Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enak

Kulitnya crispy dan bagian dalamnya tetap empuk!

Bebek peking adalah makanan tradisional China yang sangat populer ketika Imlek tiba. Hidangan ini memiliki ciri khas berupa daging yang garing di luar dan lembut di dalam. Kombinasi rempah-rempah ala Chinese food kental terasa pada masakan ini.

Hidangan tersebut biasanya dimasak dengan metode pemanggangan yang diproses dalam waktu cukup panjang. Supaya hasil bebek peking makin enak dan sempurna, simak dulu lima tips dalam mengolah makanan tersebut, yuk!

1. Penggunaan garam dan baking powder

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enakilustrasi daging bebek (pixabay.com/Pavel Ivanov)

Bebek peking dianggap berhasil ketika warna dan kulitnya menjadi crispy. Ini membuat makanan tersebut akan bertambah enak untuk dinikmati bersama aneka sayur maupun pendamping favorit lainnya.

Salah satu kunci sukses dalam menghasilkan kulit yang crispy bisa dilakukan sejak daging hendak dipanggang. Daging bebek perlu dikeringkan dan dibaluri garam. Bahkan, ada yang menggunakan campuran baking powder untuk hasil maksimal. Setelah itu, daging harus dibiarkan beberapa saat sebelum diolah.

2. Menyiram daging adalah proses penting

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enakilustrasi air mendidih (pixabay.com/Holger Schué)

Salah satu tahap populer yang jangan dilewatkan adalah memberi air panas ke seluruh daging bebek. Fungsinya untuk meluruhkan lemak bebek dan membuat kulitnya jadi mengkerut semakin kencang. Selain itu, bila ada bulu yang tersisa kamu bisa menemukannya dengan mudah dan menyingkirkannya.

Teknik ini dilakukan dengan beragam cara. Salah satu proses paling mudah adalah dengan mendidihkan air dalam panci. Kemudian siram daging memakai air tersebut sampai merata. Dengan begini, daging bagian dalam bebek akan tetap lembut dan kulitnya menjadi garing saat dimasak.

Baca Juga: Resep Bebek Peking ala Chinese Food, Dagingnya Lembut dan Empuk

3. Jangan ganti sirup maltosa

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enakilustrasi sirup maltosa (pixabay.com/Edith Huber)

Maltosa adalah alternatif pemanis yang tidak bisa dijauhkan dari proses pemanggangan aneka masakan, terutama dalam tradisi Chinese food. Itu karena sirup ini memiliki rasa manis yang unik serta berguna untuk menambah cantik penampilan makanan.

Sangat disayangkan apabila sirup maltosa dilewatkan dalam proses membuat bebek peking, sebab sirup ini mampu memberikan warna cokelat eksotis pada daging saat dimasak. Namun jika kamu tidak bisa menemukan pemanis ini sama sekali, maka madu menjadi alternatif yang direkomendasikan untuk dipakai.

4. Perhatikan waktu memanggang

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enakilustrasi bebek peking (pixabay.com/喵小二)

Waktu memasak bebek peking menjadi sangat krusial. Ini karena jika waktunya tidak tepat maka hidangan akan matang di luar sementara bagian dalamnya masih mentah. Maka dari itu, penting mengetahui ukuran bebek yang hendak dimasak supaya bisa matang sempurna di oven.

Rata-rata bebek peking bisa memakan waktu memanggang mulai dari 45 menit hingga berjam-jam. Jadi sering-sering mengecek daging supaya tidak gosong atau bagian dalamnya mentah. Biasanya daging bebek paling ideal dipanggang pada bagian rak tengah supaya matang merata.

5. Nikmati bersama panekuk dan sayuran

5 Tips Mengolah Bebek Peking biar Tambah Enakilustrasi bebek peking dengan sayur dan pancake (pixabay.com/FuReal)

Cara terbaik untuk menikmati bebek peking adalah dengan dibungkus menggunakan panekuk khusus. Biasanya panekuk dibuat dari adonan tepung, air, dan minyak. Kemudian adapula daun bawang hingga irisan mentimun yang akan dimakan bersama.

Tradisi ini menjadi begitu populer sehingga bisa mempererat kekeluargaan saat menyantap bebek peking bersama-sama. Terlebih kombinasi panekuk, saus, dan sayuran yang dipakai juga terbilang istimewa sehingga membuat hidangan ini tampak mewah.

Bebek peking adalah makanan favorit yang berasal dari tradisi hidangan ala Cina. Makanan ini punya perpaduan rasa gurih dan manis yang spesial, makanya tidak heran kalau proses pembuatannya pun terbilang rumit dan harus dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Restoran Bebek Peking Terlezat di Hong Kong, Renyah Parah!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya