Comscore Tracker

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel yang kaya akan manfaat

Nama cuka apel atau apple cider vinegar pasti sudah tidak asing lagi di telinga, terutama bagi kamu yang gemar memasak. Cuka apel biasa digunakan untuk menambah cita rasa asam yang segar pada olahan daging. Gak hanya itu, enzim dan probiotik yang terbentuk dari hasil fermentasi sari apel juga baik untuk menyehatkan tubuh.

Cuka apel mengandung kalori (dalam jumlah yang kecil), vitamin A, C, E, B1, B2, B6, kalsium, magnesium, dan potasium. Semua kandungan ini baik dan dibutuhkan oleh tubuh manusia. Gak heran kalau cuka apel disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Berikut lima manfaat cuka apel yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatanpexels.com/Pixabay

Masalah pencernaan seperti diare muncul karena kebersihan makanan kurang terjaga. Untuk melancarkan buang air besar, campurkan cuka apel ke dalam camilan atau minuman. Senyawa pektin yang berasal dari fermentasi cuka apel berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di dalam saluran pencernaan. Sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

2. Menstabilkan gula darah

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatanpexels.com/Pixabay

Menurut studi yang dilakukan oleh pakar diabetes, konsumsi cuka apel secara rutin akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Sensulin ini sendiri berfungsi untuk mengangkut gula yang ada dalam darah ke jaringan lain, sehingga gula darah menjadi lebih stabil. Campurkan cuka apel ke dalam segelas air putih, lalu konsumsi satu kali sehari secara rutin.

Baca Juga: Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapat

3. Melawan kolesterol

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatanpexels.com/Rawpixel

Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan pembuluh arteri menyempit dan mengeras. Akibatnya, jantung harus bekerja dua kali lipat lebih besar untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menstabilkan kinerja jantung, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti jeroan dan daging. Di samping itu, konsumsi cuka apel secara rutin untuk mengurangi kadar kolesterol pada tubuh.

4. Ampuh menurunkan berat badan

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatanpexels.com/Public Domain Pictures

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, konsumsi cuka apel akan mempercepat proses penurunan berat badan. Meskipun stimulus yang diberikan tidak terlalu besar, tapi lemak yang menumpuk di area tertentu setidaknya bisa hancur dengan mengonsumsi cuka apel secara rutin.

5. Meredakan asam lambung

Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatanuzuma.com

Menjaga kondisi lambung tetap sehat sangat penting mengingat lambung berperan penting untuk memecah makanan yang masuk ke pencernaan. Ketika asam lambung kumat, sebisa mungkin jangan langsung mengonsumsi obat antibiotik. Lebih baik minum segelas air yang sudah dicampur dengan cuka apel untuk mencegah naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan.

Cuka apel memang baik untuk kesehatan, tapi konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Maka dari itu, konsumsi cuka apel dalam jumlah yang cukup dan sesuaikan dengan kebutuhan harianmu, ya!

Baca Juga: Biar Gak Salah Paham, Ketahui Dulu 5 Mitos Tentang Cuka Apel Ini Girls

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You