Comscore Tracker

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakit

Ingatlah diet bukan untuk menyiksa tubuh

Diet merupakan hal yang baik ketika kamu sudah merasa berat badanmu terlalu berlebihan. Mengurangi makanan berlemak dan mulai menjalani hidup sehat harus kamu jalani ketika sedang diet. Berat badan yang turun menjadi kunci kesuksesan dietmu.

Namun, karena rasa ingin mendapatkan tubuh yang ideal terlalu besar kamu bukan menjadi kurus tetapi sakit yang kamu dapatkan. Hal ini terjadi karena kamu melakukan kesalahan dalam diet yang kamu jalani. Supaya kamu tahu kesalahan apa yang membuat kamu justru sakit saat diet, simak list di bawah ini yuk!

1. Tidak mengetahui porsi yang pas

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakitpixabay.com/free-photos

Sebelum memutuskan untuk diet, pastikan kamu sudah mengetahui porsi yang pas untuk kebutuhan nutrisimu. Karbohidrat, protein, vitamin, dan kebutuhan nutrisi yang lain harus dipenuhi agar seimbang. Jangan sampai kamu jatuh sakit karena kekurangan nutrisi.

2. Kurang melakukan aktivitas fisik

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakitpixabay.com/stocksnap

Mengurangi makan saja belum cukup untuk mengurangi berat badanmu. Perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga yang bisa membakar kalori. Olahraga juga dapat membantu untuk membentuk tubuh ideal. Bukan hanya itu, olahraga bantu mempertahankan daya tubuh agar kamu tetap kuat meskipun sedang diet.

Baca Juga: 10 Olahan Dada Ayam yang Paling Enak, Cocok buat Kamu yang Sedang Diet

3. Pola tidur tidak teratur

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakitpixabay.com/free-photos

Perhatikan pola tidurmu saat diet. Kurang tidur dapat menyebabkan kamu kelelahan dan jatuh sakit. Aturlah jam tidurmu sebaik mungkin, agar kamu bisa tetap fokus beraktivitas meskipun sedang diet.

4. Minum obat pengurus badan tanpa pengawasan dokter

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakitpixabay.com/stocksnap

Minum obat pelangsing tanpa ada pengawasan dokter akan berakibat buruk untuk kesehatanmu. Pastikan kamu minum obat yang diberikan oleh dokter atau ahli gizi. Jangan sembarangan minum obat, karena hal ini bisa berdampak buruk jika kamu terus mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

5. Hanya fokus ke berat badan saja

Bukan Kurus, 5 Kesalahan Dalam Diet Ini Justru Membuat Kamu Sakitpixabay.com/publicdomainpictures

Fokuslah pada kesehatan. Bentuk tubuh yang ideal adalah bonus dari pola hidup sehat yang kamu lakukan. Jika kamu rajin berolahraga dan kebutuhan nutrisi terpenuhi, bentuk tubuh ideal juga akan menjadi milikmu. 

Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam program diet dan berdampak buruk pada kesehatan. Lakukan diet untuk kesehatan, jangan untuk mendapatkan tubuh ideal. Jika diet tidak terlalu menyiksa tubuhmu, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan juga ideal pastinya. Selalu ingat kesehatan adalah yang utama.

Baca Juga: 10 Langkah Tepat Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat, Lebih Sehat!

Lois Maria Andries Photo Community Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You