Comscore Tracker

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!

Bahan pembuatannya sederhana dengan rasa nikmat

Sebagai pencinta aneka kukis, kamu harus tahu bahwa ada lho saingan macaron asal Italia yang gak kalah nikmat. Sebutan untuk kudapan tersebut adalah amaretti, dengan ciri bagian permukaan kue yang cenderung retak.

Bahan pembuatannya cenderung memerlukan adonan yang sedikit dengan proses pembuatan yang mudah.

Demi mengenali apa saja olahan amaretti yang bisa kamu coba di rumah, mari lihat dulu kelima kreasi amaretti dengan berbagai macam rasa berikut ini.

1. Chocolate amaretti

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!ilustrasi chocolate amaretti (pixabay.com/Blandine JOANNIC)

Olahan amaretti berikut ini cenderung akan sangat bersahabat untuk kamu yang mengaku sebagai pencinta cokelat. Proses pengolahan kukis sangat sederhana, sekaligus bisa kamu jadikan stok camilan di rumah.

Khusus dalam chocolate amaretti, gunakan pasta almon, gula pasir, gula, cokelat, serta putih telur. Kocok secara merata dan panggang sampai permukaan kukis menjadi retak. Setelah matang, baluri memakai gula bubuk.

2. Lemon amaretti

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!ilustrasi lemon amaretti (unsplash.com/Quin Engle)

Kalau perpaduan rasa yang hadir pada kreasi amaretti berikut akan terasa sangat segar dengan sensasi asam yang khas. Sebab bahan penyumbang rasa paling dominan terletak dari penggunaan buah lemon.

Bahan-bahan yang dipakai pun gak jauh berbeda dari sajian amaretti sebelumnya yaitu almon yang telah dihaluskan, jus lemon, gula, putih telur, parutan kulit lemon, serta gula tambahan untuk dijadikan topping.

Baca Juga: 6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyang

3. Raspberry amaretti

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!ilustrasi raspberry amaretti (pixabay.com/gate74)

Datang dari keluarga berry, amaretti pun menjadi salah satu kudapan yang sangat serasi apabila disandingkan bersama buah kaya manfaat seperti si merah manis dan masam, yakni raspberry.

Namun, kamu bisa menggunakan buah versi kering yang sudah dihaluskan agar lebih mudah menyatu ketika dicampurkan bersama adonan dari almon, gula, putih telur, serta tambahan air lemon.

4. Hazelnut amaretti

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!ilustrasi hazelnut amaretti (unsplash.com/Quin Engle)

Bila pada versi biasanya amaretti diolah menggunakan almon, maka kali ini kamu bisa menggunakan kacang hazel sebagai salah satu pengganti. Cukup panggang kacang dan haluskan hingga menyerupai tepung.

Sementara bahan-bahan pendamping yang lain masih tidak banyak berubah. Mulai dari penggunaan putih telur, gula, serta ekstrak vanila untuk menambahkan aroma dari kukis supaya terasa lebih menggugah selera.

5. Espresso amaretti

5 Varian Amaretti Kukis dengan Berbagai Rasa, Macaron Versi Italia!ilustrasi espresso amaretti (pixabay.com/silviarita)

Gak cuma diperuntukan bagi pencinta cokelat, kukis berwarna gelap yang berikut ini justru mengandung rasa kopi yang membuatnya tambah berselera untuk dikonsumsi sebagai kukis favorit.

Hampir mirip dengan olahan amaretti sebelumnya, dalam proses pembuatan hidangan ini pun diperlukan adanya penggunaan almon, vanila, gula, putih telur, sejumput garam, dan tentunya penggunaan espresso.

Amaretti menjadi salah satu kukis simpel yang menarik untuk dicoba. Sebagai macaron-nya Italia, buat kamu yang lebih senang dengan cookies tanpa isian, maka hidangan tersebut dapat dijadikan referensi.

Baca Juga: 5 Kreasi Kudapan dari Speculoos Cookies, Biskuit Rempah Laris Manis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya