Comscore Tracker

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sana

Jangan lupa untuk mencoba semuanya, ya! #LokalIDN

Kepulauan Riau terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu menghipnotis para wisatawan.

Selain keindahan alamnya yang sangat memukau, kepulauan Riau juga memiliki berbagai macam makanan-makanan khas yang bisa kalian coba saat kalian berkunjung ke Kepulauan Riau.

Jika kalian ingin tahu makanan-makanan apa saja yang unik dan lezat, berikut ini 6 makanan khas Kepulauan Riau yang wajib kamu cobain.

1. Mie Lendir

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanainstagram.com/herni_hershelsamuel

Untuk pembuka, ada yang namanya mie lendir. Dinamakan mie lendir karena makanan ini memiliki kuah berwarna coklat yang kental dan mirip seperti lendir. Kuah kental ini berasal dari larutan tepung maizena yang ditambahkan ke dalam kuahnya. Mie lendir ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan berbeda dari sajian mie pada umumnya.

Mie lendir terbuat dari mie kuning yang berukuran besar dan memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, ada pula bahan pelengkap lainnya seperti taoge, irisan daun seledri, telur rebus, dan potongan cabai rawit hijau. Jika kalian mau, kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya seperti udang dan irisan daging ayam.

Setelah semua bahan tersebut ditaruh di atas piring, kemudian langsung disiram dengan kuahnya yang kental dan berwarna cokelat. Jangan lupa untuk taburi atasnya dengan menggunakan bawang goreng.

Dilihat dari cara penyajiannya saja sudah bikin lapar dan pengin untuk cepat-cepat merasakan gurih dan lezatnya makanan yang satu ini.

2. Lakse Kuah

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanainstagram.com/rosha_novita

Berikutnya ada lakse kuah. Makanan yang satu ini patut kalian coba waktu berkunjung ke Kepulauan Riau. Lakse kuah sangat terkenal di Kepulauan Riau, khususnya di pulau Natuna dan Karimun.

Lakse kuah pada umumnya menggunakan ikan tongkol dan ikan teri yang ditumbuk hingga halus lalu disajikan dengan tambahan mie yang terbuat dari sagu. 

Lakse kuah mempunyai keunikan dari segi tampilan, terutama pada bentuk mie yang mirip dengan sanggul serta memiliki tekstur yang kenyal yang sangat khas dari bahan dasar utamanya yaitu sagu. Selain itu juga terdapat keunikan lain yakni pada kuahnya yang merupakan campuran antara santan, rempah-rempah, dan udang atau ikan tongkol yang dihaluskan, dan kuahnya ini memiliki warna merah yang mirip seperti kuah kari.

Bagi kalian yang pergi berkunjung ke Kepulauan Riau, kalian wajib mencoba makanan khas yang satu ini, dijamin pasti nambah terus.

3. Asam Pedas Baung

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanaeljohnnews.com

Kepulauan Riau merupakan provinsi yang terkenal dengan perairannya yang sangat luas, bahkan lebih dari 95% wilayah kepulauan Riau adalah perairan laut dan hanya sekitar 5% saja yang merupakan daratan.

Hal ini mengidentifikasikan bahwa potensi sumber daya perikanan dan hasil-hasil laut menjadi potensi terbesar yang ada di Kepulauan Riau. Sehingga tidak heran apabila banyak makanan khas dari Kepulauan Riau yang menggunakan hasil laut sebagai bahan utamanya, salah satunya adalah asam pedas baung ini. 

Ikan baung yang diolah dengan asam pedas ini menjadi hidangan khas dari Kepulauan Riau yang sangat segar dan menggugah selera. Hidangan dengan rasa pedas dan asam ini langsung pecah di mulut sejak suapan pertama dan kuahnya yang berwarna merah ini memiliki rasa yang segar dan lezat karena rempah-rempah yang digunakan sangat bercita rasa kuat.

Jika kalian berkunjung ke Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas yang satu ini ya.

Baca Juga: 7 Kuliner Istimewa Kepulauan Riau yang Jarang Ada di Daerah Lain

4. Gubal

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanadisbud.kepriprov.go.id

Sagu merupakan salah satu komoditi yang tumbuh sangat banyak dan melimpah di Kepulauan Riau. Sehingga tidak heran kalau terdapat banyak sekali makanan khas dari Kepulauan Riau yang menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Dan salah satu makanan khas yang cukup terkenal dari Kepulauan Riau dan menggunakan sagu sebagai bahan utamanya adalah gubal.

Hidangan ini merupakan makanan sehari-hari yang sangat mudah untuk ditemukan di Kepulauan Riau, terutama di pulau Lingga, karena memang makanan ini berasal dari pulau Lingga. Makanan ini berbahan dasar utama sagu yang dicampurkan dengan parutan kelapa muda dan dimasak dengan menggunakan kuali hingga matang.

Gubal biasanya dinikmati dengan gulai ikan pari atau gulai ikan hiu. Namun ada juga yang menyantapnya dengan kuah asam pedas. Pokoknya dimakan dengan yang manapun, tetap akan membuat makanan ini semakin lezat dan dijamin pasti tidak cukup hanya seporsi untuk memakannya.

5. Mie Tarempa

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanatripelaketoba.com

Jika kalian berkunjung ke Kepulauan Riau, kalian wajib untuk mencicipi salah satu makanan khas favorit yang sangat terkenal, yakni mie tarempa. Dinamakan mie tarempa karena makanan ini memang berasal dari Pulau Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau.

Rasa dari mie tarempa ini berbeda dari hidangan mie pada umumnya, karena mie tarempa ini mempunyai rasa asam manis yang sedikit pedas di mulut, dan rasa pedasnya ini berasal dari rempah-rempah yang digunakan.

Namun kalian tenang saja, karena rasa pedasnya tidak terlalu kuat, jadi mi tarempa ini masih bisa dinikmati bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas. Selain memiliki rasa pedas, mie tarempa ini juga memiliki rasa asam, manis, dan gurih yang bercampur sempurna dengan tekstur mie yang lebar dan agak kenyal ini. Kuahnya pun sangat ringan walaupun cukup berminyak, namun sangat cocok dengan perpaduan rasa yang ditimbulkan.

Selain rasanya yang unik, yang membuat makanan ini unik adalah pemilihan kuahnya. Terdapat tiga varian mie tarempa yang bisa kalian pesan, yakni yang paling otentik yaitu mie tarempa kering, lalu ada mie tarempa basah kuah sedikit, dan mie tarempa basah kuah banyak. Semuanya dapat kalian pesan sesuai dengan selera kalian masing-masing ya.

6. Luti Gendang

6 Makanan Khas di Kepulauan Riau yang Wajib Dicoba Saat ke Sanasajiansedap.grid.id

Setelah beberapa makanan yang berat-berat di atas, akan lebih mantap jika kita menutupnya dengan makanan atau camilan yang gurih dan manis, contohnya seperti luti gendang ini. Bagi yang belum tahu, makanan ini berasal dari pulau Tarempa, dan kata "Luti" adalah sebutan dari orang Melayu untuk roti. 

Luti gendang ini memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Luti gendang ini biasanya memiliki isian berupa ikan tuna yang telah dicampur dengan rempah-rempah khas pulau Tarempa. Makanan ini cocok banget untuk dijadikan camilan teman minum teh atau kopi di sore hari, dijamin pasti nagih terus.

Bagaimana, semua makanan khas Kepulauan Riau di atas bikin kalian tidak sabar untuk mencicipi semuanya, bukan? Kalian dapat menikmati beragam makanan-makanan khas yang sangat nikmat dan lezat serta destinasi-destinasi unggulan yang ada di Kepulauan Riau.

Pokoknya, kalau kalian berkunjung ke Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mencicipi semua makanan khas Kepulauan Riau di atas, ya!

Baca Juga: 6 Jenis Kerang-kerangan Laut Lezat yang Ada di Kepulauan Riau

Max Thobias Photo Verified Writer Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya