Comscore Tracker

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! 

Kenikmatannya tiada tanding! #LokalIDN

Kepulauan Riau atau biasa disebut Kepri merupakan provinsi yang terkenal akan keindahan dan kekayaan hasil lautnya. Tidak hanya itu, Kepri juga terkenal sebagai tempat yang tepat untuk berbelanja dengan harga murah.

Nah, bagi kamu yang sudah berencana akan pindah atau berkunjung ke kota atau kabupaten di Kepri, beberapa makanan khas di bawah ini jangan sampai kamu lewatkan!

1. Kue Batang Buruk 

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! kebudayaan.kemdikbud.go.id

Mendengar namanya, kamu mungkin akan merasa heran dan kurang tertarik untuk mencicipinya. Oh jangan salah! Meskipun namanya “buruk”, tetapi rasanya mampu menggoyang lidahmu. Hati-hati ketika memakan kue ini, karena kue batang buruk mudah berceceran ketika digigit sehingga dapat mengotori pakaianmu.

Konon, kue yang terbuat dari tepung gandum yang dicampur dengan tepung beras dan tepung kelapa serta diisi dengan serbuk kacang hijau goreng ini sudah ada sejak empat abad silam. Masyarakat Kepri seringkali menyajikan Kue Batang Buruk ketika Hari Raya Idulfitri dan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabatnya.

2. Lakse 

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! ayokenatuna.com

Makanan seperti mie ini sangat terkenal di Kepri. Terbuat dari tepung sagu, namun sedikit berbeda dari mie sagu lho. Lakse ini memiliki ukuran yang lebih tebal dan warna lebih bening.

Seperti yang diketahui bahwa masakan Melayu cenderung memiliki cita rasa yang kuat, karena menggunakan banyak rempah-rempah. Sama halnya dengan lakse ini, terdapat dua jenis, yaitu lakse kuah dan goreng.

Untuk lakse kuah menggunakan kuah kari yang berwarna merah, menggunakan santan kelapa, dan ikan atau udang yang telah ditumbuk halus. Wah mantap banget rasanya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Belanja Kerajinan Riau, Berseni Kelas Tinggi!

3. Gonggong 

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! humas.kepriprov.go.id

Apakah kamu pencinta seafood? Langkah yang tepat kalau kamu berkunjung ke Kepri. Luasnya lautan di Kepri mencapai 96% dari total luas provinsinya lho, maka tak salah kalau banyak seafood di sini, salah satunya adalah gonggong.

Gonggong memiliki nama latin Strombus canurium yang mana masih tergabung ke dalam famili molusca. Gonggong menjadi masakan favorit masyarakat Kepri, karena selain lezat dan bergizi juga mudah dalam pengolahannya.

Biasanya, gonggong hanya direbus dan ditambah sambal sebagai cocolannya. Teksturnya kenyal dan rasanya hampir mirip dengan cumi. Kamu harus mengorek daging keluar dulu dari cangkangnya menggunakan tusukan untuk memakannya.

4. Gubal 

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! disbud.kepriprov.go.id

Makanan yang satu ini terbuat dari sagu yang dicampurkan dengan kelapa muda dan disantap dengan ikan pari atau hiu. Kuahnya kental dan memiliki rasa asam pedas lho, sangat menggugah selera.

Gubal sangat mudah ditemukan di Lingga. Sehingga ketika kamu berkunjung ke Kepri, kamu bisa mencoba makanan yang diyakini dapat mengobati kencing manis oleh masyarakat sekitar ini.

5. Lendot 

5 Makanan Khas Kepulauan Riau, Pencinta Seafood Wajib Coba! menixnews.com

Nah, makanan seafood lainnya dari Kepri adalah lendot. Makanan ini berasal dari Kabupaten Karimun yang berisi sayuran seperti kangkung dan bayam, serta dilengkapi dengan udang dan teri.

Yang menarik dari lendot ini adalah kuahnya lho. Kuah lendot memiliki tekstur yang berlendir. Lendiri tersebut berasal dari tepung. Penasaran kan ingin mencobanya?

Nah, itu dia makanan khas dari Kepulauan Riau. Makanan mana yang paling ingin kamu cicipi atau kamu malah tertarik untuk mencicipi semuanya?

Baca Juga: 10 Masakan Seafood yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia, Terbaik!

Maulia Indriana Ghani Photo Verified Writer Maulia Indriana Ghani

instagram @mauliaghani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya