Comscore Tracker

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!

Gudeg sendiri adalah makanan legendaris khas Jogja

Yogyakarta kerap dijuluki sebagai kota gudeg. Ada banyak warung gudeg legendaris di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Gudeg Yu Djum hingga Gudeg Permata. Gudeg sendiri merupakan makanan tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu hingga warnanya cokelat gelap. Yuk, intip 5 gudeg paling legendaris Jogja yang masih ada hingga hari ini!

1. Gudeg Permata 

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!Gudeg Permata | Instagram

Warung gudeg ini tak pernah sepi pengunjung. Rata-rata pelanggannya adalah wisatawan. Meski begitu banyak pula warga lokal yang sering ke Gudeg Permata. Sajian gudeg dari tempat ini adalah gudeg basah. Ciri khasnya yakni pada arehnya yang gurih serta sambal goreng kreceknya yang berkuah. Selain itu, ada pula tambahan sambal tempe serta sayur daun singkong.

Sebagai pelengkap, ada pula aneka lauk seperti ayam bagian paha, sayap, dan dada. Kemudian, ada pula tahu dan telur bebek.Walau ramai dan menjadi buruan wisatawan, harga gudeg di Gudeg Permata cukup terjangkau, sekitar Rp14.000.

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Gudeg di Kediri, Obat Buat yang Rindu Jogja

2. Gudeg Yu Djum 

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!Gudeg Yu Djum | Instagram

Warungnya sudah beroperasi sejak Yu Djum berusia 17 tahun. Gudeg yang ditawarkan oleh Yu Djum ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu gudegnya yang kering, berwarna coklat kemerahan dengan rasa manis.

Gudeg tersebut juga dimasak dengan cara tradisional. Warung gudeg legendaris ini berlokasi di Jalan Kaliurang, tepatnya di sebelah utara Universitas Gadjah Mada (UGM). Untuk satu porsi gudeg di sini dipatok dengan harga sekitar Rp20.000-an. Gudeg Yu Djum juga tak kalah populer, maka tak heran warungnya sering dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner. Banyak dari wisatawan yang datang ke Yogyakarta penasaran dengan rasa gudegnya.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah 

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!Gudeg Mercon Bu Tinah | https://www.instagram.com/jajanyogya/

Gudeg Mercon Bu Tinah juga disebut sebagai gudeg legendaris di Yogyakarta, karena sudah beroperasi sejak tahun 1992. Sang pemilik dikenal dengan nama Ngatinah. Gudeg yang ditawarkan di sini juga memiliki ciri khas tersendiri.

Ciri khasnya adalah ada perpaduan rasa manis dan rasa pedas. Oleh karena itu, gudeg ini disebut-sebut cocok untuk pencinta rasa pedas. Rasa pedas yang ditawarkan membuat Ngatinah memberi julukan 'mercon' pada olahan gudeg yang dijual.

Selain itu, Ngatinah juga menawarkan berbagai pilihan lauk sebagai pelengkap. Lauknya ada mulai dari ayam, ceker, telur, goreng dan masih banyak lagi. Satu porsi gudeg ini dibanderol dengan harga sekitar Rp15.000 hingga Rp20.000. Lokasinya dapat ditemui di Jl. Asem Gede No.8, Yogyakarta.

4. Gudeg Manggar Bu Jumilan

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!Gudeg Manggar Bu Jumilan | https://bantulpedia.bantulkab.go.id/

Di kawasan Bantul ada gudeg legendaris yang bisa kamu singgahi. Warung gudegnya dikenal dengan nama Gudeg Manggar Bu Jumilan. Ada satu hal yang membuat gudeg ini berbeda dengan gudeg lainnya, yaitu ada pada campuran manggar pada proses pembuatannya. Manggar adalah kembang kelapa muda, sehingga menghasilkan gudeg yang teksturnya lebih padat dan terasa gurih.

Satu porsi gudeg di sini memiliki harga yang terbilang terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp8.000 hingga Rp17.000 kamu sudah bisa menikmati makanan khas Yogyakarta ini. Warung Gudeg Manggar Bu Jumilan ini bisa kamu kunjungi di Jl. Srandakan Km 8, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Makan Gudeg di Gunungkidul, Rasanya Legit

5. Gudeg Bu Djuminten 

5 Warung Gudeg Paling Legendaris di Jogja, Harganya Terjangkau!Gudeg Bu Djuminten | Tangkapan Layar //www.youtube.com/@AnekaWisata

Gudeg Bu Djuminten juga dikenal sebagai gudeg legendaris di Yogyakarta karena sudah beroperasi sejak 1926. Hingga kini, warung gudegnya masih buka dan diteruskan oleh generasi ketiga. Gudeg ini memiliki rasa yang istimewa karena adanya perpaduan sempurna antara rasa manis dan gurih.

Rasa gurihnya dihasilnya dari kuah arehnya yang berpadu dengan manisnya gudeg yang terbuat dari nangka yang dimasak melewati proses lama. Satu porsi gudeg di sini dibanderol dengan harga sekitar Rp14.000 hingga Rp45.000. Warung gudeg ini dapat dikunjungi lokasinya di Jl. Asem Gede Nomor 14, Yogyakarta.

Lucky Ikhtiar Ramadhan Photo Writer Lucky Ikhtiar Ramadhan

Journalist. Writer. Marketers Based in Yogyakarta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya