Comscore Tracker

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga Macaron

Makanan terpopuler dari cemilan hingga hidangan utama

Setiap negara pasti memiliki makanan yang menjadi ciri khas di negara tersebut, begitu juga di Prancis. Sebagai negara yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, Prancis memiliki banyak makanan unik dan populer yang harus dicoba saat sedang berada di sana. Berikut ini merupakan 10 makanan terpopuler di Prancis yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana.

1. Cuisses de grenouilles

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronCuisses de Grenouilles (instagram.com/themenu.tba)

Cuisses de grenouilles adalah hidangan tradisional Prancis dari kaki katak. Kaki katak beku yang sudah dicairkan dan dikeringkan, kemudian dimasukkan ke dalam tepung. Kaki katak tersebut kemudian digoreng dengan mentega dengan bawang putih dan peterseli sampai matang.

Saat disajikan, kaki kodok biasanya ditaburi air jeruk nipis sebelum dimakan. Katanya, tekstur kaki katak ini mirip dengan daging sayap ayam. Untuk rasanya sendiri, banyak orang mengatakan jika kaki katak ini memiliki rasa seperti ayam.

2. Escargot

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronEscargot (instagram.com/mika.tros)

Salah satu hidangan masakan Prancis yang paling terkenal adalah escargot. Escargot dianggap sebagai makanan pokok Prancis dan sering disajikan sebagai hidangan pembuka atau hidangan utama.

Escargot merupakan siput yang dimasak dengan bawang putih dan mentega serta peterseli dan disajikan dengan berbagai macam saus. Saat dihidangkan siput tersebut masih terdapat dalam cangkang, sehingga saat ingin menyantap harus menggunakan garpu khusus untuk menarik daging dari cangkangnya.

3. Raclette

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga Macaronreclette (pixabay.com/veve)

Meskipun Raclette berasal dari Swiss, namun hidangan keju ini menjadi favorit orang Prancis terlebih saat cuaca dingin. Keju reclette dilelehkan pada alat khusus dan dapat disajikan dengan kentang rebus, acar atau daging. Reclette memiliki tekstur yang lembut dengan rasa asin, sedikit manis dan pedas. Bagi pecinta keju, reclatte cocok untuk kamu, lho!

4. Croque monsieur

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronCroque Monsieur (instagram.com/seizemay)

Jika kamu mengunjungi Prancis, croque monsieur adalah pilihan makan siang yang sempurna. Sandwich klasik ini terdiri dari keju gruyere, ham, dan roti mentega dengan saus bechamel krim dan keju swiss parut yang dituangkan di atasnya. Hidangan lezat dan gurih ini paling enak dinikmati dengan dengan salad pendamping. Tidak ketinggalan kamu bisa menikmatinya bersama segelas anggur Prancis.

Baca Juga: Resep Tuna Quiche, Pie Rasa Tuna Asal Prancis 

5. Bouillabaisse

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronBouillabaisse (pixabay.com/mp1746)

Bouillabaisse merupakan sup ikan tradisional Prancis. Biasanya dibuat dengan setidaknya tiga jenis ikan dan kerang, bersama dengan bumbu dan rempah-rempah. Bouillabaisse disajikan dengan roti dan sauce rouille. Rouille adalah saus seperti mayones pedas yang dibuat dengan bawang putih dan cabai. Terlihat lezat, bukan?

6. Ratatouille

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronRatatouille (pixabay.com/PetiaS)

Saat berkunjung ke Prancis di musim panas, ratatouille ini cocok untuk kamu coba. Ratatouille adalah makanan rumahan Prancis yang diisi dengan sayuran lezat. Menurut sejarah, awalnya ratatouille dianggap sebagai makanan petani karena banyaknya sayuran musim panas. Namun sekarang makanan ini bisa dinikmati siapa saja dan banyak dijual di restoran di Prancis.

7. Galette crepe

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga MacaronGalette Crepe (instagram.com/hellozizilovepanda)

Galette adalah jenis crepe gurih yang dibuat dengan tepung soba dan dilipat menjadi persegi. Bagian dalamnya bisa diisi dengan segala macam isian yang enak, tapi salah satu yang paling klasik adalah ham dan telur. Gallete dibuat agak besar karena digunakan sebagai hidangan utama. Orang Prancis dapat memakan ini sepanjang hari termasuk sarapan, makan siang bahkan makan malam.

Baca Juga: 5 Hewan Berbahaya yang Hidup di Wilayah Prancis, Jangan Lengah!

8. Coq-au-vin

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga Macaroncoq au vin (instagram.com/meljorino)

Jika kamu pecinta ayam dan anggur merah, coq-au-vin recommended buat kamu. Coq-au-vin merupakan sup dengan ayam yang dimasak dengan kombinasi anggur merah. Perpaduan antara ayam dan anggur merah ini menjadikan rasanya kaya dan gurih. Makanan ini sering disajikan dengan nasi dan sayuran.

9. Macaron

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga Macaronmacaron (pixabay.com/krislandina)

Berbeda dengan macaron di Amerika Serikat yang dikenal sebagai kue parut, di Prancis macaron merupakan sandwich kue isi krim mentega. Macaron Prancis dibuat terutama dengan tepung almond dan gula, menjadikannya bebas gluten secara alami. Ada berbagai macam kombinasi rasa dalam macaron. Memiliki teksturnya yang renyah dan lembut membuat macaron cocok sebagai makanan penutup.

10. Creme brulee

10 Makanan Terpopuler di Prancis, Escargot hingga Macaroncreme brulee (pixabay.com/RitaE)

Creme brulee adalah makanan penutup Prancis yang terdiri dari bahan dasar custard yang kaya dan lembut dengan lapisan karamel keras di atasnya. Makanan penutup yang elegan ini biasanya disajikan dingin karena custard harus keras dan topping karamelnya harus renyah. Makanan ini cocok dikonsumsi sebagai makanan penutup karena memiliki rasa yang lembut. Namun perlu diingat jika creme brulee ini mengandung gula yang tinggi.

Isna Zulfia Photo Verified Writer Isna Zulfia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya