Comscore Tracker

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!

Lamongan terkenal dengan hidangannya yang lezat #LokalIDN

Ada yang menarik saat kamu menjelajahi Kota Lamongan, Jawa Timur, lho. Tentu saja menikmati sajian khas daerah tersebut memang tak boleh kamu lewatkan.

Lamongan sendiri memiliki makanan khas dengan cita rasa yang nikmat, bahkan saking nikmatnya makanan-makanan tersebut tersebar hingga ke wilayah lain. Soto lamongan misalnya yang juga dijadikan sebagai salah satu rasa mi instan yang sudah terkenal di Indonesia.

Sebagai pilihan rekomendasi makan, berikut enam makanan khas Lamongan yang wajib kamu coba. Dijamin ketagihan deh!

1. Nasi boranan 

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!nasi boranan (instagram.com/deteksi)

Untuk mengawali hari saat berada di Lamongan, nasi boranan bisa kamu jadikan pilihan untuk sarapan. Nama boran sendiri merupakan sebuah bakul dari anyaman bambu untuk membawa makanan.

Nasi boranan sendiri berupa seperti nasi campur yang berisi aneka lauk tergantung penjual dan yang paling khas adalah adanya rempeyek.

Atau, kamu bisa memilih lauk khas yakni empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk terbuat dari tepung terigu, pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan lalu dibumbui dan digoreng.

2. Soto lamongan

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!Soto Lamongan (instagram.com/yulichia88)

Siapa yang gak kenal dengan soto? Makanan ini tersebar beberapa wilayah di Indonesia sebut saja Makasar, Betawi atau Purbalingga. Termasuk Lamongan yang juga memiliki jenis soto khas yang tentu saja berbeda dengan wilayah lainnya.

Hal yang membedakan soto amongan dengan soto dari daerah lain adalah adanya koya yang membuat kuahnya menjadi lebih kental. Tentu saja bumbu koya tersebut menambah kaya cita rasa dari soto lamongan itu sendiri.

3. Bandeng colo 

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!bandeng colo (instagram.com/edy.s.wignyo)

Berbatasan langsung dengan Laut Jawa memungkinkan Lamongan mudah membuat tambah bandeng. Ikan-ikan bandeng tersebut diolah menjadi berbagai makanan khas termasuk bandeng colo yang terkenal di Lamongan.

Bandeng colo sendiri memiliki cita rasa pedas yang sangat nikmat. Kudapan lezat ini disajikan dengan sayuran serta sup kuning. Hal yang menarik adalah rasa sambalnya yang dicampur dengan jeruk nipis. Dijamin seger deh!

Baca Juga: Taman Mahoni, Wisata Desa di Lamongan Tawarkan Permainan Tempo Dulu

4. Asem-asem bandeng 

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!asem-asem bandeng (instagram.com/chichiwiranata)

Masih berbahan dasar bandeng, asem-asem bandeng ini punya kuah asam segar serta gurih.

Disajikan dengan nasi hangat, asem-asem ini sangat menggugah nafsu makan kamu. Pasti kamu akan ketagihan dengan rasa nikmatnya.

5. Pecel lele lamongan

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!pecel lele (instagram.com/rikaekawati)

Pada dasarnya pecel lele lamongan sudah terkenal di seluruh Indonesia. 

Pecel lele adalah olahan ikan lele yang digoreng kemudian dicampur dengan sambal terasi dan ditambah sayur mayur. Disajikan dengan nasi hangat tentu menambah nikmat masakan satu ini.

6. Tahu campur khas Lamongan 

6 Makanan Khas Lamongan yang Harus Kamu Coba, Bikin Nagih!tahu campur lamongan (instagram.com/jakulpandaan)

Satu lagi masakan khas Lamongan yang sangat lezat adalah tahu campur khas Lamongan. 

Tahu campur Lamongan dicampur dengan petis udang serta perkedel yang berbahan singkong. Mi serta sayur sebagai topping tambahan kemudian diberi kuah bening seperrti soto. Gimana, tertarik untuk mencobanya?

Merasakan makanan khas Lamongan tentu akan memberikan pengalaman tersendiri. Cita rasa yang lezat dan nikmat pasti akan membuatmu ingin kembali menjajal makanan tersebut. Jika ke Lamongan jangan lupa untuk mencicipi salah satu masakan di atas ya.

 

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Lamongan Paling Nikmat dan Lezat, Cobain yuk!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya