Comscore Tracker

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! 

Cocok banget buat kamu yang suka makanan manis

India merupakan salah satu negara yang termasuk dalam daftar penghasil susu sapi terbesar di dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika terdapat banyak olahan tradisional India yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya, termasuk dalam pembuatan dessert atau makanan penutup. 

Kira-kira apa saja dessert khas India yang berbahan susu? Yuk, simak daftarnya di bawah ini! 

1. Phirni

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! phirni (instagram.com/wolfstar_008)

Phirni adalah makanan penutup yang dibuat dengan tepung beras kasar lalu dimasak bersama dengan susu, kemudian dibumbui dengan almon, saffron, dan kapulaga. Hidangan ini dimasak hingga menghasilkan tekstur krim yang kental. 

Phirni memiliki banyak varietas, contohnya seperti phirni mangga, phirni mawar, dan phirni apel. Phirni paling sering disiapkan untuk acara atau festival khusus seperti Diwali dan Karwa Chauth.

Secara tradisional, phirni disajikan dalam mangkuk tanah liat kecil dan dimakan saat dingin.

2. Gajar ka halwa

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! gajar ka halwa (instagram.com/nira_by_saha)

Gajar ka halwa adalah dessert India berupa puding manis yang dibuat dengan wortel, ghee, susu, khoya, gula, kacang, dan kapulaga. Makanan ini adalah hidangan Punjabi populer yang dinikmati baik dingin maupun saat masih panas.

Gajar ka halwa dianggap sebagai makanan penutup musim dingin karena banyaknya wortel yang tersedia di musim dingin di India dan juga karena sifat wortel yang menghangatkan.

Beberapa keluarga di India suka memasak gajar ka halwa setidaknya setahun sekali di musim dingin.

3. Ras malai

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! ras malai (instagram.com/thewhiskaddict)

Hidangan penutup khas India lainnya yang berbahan susu adalah ras malai. Ras malai yang juga disebut dengan rasa malei atau rossomalai merupakan hidangan yang terdiri dari bahan utama krim, gula, susu, dan keju paneer. 

Ras malai terdiri dari dua kata, dimana "ras" berarti "jus", sedangkan "malai" artinya "krim". 

Ras malai biasanya disajikan dingin dan dihiasi buah-buahan kering. Makanan penutup lezat ini paling populer selama festival seperti Holi dan Diwali.

Baca Juga: 5 Ide Mengolah Es Krim Kulfi yang Bisa Disisipi dengan Rempah!

4. Rasgulla

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! rasgulla (instagram.com/thebhukkadlife)

Rasgulla adalah manisan tradisional India yang biasanya disajikan di akhir makan, seperti banyak makanan penutup berbasis susu lainnya. Olahan ini berbahan utama chhena dan gula.

Chhena merupakan dadih keju yang terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. Bola-bola chenna ini dimasak ke dalam sirup gula sampai teksturnya berair, lembut, dan kenyal.

5. Gulab jamun

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! gulab jamun (instagram.com/foodelhi)

Gulab jamun adalah salah satu manisan paling populer di India yang dibuat dengan padatan susu berbentuk bola yang disebut dengan khoya. Bola-bola khoya direndam dalam sirup manis yang dibumbui dengan kunyit dan air mawar.

Ketika disajikan, gulab jamun sering dihiasi dengan kacang kering untuk lebih meningkatkan rasa.

Di India, gulab jamun dapat ditemukan di setiap pernikahan, pesta, ulang tahun, dan Festival Diwali. 

6. Kulfi

6 Dessert Tradisional India Berbahan Utama Susu, Bikin Ngiler! kulfi (instagram.com/romandian_masala)

Kulfi adalah es krim khas India yang terbuat dari susu murni yang direbus dengan proses cukup lama. Kulfi biasanya dibumbui dengan bahan-bahan seperti pistachio, vanila, mangga, mawar, kapulaga, dan kunyit. 

Kulfi memiliki tekstur yang lebih padat dan lembut dari es krim biasa karena susu menjadi lebih pekat melalui proses memasak. Olahan ini sering disajikan dengan stik es krim tetapi juga bisa disajikan di piring, daun, atau dari cangkir.

Ternyata ada banyak dessert khas India yang berbahan utama susu dan enam daftar di atas nampaknya akan sangat cocok bagi kamu yang menyukai makanan manis.

 

Baca Juga: 10 Makanan Tradisional India, Citra Rasa Lezat dan Kaya Bumbu

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya