiliki sensasi manis yang cukup legit. Begitupun dengan dasar kue dan buttercream atau ganache. Sehingga kamu perlu menakar dengan baik rasio pemakaian bahan-bahan ini agar tidak menghasilkan kue yang terlalu legit.

Kombinasi tersebut bisa diseimbangkan dari jumlah penggunaan pemanis. Kamu dapat mengurangi pemakaian gula pada buttercream atau ganache, biar perpaduan antara kue, krim, dan meses tetap enak saat dinikmati.

5. Berikan toping pendamping

5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!ilustrasi kue dengan meses warna-warni (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bila kamu takut rasa makanan jadi monoton karena manis semua, maka jangan ragu untuk menambahkan toping lain sebagai tambahan dekorasi kue meses ini. Hal tersebut berguna untuk menambah nilai penampilan makanan, sekaligus memberikan rasa yang lebih seimbang.

Beberapa bahan simpel dan cocok untuk dijadikan dekorasi kue meses agar rasanya seimbang adalah parutan keju, krim moka, serta penggunaan potongan buah asam. Perpaduan ini mampu menghasilkan rasa penganan yang makin lezat dan menggugah selera.

Mendekorasi kue menggunakan meses memang praktis dan bikin enak. Tetapi perlu diperhatikan juga beragam tips di atas biar hidangan kamu lebih sedap saat disajikan dan bikin waktu membuat kue jadi lebih efisien dan singkat.

Baca Juga: 5 Pelengkap Kue Bercita Rasa Asam, Bikin Rasanya Seimbang!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya