Comscore Tracker

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?

Kelezatannya sudah tersohor ke mana-mana!

Kalau ngomongin tentang pesona Indonesia, egak lengkap rasanya kalau kita enggak membahas tentang makanan. Makanan Indonesia sendiri sudah tersohor kelezatannya kemana-mana. Hal itu terbukti dengan banyaknya orang asing yang ketagihan sama kuliner Indonesia bahkan rela datang jauh-jauh dari negara asalnya hanya untuk kulineran di sini.

Luar biasanya lagi, ada banyak kuliner Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia. Dilansir The Culture Trip, ini dia 5 kuliner Indonesia yang populer di mancanegara. Favorit kamu yang mana?

1. Nasi goreng 

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?Nasi goreng (instagram.com/hastagsrilanka)

Buat kita, sepiring nasi goreng mungkin terlihat biasa. Apa istimewanya? Kita sudah ribuan kali menikmati nasi goreng. Namun apa yang biasa buat kita ternyata luar biasa bagi para bule di luar sana. Sepiring nasi dengan bumbu seperti kecap, bawang merah, bawang putih; membuat hidangan sederhana ini jadi begitu nikmat.

Belum lagi tambahan aneka bahan lain seperti telur, sosis, suwiran ayam, atau bahkan sayuran membuat rasanya begitu lain. Makanya gak heran, kapan pun para turis berkunjung ke Indonesia, mereka pasti akan mencicipi nasi goreng setidaknya sekali selama trip-nya.

2. Rendang 

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?Rendang (instagram.com/bundogafi)

Pernah menduduki posisi pertama sebagai makanan paling enak di dunia versi CNN, kelezatan rendang sudah tidak bisa diragukan lagi. Potongan daging sapi tebal dimasak dalam campuran santan kelapa dan bumbu aneka rempah selama berjam-jam hingga kering membuat rasanya jadi sangat kaya.

Rendang sendiri berasal dari Minangkabau. Awalnya hidangan ini hanya disiapkan untuk acara khusus sebelum akhirnya menyebar kemana-mana. Hari ini, rendang bahkan menjadi salah satu hidangan yang wajib ada di hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Kini Melokal, 8 Kuliner Indonesia Ini Dipengaruhi oleh Budaya Eropa

3. Gado-gado 

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?Gado-gado (instagram.com/emmy_gho)

Bukan cuma daging, Indonesia juga punya banyak hidangan yang berbahan dasar sayur, salah satunya gado-gado. Bagi bule, terutama mereka yang memang vegetarian, gado-gado jelas merupakan hidangan yang istimewa.

Aneka sayur dikukus atau direbus, ditambahkan dengan potongan tempe dan tahu, lalu disiram dengan saus kacang yang gurih. Belum lagi potongan lontong yang bikin kuliner ini jadi makin sempurna. Kebanyakan turis asing menyebut gado-gado sebagai salah satu salad sayur versi Indonesia.

Memang mirip sih. Tapi tetep aja buat orang Indonesia, gado-gado jauh lebih enak dari salad mana pun!

4. Sate 

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?Sate (instagram.com/jktfoodead)

Orang Indonesia mana yang gak suka sate? Jangankan kamu, para turis dan orang dari luar juga doyan banget sama kuliner satu ini. Bayangin potongan daging yang ditusuk di tusukan lidi, diberi bumbu, lalu dibakar sampai matang, dan disiram dengan bumbu kacang.

Ngebayanginnya aja udah bikin kita ngiler duluan! Sate selalu ada di mana-mana. Kamu bisa menikmatinya di restoran atau kalau mau sabar, mencegat abang-abang tukang sate yang sering lewat di deket rumah kamu malam-malam. Apa pun pilihan kamu, seporsi sate enggak akan pernah menjadi pilihan yang salah!

5. Sop buntut 

5 Kuliner Indonesia yang Populer di Mancanegara, Ada Favorit Kamu Gak?Sop buntut (instagram.com/banususanto)

Bisa dibilang, mayoritas orang Indonesia bukanlah tipe yang picky kalau soal makanan. Apa pun kita olah, apa pun kita makan. Di luar negeri, buntut sapi biasanya dibuang. Tapi di Indonesia justru diolah jadi hidangan lezat. Buntut sapi dipanggang kemudian direbus dengan kuah kaldu bening, plus potongan wortel, kentang, dan seledri. Ditambah bumbu seperti merica, pala, cengkeh, dan garam.

Sop buntut paling enak disajikan saat masih panas, dengan sepiring nasi, sambal, dan kerupuk. Kalau udah begini, seporsi kayaknya gak bakal cukup, setuju?

Kita pasti sering atau pernah mencicipi aneka kuliner dari negara lain seperti pizza, burger, atau mungkin makanan dari Korea Selatan. Sekilas kuliner asal negara lain terlihat lebih menarik, tetapi sebenarnya kuliner Indonesia juga gak kalah ciamik kok!

 

Baca Juga: 5 Kuliner di Indonesia yang Kisahnya Dibumbui Cerita Cukup Dramatis

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya