Comscore Tracker

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribet

Bisa jadi ide lauk hari ini, nih!

Buncis merupakan salah satu sayuran yang berbentuk polong-polongan dan kaya akan protein. Jika kamu kebetulan memilik stok buncis di lemari es, kamu bisa mengolahnya menjadi cah buncis telur.

Selain enak, proses pembuatan lauk nasi yang satu ini mudah banget. Cocok buat kamu yang sibuk tapi tetap ingin masak. Penasaran dengan resepnya? Simak penjelasan resepnya di bawah ini, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribetilustrasi buncis (pixabay.com/Couleur)

Bahan-bahan:

  • 300 gram buncis
  • 3 siung bawang putih
  • 1/4 buah bawang bombai
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • Sejumput lada bubuk
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 150 ml air

Baca Juga: Cara Buat Tumis Buncis Ayam Pedas untuk Makan Siang, Lezat Pol!

2. Irislah buncis sesuai selera

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribetilustrasi irisan buncis (pixabay.com/congerdesign)

Bersihkan buncis dengan air yang mengalir. Lalu, irislah menjadi beberapa bagian sesuai selera. Selain itu, gepreklah bawang putih dan cincang kasar. Lalu, jangan sampai tertinggal iris tipis bawang bombai menggunakan pisau. 

3. Tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribetilustrasi tumisan bawang bombai (pixabay.com/agamaszota)

Panaskan sedikit minya goreng dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan bawang bombai dan bawang putih. Tumislah kedua bawang ini hingga layu dan tercium wangi. Aduk-aduk agar tumisan bawang ini tidak gosong, ya!

4. Tambahkan buncis dan sisa bahan lainnya

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribetilustrasi memasak cah buncis telur (pixabay.com/tadejabelak)

Jika sudah layu dan wangi, masukkan telur dan orak-arik hingga matang dengan tekstur sedikit padat. Lalu, tambahkan air dan buncis. Biarkan sebentar hingga airnya mendidih sambil sesekali diaduk. Setelah mendidih, masukkan garam, gula pasir, kaldu jamur, lada bubuk, dan saus tiram. Masaklah sambil terus diaduk-aduk hingga buncis pun empuk. 

Baca Juga: Resep Gulai Tempe Buncis Padang, Solusi Lauk Sederhana di Akhir Bulan

5. Akhirnya, cah buncis telur siap disajikan

Resep Cah Buncis Telur ala Restoran Chinese, Enak dan Anti Ribetcah buncis telur (instagram.com/renikitchen)

Terakhir, tambahkan minyak wijen dan aduk-aduk sebentar hingga tecium wangi. Lalu, koreksi rasanya dan disesuaikan dengan selera lidah. Jika rasanya sudah pas, segera matikan kompor dan pindahkan ke piring saji. Sekarang, cah buncis telur buatanmus siap disajikan. Di saat situasi darurat akhir bulan ini, tak ada salahnya untuk kamu makan enak dan sehat dengan lauk cah buncis telur. Dompet aman dan perut pun nyaman, deh!

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya