Comscore Tracker

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapan

Kudapan khas Palembang yang menjadi favoritmu? #LokalIDN

Pempek merupakan kudapan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung lalu dimakan bersama dengan cuka dan Palembang terkenal dengan kuliner pempeknya.

Namun bukan hanya pempek kudapan yang berasal dari Kota Songket ini. Berbagai macam kudapan dengan kuah baik kuah bening maupun kuah bersantan hadir di sini. Santapan ini umumnya ditemukan pagi hari saat sarapan tapi terkadang dapat juga dijadikan kudapan pengisi perut kapan saja.

Yuk kenali dulu kudapan lain selain pempek yang menjadi khas wong kito galo!

1. Tekwan

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/genpisumsel

Sama seperti pempek, adonan tekwan berbahan dasar ikan dan tepung sagu dengan tambahan bumbu lalu dibentuk bulat tidak beraturan kecil-kecil. Terkadang ditambahkan jamur kuping, bengkuang, dan mie putih sebagai pelengkap hidangan. Tak lupa diberi bawang goreng serta daun seledri di atasnya. Kuahnya terbuat dari kaldu udang.

Untuk menambah cita rasa, dapat ditambahkan jeruk nipis, kecap, dan cabai hijau giling agar terasa lebih segar dan nendang.

2. Model

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/palembanginfo.eats

Bahan dasar model sama seperti tekwan namun ukurannya lebih besar karena di dalamnya diisi telur. Mirip pempek telur besar atau pempek kapal selam tapi tidak digoreng. Varian lain yang lebih sering ditemukan yaitu berisi tahu. Mirip pempek tahu namun ukurannya lebih besar.

Kuah dan cara penyediaannya sama seperti tekwan. Untuk kuah bening, bisa ditambahkan cuka pempek jika selera. Walau kuahnya bening seperti bakso, tekwan, dan model tidak cocok ditambahkan dengan saus tomat atau saus sambal.

3. Laksan

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/big_awal

Palembang memang terkenal dengan olahan makanan berbahan dasar ikan tidak terkecuali laksan. Berbentuk seperti pempek lenjer yang panjang lalu dipotong hingga berbentuk seperti persegi panjang. Kuahnya berwarna kuning hingga oranye yang terdiri dari santan dengan bumbu rempah-rempah yang kaya seperti lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, hingga jahe.

Penyajiannya dapat ditambahkan daun seledri, bawang goreng, dan telur rebus. Biasanya tersedia sambal cabai merah yang dapat ditambahkan sesuai selera.

4. Celimpungan

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/pempeksriwijayamedan

Kudapan satu ini mirip dengan laksan namun bentuk adonan ikan yang direbusnya berbeda. Celimpungan berbentuk bulat namun lebih besar dari tekwan. Warna kuahnya kuning dan bumbu rempahnya mirip dengan laksan namun terkadang ditambahkan cengkeh dan kapulaga.

Sama seperti laksan, untuk menambah cita rasa kadang kuahnya dibuat dari kaldu udang. Cara penyajiannya pun sama dengan laksan.

Baca Juga: Resep Mudah Tekwan Udang, Kuliner Enak Khas Palembang Selain Pempek

5. Burgo

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/titemshop

Berbeda dengan kudapan sebelumnya, adonan burgo tidak terbuat dari ikan melainkan dari tepung beras dan tepung sagu. Adonan ini kemudian didadar lalu digulung seperti telur dadar gulung kemudian dipotong hingga bentuk akhirnya mirip seperti kwetiau.

Ikan pada burgo terkandung di dalam kuahnya yang digiling lalu dicampur bersama dengan rempah-rempah yang telah dihaluskan. Warna kuahnya putih kecokelatan.

6. Lakso

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/pempeksriwijayamedan

Walau namanya mirip, lakso berbeda dengan laksan yang terbuat dari ikan. Adonan lakso mirip dengan burgo yang terbuat dari tepung saja. Bentuk lakso seperti mie. Kuahnya pun mirip dengan kuah burgo hanya warnanya saja lebih kuning karena ditambahkan kunyit.

7. Mie celor

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/palembanginfo.eats
Palembang juga punya kudapan dengan mie namanya mie celor. Adonan mie dalam mie celor lebih terasa padat berbeda dengan mie ayam. Kuahnya berwarna oranye yang terbuat dari udang giling dan bumbu rempah-rempah.

Berbeda dengan kudapan lainnya, kuah santapan satu ini kental karena ditambahkan terigu di dalamnya. Mie celor biasanya disajikan bersama taoge dan telur rebus.
 

8. Ragit jalo

Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapaninstagram.com/pempek_cekuni
Ragit atau yang juga dikenal sebagai ragit jalo memang mirip makanan khas India, roti jala. Bentuk adonan seperti jala atau jaring dan dimakan bersama kuah kari. Ragit jalo sendiri terbuat dari tepung dan telur. Kuahnya berwarna kuning dan rasanya mirip dengan kari pada martabak India. Konon katanya, santapan ini mendapat pengaruh besar dari pedagang India.
 
Palembang memang sebuah kota dengan wisata kuliner yang kaya. Nah, kudapan khas Palembang mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

Baca Juga: Resep Mi Celor, Makanan Khas Palembang yang Gurih dan Nikmat

Malmal Amalia Photo Verified Writer Malmal Amalia

everything is not a giving, it is a blessing https://malmalredholic.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya