Comscore Tracker

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! 

Apa saja makanan khas Turki berbahan terung?

Masakan Turki merupakan perpaduan antara masakan Asia Tengah, Timur Tengah, dan Balkan. Sebagai salah satu negara yang memiliki banyak makanan tradisional, masyarakat Turki ternyata menyukai terung dan menjadikannya sebagai bahan utama pada banyak resep tradisionalnya. 

Penasaran apa saja makanan khas Turki yang berbahan utama terung? Berikut lima daftarnya! 

1. Alinazik

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! Alinazik (instagram.com/ayyildiz_de)

Alinazik adalah salah satu variasi kebab Turki yang berasal dari Gaziantep. Hidangan ini terdiri dari terung asap yang dibumbui dan dihaluskan, kemudian dikombinasikan dengan yogurt bawang putih. Di atasnya biasanya diletakkan daging sapi atau daging domba yang dipotong dadu. Daging yang ada di atasnya dimasak dengan direbus bersama tomat atau pasta tomat, dan minyak zaitun.

Ketika disajikan, alinazik secara tradisional dihidangkan bersama sayuran yang sudah dibakar.

2. Karniyarik

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! Karniyarik (instagram.com/anayemek_ve_sunum)

Hidangan terung yang dikenal sebagai karniyarik ini sangat populer dan disajikan hampir di semua restoran Turki. Karniyarik diisi dengan kombinasi daging, tomat, dan bawang. Pengisian umumnya dibumbui hanya dengan garam dan merica.

Makanan yang satu ini dianggap sebagai hidangan utama dan disajikan saat masih hangat bersama dengan nasi atau yogurt. 

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan dari Caponata, Olahan Terung Ungu Asal Sisilia

3. Hünkar Beğendi

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! Hünkar Beğendi (instagram.com/tarifruzfari)

Pada tahun 1869, Sultan Abdülaziz mengundang Permaisuri Eugénie dari Prancis untuk mengunjungi Istanbul. Dalam acara jamuannya, Sultan memerintahkan kokinya untuk membuat hidangan khusus.

Setelah mencicipi banyak hidangan yang disiapkan oleh koki, Sultan Abdülaziz menyebut salah satu hidangan dengan "hünkar geğendi" yang artinya "sultan menyukainya". Akhirnya, terciptalah sebuah hidangan dengan nama hünkar beğendi. 

Hünkar beğendi atau disebut juga dengan sultan's delight merupakan menu asli Turki yang sudah ada sejak masa Kekaisaran Ottoman. Hidangan ini berupa sup domba yang disajikan di atas terung panggang halus yang sudah dicampur dengan susu dan mentega cair. 

4. Turşu

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! ilustrasi Turşu (unsplash.com/@little_plant)

Turşu adalah nama umum untuk berbagai sayuran acar Turki dari semua bentuk, ukuran, dan warna, termasuk terong, zucchini, wortel, mentimun, bit, bawang putih, hingga daun anggur.

Tradisi pembuatan turşu dimulai ribuan tahun yang lalu ketika mencari cara untuk menyimpan sayuran segar untuk dikonsumsi di bulan-bulan musim dingin ketika bahan makanan mulai langka. 

Pembuatan turşu dimulai dengan menempatkan sayuran di toples dengan cuka dan air garam, kemudian disimpan selama beberapa bulan.

Turşu sering disajikan sebagai hidangan pembuka. Ssementara versi lain yaitu turşu suyu (jus acar) sering disajikan sebagai penyegar pada musim panas. 

5. Dolma

5 Hidangan Lezat Khas Turki Berbahan Terung, Banyak Ragamnya! Dolma (instagram.com/zeynomutfakk)

Dolma adalah hidangan nasional Turki dan menandakan segala jenis sayuran yang diisi dengan campuran beras.

Untuk dolma dengan bahan terung, cara membuatnya adalah terung yang berukuran panjang dipotong setengahnya, kemudian dilubangi dan dimasukkan beras yang sudah dicampur dengan beragam bumbu.

Popularitas dolma menyebar ke seluruh dunia, terutama negara muslim sehingga ada banyak variasi hidangan dolma. 

Ternyata ada banyak variasi hidangan Turki yang berbahan utama terung, baik itu sebagai hidangan pembuka maupun hidangan utama. Kamu pernah mencicipi yang mana saja dari daftar makanan di atas? 

 

Baca Juga: 12 Ide Olahan Terung Paling Nikmat dan Menggugah Selera, Pernah Coba?

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya