Comscore Tracker

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Pedasnya menggoda selera, lho!

Ikan tongkol adalah salah satu ikan ikan tuna kecil dengan ciri badan memanjang, tanpa sisik, sirip punggung keras, kulit berwarna abu-abu, berdaging tebal serta berwarna merah. Di warung-warung terdekat biasanya ditemukan ikan tongkol dalam keadaan setengah matang atau disebut ikan tongkol pindang.

Jika kamu kebetulan sedang mencari resep lauk berbahan dasar ikan tongkol ini, cobalah membuat tongkol suwir kemangi. Rasanya gurih, pedas, dan aroma kemanginya menggoda selera. Cocok dijadikan ide lauk nasi harianmu dan keluarga di rumah. Tertarik? Simak penjelasan resep lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambahilustrasi ikan tongkol pindang (unsplash.com/Rio Lecatompessy)

Bahan-bahan:

  • 4 ekor tongkol pindang
  • 1 ikat daun kemangi
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 ruas ibu jari lengkuas
  • 1 buah tomat
  • 1 genggam cabai rawit merah
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 30 ml air

Baca Juga: Resep Tongkol Kuah Kuning, Kelezatannya Bikin Kalap Makan!

2. Gorenglah sebentar ikan tongkol hingga sedikit kecoklatan

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambahilustrasi menggoreng ikan tongkol pindang (pixabay.com/scottgardner)

Buang kepala dan tulang ikan tongkol pindang terlebih dahulu. Lalu, irislah daging ikan ini sesuai selera. Sementara itu, panaskan minyak goreng penuh dalam wajan. Setelah panas, gorenglah sebentar sambil sesekali diaduk hingga berwarna sedikit kecoklatan. Jika warnanya sudah berubah, segera angkat dan tiriskan. Lalu, suwir-suwir menggunakan garpu sesuai selera. Sekarang, ikan tongkol pindang sudah siap diolah. 

3. Tumislah bumbu halus hingga tanak

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambahilustrasi bumbu halus yang akan ditumis (pexels.com/cottonbro studio)

Petiklah daun kemangi dari tangkainya dan gepreklah lengkuas hingga gepeng. Lalu, irislah tomat menjadi beberapa bagian. Sementara itu, haluskan cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih hingga lembut dengan tesktur sedikit kasar. Lalu, panaskan sekitar 3 sendok makan minyak goreng dengan api sedang.

Jika sudah panas, masukkan bumbu halus tadi dan tumislah hingga tanak sambil terus diaduk-aduk. Setelah tanak, tambahkan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga tercium wangi. 

4. Tambahkan suwiran ikan tongkol dan bahan lainnya, ya!

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambahilustrasi memasak tongkol suwir kemangi (unsplash.com/Jimmy Dean)

Jika tumisan bumbu tadi sudah tanak dan wagi, tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu jamur. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Lalu, tambahkan suwiran ikan tongkol, tomat, air dan daun kemangi. Masaklah sambil terus diaduk-aduk hingga daun kemangi layu dan airnya menyusut.

Baca Juga: Resep Tongkol Goreng Manis, Lauk Pencuri Nasi yang Masaknya Simpel

5. Tongkol suwir kemangi siap disajikan, nih!

Resep Tongkol Suwir Kemangi, Bikin Nafsu Makan Bertambahtongkol suwir kemangi (instagram.com/temanmakan.nf)

Terakhir, koreksi rasanya barangkali masih terasa kurang bumbu. Namun jika sudah pas, segera matikan kompor dan pindahkan ke piring saji. Sekarang, kamu sudah bisa makan dengan lauk tongkol suwir kemangi. Paduan rasa pedas dan wangi kemanginya benar-benar pas hingga menggoda selera. Untuk pencinta pedas seperti kamu, wajib banget praktikkan langsung resep ini. Tanpa perlu tambahan sambal, kamu sudah bisa makan enak di rumah.

Lena Latipah Photo Verified Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya