Comscore Tracker

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho!

Yuk, jadikan kebiasaan baru kamu!

Untuk hidup sehat bukan hanya dengan olahraga dan istirahat cukup. Tetapi perlu juga menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi. Seperti mengonsumsi buah dan sayur yang dapat kamu olah menjadi salad. Jadi kamu tidak bosan untuk mengonsumsinya, meski kamu kurang suka makan sayur dan buah.

Meskipun terlihat biasa saja, namun mengonsumsi salad dapat membuat hidup menjadi tambah sehat. Berikut ini ulasan tentang lima manfaat mengonsumsi salad yang baik untuk kesehatan. 

1. Melancarkan sistem pencernaan

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho! Pexels.com/Buenosia Carol

Kamu tentu sudah tahu bahwa buah dan sayur sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Oleh sebab itu, memakan buah dan sayur sekaligus dalam bentuk olahan salad perlu untuk dicoba.

Pasalnya, buah dan sayur sangat banyak mengandung serat sehingga kamu akan jarang yang namanya sakit perut. Karena makanan yang kamu makan sangat sehat dan kaya akan serat. 

2. Tidak rentan terkena dehidrasi

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho! Pexels.com/The Lazy Artist Gallery

Jika kamu malas makan buah dan sayur, dapat mengolahnya menjadi salad. Jadi menu kamu lebih bervariasi dan tidak membosankan. Pilihlah buah dan sayur yang memang kamu suka, agar tidak terbuang percuma karena gak kamu makan. 

Jika kamu rutin makan salad setelah jam makan nasi, tubuh akan menerima asupan yang baik. Karena semakin rutin kamu makan salad membuat tubuh jarang terkena dehidrasi. Karena salad dapat memenuhi kebutuhan seratmu dalam satu harian. 

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho! Pexels/Radu Florin

Selain kaya akan serat, buah dan sayur yang diolah menjadi salad ternyata kaya akan antioksidan. Kegunaan antioksidan sendiri tidak main-main. Sebab mampu menangkal segala radikal bebas dan dapat memperbaikinya jika rusak. Jadi selain tubuh sehat, juga mampu bertahan dari segala serangan penyakit. 

Baca Juga: Resep Membuat Salad Buah Yoghurt ala Yummy App, Segar Banget!

4. Dapat mencegah berat badan naik

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho! Unsplash/Ben White

Jika kamu banyak mengonsumsi makanan tetapi tidak diimbangi dengan buah dan sayur, maka berat badan tubuh perlahan akan naik. Sebelum hal itu terjadi, coba biasakan memakan salad dengan rutin. Karena pola makan kamu akan seimbang dan juga sehat serta tidak perlu lagi takut ketika berat badan tiba-tiba naik. 

5. Mencegah kanker

5 Manfaat Baik Konsumsi Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker lho! Unsplash/Sharon McCutcheon

Tanpa kamu sadari, mengonsumsi salad secara rutin mampu mencegah kanker, lho. Caranya mudah sekali, yaitu dengan membuat salad dengan campuran buah dan sayur seperti tomat, kubis, anggur, pisang, jeruk, dan stroberi. Dengan begitu kamu akan rentan terkena kanker dan tidak perlu khawatir lagi. 

Demikian ulasan tentang lima manfaat mengonsumsi salad yang baik bagi kesehatan. Mulai dari sekarang ubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat, ya. Selamat mencoba! 

Baca Juga: 10 Buah-buahan yang Cocok untuk Diolah Menjadi Menu Salad, Segar! 

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya