Comscore Tracker

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!

Banyak hidangan khas sedap dimasak bersama tauco #LokalIDN

Tauco merupakan salah satu produk masakan yang populer di dalam negeri sebagai bumbu penambah rasa. Berbagai hidangan mulai dari yang manis dan asin cocok disajikan bersama bahan baku yang satu ini.

Umumnya tauco sendiri dibuat dengan menggunakan kedelai dan diproses melalui cara fermentasi, seperti rekannya yakni tempe atau oncom.

Kepopuleran tauco cukup terkenal pada masakan yang diolah sebagai tumisan. Berikut ini ada lima tumisan khas Nusantara berbahan dasar tauco yang bisa kamu coba di rumah. Apa saja?

1. Kangkung tauco

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!Yummy.co.id/Belindch

Kangkung adalah varian sayur yang banyak dikonsumsi di Tanah Air. Selain budidayanya yang mudah, rasa kangkung yang enak juga menjadikan jenis sayur ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Salah satu cara mengolah kangkung yang populer ialah dengan cara ditumis bersama dengan tauco. Penggunaan tauco dalam masakan sayur ini berfungsi untuk menambah aroma dan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih.

Hidangan tumis kangkung tauco sangat cocok disajikan bersama nasi hangat dengan aneka lauk tambahan seperti ayam goreng, ikan asin, dan tentunya sambal khas dalam negeri yang menggugah selera.

2. Seafood tauco

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!endeus.tv

Seafood alias makanan laut tidak selalu harus dimasak dengan cara-cara yang berasal dari luar negeri. Sebab Indonesia sendiri mempunyai cara mengolah yang mudah dengan rasa menjanjikan, salah satunya adalah dimasak bersama tauco.

Sajian seafood tauco ini bisa menggunakan beragam bahan baku, mulai dari kerang-kerangan, kepiting, sampai dengan udang. Rasa makanan laut yang segar dan gurih cocok berpadu dengan uniknya tauco khas Nusantara.

 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tauco sebelum Membeli yang Wajib Kamu Perhatikan

3. Ikan kembung tauco

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!Yummy.co.id/Micicho Octavian

Siapa sih yang tidak mengenal ikan satu ini? Teksturnya lembut, rasanya gurih, dan memiliki daging yang cukup gemuk. Ia adalah ikan kembung. Di berbagai wilayah Indonesia, ikan ini memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti banyar atau tatare.

Kebanyakan ikan kembung akan diolah dengan cara digoreng. Bagian luar ikan yang krispi serta daging yang lembut membuatnya cocok disajikan bersama sambal. Namun adapula yang lebih suka mengolah ikan ini dengan cara dibakar atau ditumis.

Berbicara soal tumis-menumis, ikan kembung termasuk ke dalam jenis bahan baku yang cocok dimasak sedikit berkuah dengan cita rasa tauco di dalamnya. Jangan lupa sajikan bersama nasi dan kerupuk agar semakin mantap.

4. Kacang panjang tauco

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!Yummy.co.id/Zenny Julia

Kacang panjang adalah sayuran dengan rasa khas dan umum dijumpai pada beberapa masakan Indonesia, baik itu berupa lalapan mentah atau diolah menjadi hidangan yang dimatangkan.

Rasa kacang panjang cukup unik dengan tesktur crunchy yang membuat sayuran ini cukup enak dinikmati dengan makanan-makanan bertekstur lembut. Salah satunya adalah dengan diolah menggunakan teknik tumis.

Tumis kacang panjang sangat cocok disandingkan bareng ebi atau ikan asin. Jangan lupa tambahkan pula tauco ke dalam tumisan agar masakan memiliki rasa yang lebih variatif dan enak.

 

5. Tempe bumbu tauco

5 Tumisan Khas Nusantara Berbahan Tauco yang Bikin Nagih, Awas Nambah!YouTube/videoresep

Salah satu makanan yang juga dibuat dengan melalui proses fermentasi, yaitu tempe, rupanya cocok pula dimasak bersama bahan baku seperti tauco. Hidangan kolaborasi ini biasanya dinamakan dengan oseng tempe tauco atau tumis tempe tauco.

Bagi kamu pencinta tempe dan ingin menyajikan makanan dari kacang kedelai ini dengan penyajian berbeda, dan disertai rasa yang unik serta lebih gurih, maka tidak ada salahnya sesekali menyajikan oseng tempe tauco untuk keluarga.

Nah, itu dia kelima hidangan tumis-tumisan Nusantara dengan bahan dasar tauco. Aneka masakan tersebut cocok disajikan bersama nasi untuk menu makan bersama keluarga.

Baca Juga: Resep Udang Tauco Cabai Hijau yang Mudah dan Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya