Comscore Tracker

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggi

Jangan dimakan banyak-banyak ya!

Garam selalu jadi salah satu bumbu wajib dalam memasak. Tanpa garam, makanan apa pun akan hambar rasanya. Tapi yang harus selalu kamu ingat adalah apa pun yang berlebihan tidak akan pernah berakhir baik.

Menurut healthline.com, selain membuat makanan jadi asin, kebanyakan garam juga sangat buruk bagi kesehatan mulai dari tekanan darah yang melonjak tinggi hingga ancaman penyakit kardiovaskuler.

Supaya kamu enggak harus menanggung risiko diintai penyakit, kamu memperhatikan apa yang kamu makan, terutama jika kamu berhadapan dengan lima makanan di bawah ini!

1. Daging olahan

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggiunsplash.com/Louis Hansel

Sosis, dendeng, ham, bacon dan aneka daging yang sudah diolah merupakan makanan pertama yang harus kamu hindari. Ini karena daging olahan menggunakan berbagai bahan lain termasuk garam dalam jumlah banyak yang digunakan untuk membuat makanan tetap awet dalam jangka waktu lama.

Bahkan meski makanan ini sangat simpel dan enak, satu sosis mengandung 415 mg natrium, sedangkan dendeng sapi seberat 1 ons mengandung 620 mg natrium.

Daripada makan aneka produk daging olahan, akan lebih baik kalau kamu membeli daging segar dan memasaknya sendiri di rumah.

2. Sup kalengan

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggiunsplash.com/Calle Macarone

Sup memang sehat, tapi hal itu tidak berlaku bagi sup kalengan. Meski memiliki sayuran, sup kalengan juga memiliki kandungan natrium yang tinggi untuk membuat rasanya enak, plus membuatnya tetap awet dalam jangka waktu lama. Rata-rata sup kalengan mengandung 700 mg natrium atau hampir dua kali lipat lebih banyak dari sosis.

Kalaupun kamu mau makan sup, kamu bisa memasaknya sendiri di dapur. Enggak susah kok!

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Paling Premium di Dunia, Kamu Sudah Pernah Coba?

3. Keju

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggiunsplash.com/Waldemar Brandt

Tanpa diberitahu pun, rasanya kamu bisa menebak sendiri kalau keju menjadi salah satu makanan dengan kadar garam tertinggi.

Satu ons keju mengandung 377 mg natrium. Lagi-lagi garam yang banyak ini berasal dari proses pembuatannya. Tapi tenang aja, kamu tetap bisa kok makan keju dengan catatan keju yang kamu pilih bukan keju yang rendah lemak seperti parmesan. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi keju Swiss atau mozarella.

4. Pizza

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggiunsplash.com/Chad Montano

Pizza bukan hanya kaya akan lemak dan kalori, tapi juga natrium dalam jumlah sangat banyak. Selain rotinya, topping pizza juga terdiri dari makanan olahan yang mengandung banyak garam. Mulai dari saus, keju, sampai daging olahan.

Satu potong besar pizza beku 765 mg natrium, sedangkan satu potong pizza di restoran mengandung jauh lebih banyak yaitu 957 mg natrium. Itu hanya satu potong pizza, bayangkan berapa banyak natrium yang akan masuk ke tubuhmu jika kamu memakan semuanya?

5. Roti

Berbahaya bagi Tubuh, 5 Makanan ini Memiliki Kadar Garam Tertinggiunsplash.com/Sara Cervera

Roti, terutama bagel menjadi makanan yang tidak boleh kamu konsumsi terlalu banyak. Roti bagel mengandung 400 mg natrium dan itu belum ditambah dengan cream cheese yang juga asin.

Kamu boleh makan bagel atau jenis roti lain, selama bisa membatasi jumlahnya. Solusi lainnya, kamu juga bisa mengganti bagel dengan roti gandum yang sehat.

Mengonsumsi makanan di atas sebenarnya bukan masalah. Tapi pastikan kamu tidak mengonsumsinya terlalu banyak atau terlalu sering ya!

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Ini Jadi Sering Dikonsumsi Sejak COVID-19 Melanda

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya