Comscore Tracker

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak Keras

Salah satu beras yang memiliki banyak kandungan vitamin 

Selain beras putih, terdapat juga beras merah yang saat ini mulai banyak dilirik. Beras merah mengandung banyak vitamin dan serat yang bagus untuk kesehatan jika dibandingkan dengan beras putih.

Namun karena rasanya yang hambar dan teksturnya yang tidak selembut beras merah, masih belum banyak yang mengonsumsi beras ini meski kaya nutrisi.

Nah, jika kamu sendiri mulai tertarik untuk mengonsumsi beras merah, maka berikut adalah cara memasak beras merah agar enak dan teksturnya pulen.

1. Jangan terlalu lama mencuci beras merah 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak Kerasilustrasi mencuci beras merah (youtube.com/Zedlee)

Saat akan memasak beras baik beras merah atau beras putih, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah mencucinya terlebih dahulu.

Namun untuk beras merah, prosesnya sedikit berbeda, ya. Mengingat kandungan yang terdapat di beras merah sangat berguna, usahakan untuk membilasnya 2 atau 3 kali saja. Terlalu lama mencuci beras merah akan menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Untuk cara mencuci sama dengan mencuci beras putih. Beri air secukupnya, remas sebentar kemudian buang air sisa cucian tersebut dan tuangi dengan air baru. Lakukan berulang.

2. Rendam terlebih dahulu sebelum memasaknya 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak Kerasilustrasi merendam beras merah (youtube.com/Zedlee)

Yang perlu kamu ketahui adalah beras merah memiliki tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan beras putih. Salah memasaknya saja bakal membuat beras merahmu sekeras batu.

Ada beberapa cara sebelum memasaknya agar beras merah yang kamu masak tidak keras. Salah satunya adalah Merendam terlebih dahulu yang bisa membantu melunakkan tekstur beras merah, lho.

Untuk melakukannya, ambil beras merah yang dibutuhkan. Letakkan ke dalam mangkok dan tuangi dengan air hingga terendam. Biarkan sekitar 30 menit, ya. Usahakan saat merendam, menggunakan air masak dan selesai dicuci.

3. Masak dengan banyak air 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak Kerasilustrasi masak beras merah (youtube.com/Zedlee)

Ok, cara ini juga akan membantu melunakkan tekstur beras merah. Memasak nasi biasa memang menggunakan banyak air, namun saat kamu memasak beras merah gunakan lebih banyak lagi airnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, tekstur beras merah dan beras putih sangatlah berbeda. Kamu perlu banyak waktu untuk memasak beras merah dan tentu saja membutuhkan banyak air.

Kamu bisa membuat perbandingan jika akan memasak beras merah. Misalkan menggunakan 1 gelas beras merah dengan 3 gelas air masak sebagai takarannya. Dan usahakan memasak dengan air bersih.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Dibuat Pakai Mie Shirataki, Enak dan Sehat!

4. Taburi dengan garam halus 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak Kerasilustrasi garam (pixabay.com/@Bru_nO)

Beras merah cenderung tidak memiliki rasa apapun di dalamnya. Bisa dikatakan rasa nasi merah adalah hambar. Untuk memberikan sedikit rasa kepada nasi merah nantinya maka campuri dengan garam.

Kamu bisa menuangi garam sebelum dimasak. Beri garam secukupnya saja, misalnya setengah sendok teh. Jangan terlalu banyak agar nasi merah yang sudah jadi tidak terasa asin.

5. Masak dengan rice cooker 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak KerasMemasak beras merah (youtube.com/What To Cook Today)

Memasak nasi menggunakan rice cooker memang jauh lebih efisien. Nah, untuk langkah selanjutnya jika kamu ingin memasak nasi merah, maka beras merah yang sudah dicuci dan direndam bisa kamu masukkan ke dalam panci rice cooker.

Keringkan terlebih dahulu bagian luarnya menggunakan kain lap kemudian masak menggunakan rice cooker hingga matang. Oya, memasak beras merah agar menjadi nasi yang lezat butuh waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan memasak beras putih, ya.

Setidaknya butuh waktu sekitar 45 menit agar nasi merah benar-benar matang dan dapat dikonsumsi.  Setelah matang jangan langsung disajikan. Biarkan sebentar saja sembari koreksi rasanya. Jika masih hambar, masukkan garam dan aduk hingga beras terasa gurih.

6. Campur dengan beras putih 

6 Cara Memasak Beras Merah agar Enak dan Pulen, Dijamin Tidak KerasBeras merah dan beras putih (pixabay.com/@ImageParty)

Cara ini bisa jadi salah satu alternatif yang bisa kamu terapkan jika ingin beras yang pulen dan juga berasa. Mencampurnya dengan beras putih adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan karena beras merah akan ikut menjadi pulen dan rasanya juga sedikit lebih enak jika dibandingkan tanpa menggunakan beras putih, lho.

Pastikan untuk membersihan beras secara terpisah, ya. Kemudian jika kedua beras tersebut sudah bersih, baru campur keduanya menjadi satu kemudian tuangi dengan air, aduk hingga tercampur dan masak hingga matang.

Memasak beras merah memang gampang-gampang susah, lho. Karena jika salah, maka teksturnya akan keras dan tidak bisa dimakan. Cara di atas bisa kamu coba untuk memasak nasi merah agar teksturnya lebih punel.

Baca Juga: Mengenal 7 Olahan Sedap dari Sorgum, Makanan Pokok Serupa Nasi

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya