Comscore Tracker

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasa

Ragam sajian berkuah dari bahan yang menyajikan cita rasa

Makanan khas Nusantara memang memiliki ciri khas di setiap daerah. Salah satu sajian makanan Nusantara yang diburu adalah sajian berkuah.

Sajian berkuah terkenal gurih dan beraroma tajam menggugah selera menjadi pilihan penikmat kuliner. Lantas, apa aja sih bahan utama kuliner berkuah khas Nusantara? Yuk diulik satu per satu.

1. Kuah Kaldu 

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasaindonesia.travel

Makanan Nusantara terbiasa menggunakan bahan dari kaldu hewan yang dimasak. Aneka hewan yang sering diolah secara umum seperti ayam, sapi, atau kambing sering digunakan kaldunya untuk menambah cita rasa dan gurih pada masakan.

Olahan Nusantara seperti sup buntut, bakso, atau rawon menggunakan kaldu agar masakan semakin bercita rasa dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia.

2. Kuah santan

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasapassionmedia.co.id

Bahan memasak untuk menghasilkan masakan berkuah khas Nusantara berikutnya yaitu santan. Banyak masakan Nusantara yang di dominasi bahan utama santan sebut saja soto, gulai, gudeg, sayur lodeh atau opor. Cita rasa gurih alami pada santan mampu menggugah selera makan.

Hampir sebagian besar wilayah Indonesia menggunakan bahan santan dalam masakan berkuah sehingga gak salah setiap momen - momen besar masakan dari bahan santan selalu laris diserbu penikmatnya.

Baca Juga: Resep Bola-bola Tahu Isi Bakso Gurih dan Nikmat, Cocok untuk Camilan 

3. Kuah kuning

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasawomantalk.com

Makanan berkuah khas Nusantara lainnya yaitu masakan yang identik dengan warna kuning. Warna kuah yang berwarna kuning karena racikan rempah kunyit yang dominan untuk menghilangkan aroma bahan utama masakan seperti amis pada ikan atau kambing. Sehingga kuah pada masakan menjadi berwarna kuning.

Masakan khas seperti asam pedas patin, sup ikan, pallumara ikan, atau soto kambing khas berkuah kuning dan semakin nikmat disantap. 

4. Kuah kental dari bahan tepung beras

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasafodors.com

Masakan khas Indonesia gak melulu kuah yang dapat diseruput. Sebab kuah yang cenderung kental dengan aromatik rempah penggugah selera juga jadi menu yang sering diburu para penikmat kuliner.

Masakan seperti sate padangmenggunakan tepung beras dalam adonan kuah yang telah dibumbui. Bahan tepung beras yang dapat mengentalkan kuah sate harus dalam keadaan hangat agar kuah kental tidak kering.

5. Kuah kacang 

5 Jenis Sajian Nusantara Berkuah, Hidangan Lezat Kaya Rasaindonesia.travel

Masakan khas Nusantara berkuah berikutnya menggunakan bahan kacang tanah sebagai bahan pembuat kuah. Kacang tanah yang sudah disangrai atau goreng, digiling hingga halus atau menyerupai pasta lalu diberi air.

Untuk menambah cita rasa, dapat ditambahkan racikan cabai, bawang merah dan putih, gula merah, garam, daun jeruk, kencur dan asam jawa. Masakan seperti pecel, gado - gado, atau sup konro menggunakan kacang tanah dalam kuah hidangannya.

Masakan Nusantara yang beragam dengan cita rasa yang kaya membuat penikmat kuliner semakin jatuh hati. Jadi, favorit kamu masakan berkuah yang mana nih?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Madura yang Enak, Semuanya Bikin Ngiler

J.Sari Photo Verified Writer J.Sari

Menulis hingga ke sukma. Karena berbagi ilmu pengetahuan tidak berbatas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya