Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia 

Ada yang mirip rendang! 

Mendengar Prancis, kamu pasti akan langsung terngiang pada romantisme yang disajikan oleh negara ini. Mulai dari Menara Eiffelnya, suasana kotanya, pusat perbelanjaannya, bahkan kuliner di Prancis pun menjadi incaran turis lokal dan luar negeri.

Kuliner khas Prancis terkenal sangat lezat, mulai dari rasa hingga penyajiannya. Berikut beberapa kuliner khas Prancis yang harus kamu coba!

1. Cassoulet 

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia expatica.com

Hidangan ini termasuk makanan berat, karena mengandung lemak yang cukup tinggi. Tentu sangat cocok disantap saat musim dingin tiba, sekaligus untuk menghangatkan tubuh.

Berasal dari Prancis Selatan, terbuat dari kacang putih dan sosis yang dimasak dalam panci. Biasanya hidangan ini menggunakan daging babi dan bebek, namun jenis daging lain pun bisa digunakan termasuk sosis, daging angsa, maupun daging kambing.

2. Flamiche 

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia expatica.com

Berasal dari Prancis Utara, dekat perbatasan dengan Belgia, flamiche ini merupakan pai tradisional yang dalamnya diisi oleh daun bawang cincang, mentega, dan susu krim.

Resep flamiche diketahui berasal dari abad ke-18. Saat ini, terdapat banyak variasi seperti ditambahkan keju, pala, bacon, dan berbagai jenis sayuran.

Baca Juga: Resep Creme Brulee Yogurt, Dessert Prancis yang Bisa Tingkatkan Imun

3. Beef Bourguignon 

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia cafedelites.com

Ya, kuliner yang satu ini mirip rendang di Indonesia. Bisa dikatakan juga bahwa makanan ini adalah yang terlezat di Prancis, bisa terlihat dari kerelaan orang-orang yang mau mengantre panjang demi mendapatkan makanan ini.

Berasal dari Prancis Timur, makanan ini terbuat dari daging sapi. Tekstur dari Beef Burguignon ini sangat lembut. Tapi, warga muslim tidak boleh memakan ini. Karena ciri khas dari Beef Burguignon adalah dagingnya yang direbus dalam anggur merah yang menjadikannya memiliki cita rasa mewah.

4. Salad Nicoise 

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia expatica.com

Salad ini merupakan kuliner khas Prancis yang berasal dari wilayah Prancis Selatan. Kuliner ini sangat cocok untuk disantap saat musim panas.

Campuran dari salad ini antara lain selada, tomat, telur rebus, kacang hijau, zaitun, ikan teri, dan yang paling penting adalah ikan tuna. Namun jika kamu mau mencoba membuat, bisa dengan variasi bahan lainnya.

5. Ratatouille 

5 Kuliner Khas Prancis, Lezat dengan Cita Rasa Mendunia expatica.com

Wow, mendengar nama ini, yang terlintas adalah seekor tikus yang ramah dari sebuah kartun. Bukan, bukan itu. Ratatouille yang satu ini merupakan kuliner ikonik di Prancis.

Berasal dari wilayah Provence, kuliner ini merupakan sayuran yang dipanggang dalam oven.

Nah, itu dia 5 kuliner lezat khas Prancis. Kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah?

Baca Juga: 5 Daun Herba Utama yang Digunakan dalam Masakan Prancis, Intip Yuk!

Maulia Indriana Ghani Photo Verified Writer Maulia Indriana Ghani

instagram @mauliaghani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya