Comscore Tracker

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah Selera

Lezatnya olahan bakso daging asal Turki!

Bagi pencinta kuliner mancanegara, jangan lewatkan untuk menjelajahi sajian kuliner di wilayah Timur Tengah, khususnya Turki. Memiliki letak yang unik yaitu berada di antara dua benua, Eropa dan Asia, membuat negara ini memiliki perpaduan budaya yang khas dengan sajian kuliner lezat.

Salah satu yang paling populer adalah köfte atau kofta yang bisa disebut sebagai baksonya Turki. Hidangan ini termasuk dalam main course. Merupakan perpaduan dari Eropa Barat dan Belanda, köfte termasuk halal karena terbuat dari daging sapi atau domba yang digiling dan diberi rempah-rempah.

Di Turki sendiri ada banyak aneka ragam hidangan köfte, ini dia 6 hidangan köfte dari Turki yang lezatnya menggugah selera makan!

1. Kadinbudu Köfte

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraKadinbudu Köfte (instagram.com/senyemekler)

Köfte satu ini mempunyai arti lady's thigh. Konon, nama tersebut diberikan oleh seorang chef di era Kesultanan Ottoman karena tampilan baksonya yang menyerupai paha wanita. Agak berbeda dengan bakso yang ada di Indonesia, tampilan hidangan ini sekilas tidak seperti bakso, ya.

Kadinbudu terbuat dari daging giling, dicampur nasi, bawang, telur, tepung, dan rempah-rempah. Adonan digoreng hingga kecoklatan. Rasanya lezat dengan bagian dalam yang empuk. Untuk menikmatinya bisa disajikan dengan kentang, bawang dan tomat. 

2. Harput Köftesi

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraHarput Köftesi (instagram.com/harputkoftesi)

Harput köftesi termasuk dalam hidangan köfte tradisional yang berasal dari Kota Elazig. Bahan-bahan untuk membuatnya ada campuran daging giling, kemangi, bawang, bulgur, pasta tomat, garam, paprika, lada hitam, dan parsley.

Setelah mencampurkan semua bahan, adonan lalu dibentuk menjadi bola-bola kecil dan dimasak ke dalam wajan yang sudah berisi minyak dicampur dengan pasta tomat dan air. Rasanya enak dan cocok disantap ketika masih hangat. 

3. Ekşili Köfte

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraEkşili Köfte (instagram.com/sofradanlezzetler)

Ekşili köfte juga termasuk dalam köfte tradisional Turki. Bahan-bahan untuk membuatnya tergolong sederhana dan mudah ditemukan. Ada daging giling, nasi, telur, jinten, lada hitam, dan garam.

Setelah adonan jadi, nanti akan dilumuri dengan saus khas yang terbuat dari tepung terigu, air jeruk lemon, dan air. Tampilannya mirip seperti bakso yang diberi kuah sup ayam dengan hiasan daun bawang atau parsley di atasnya. Ekşili paling nikmat disantap bareng roti atau salad.

Baca Juga: 9 Fakta İnegöl Köfte, Bakso Paling Populer di Turki yang Lezat! 

4. Sulu Köfte

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraSulu Köfte (instagram.com/bbqculture)

Köfte satu ini terbuat dari daging giling, bawang, dan nasi. Setelah itu, adonan köfte dimasak ke dalam saus yang terbuat dari mentega, pasta tomat dan air. Untuk menambahkan cita rasa lezat dan bergizi, ditambahkan potongan kentang atau wortel dan ditaburi parsley.

Nama hidangan sulu köfte memiliki arti "berair" karena sajian sausnya yang encer mirip dengan sup merah. Saat menyajikan hidangan ini lebih lengkap didampingi dengan roti. Cocok dimakan saat musim dingin, nih.

5. Mercimek Köfte

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraMercimek Köfte (instagram.com/sevinjoy)

Mercimek köfte adalah salah satu köfte populer Turki yang disajikan untuk acara pertemuan. Bahannya adalah daging giling, sedikit garam, bawang tumis, pasta tomat, dan jinten. Adonannya berbentuk lonjong yang  dikombinasikan dengan kacang merah rebus dan bulgur.

Jika ingin rasa pedas, cukup tambahkan cabai bubuk. Setelahnya, adonan dibalut dengan tepung roti dan digoreng. Daun bawang, adas sowa atau parsley ditaburkan di atas hidangan untuk membuatnya semakin menarik. Köfte ini paling enak disantap bersama selada dan perasan jus lemon.

6. Inegöl Köfte

6 Aneka Hidangan Köfte, Bakso dari Turki yang Menggugah SeleraInegöl Köfte (instagram.com/hanonalti)

Diciptakan oleh seorang imigran yang berasal dari Bulgaria pada abad ke-19 bernama Mustafa Efendi, Inegöl köfte adalah yang paling populer di Turki. Bahan untuk membuatnya adalah serbuk roti, daging giling, dan daun bawang. Setelah itu, adonan dipanggang lalu disajikan bersama nasi atau kentang.

Jika dilihat dari tampilannya, köfte ini mirip dengan steak. Rasanya yang nikmat dan flauvory membuat Inegöl bisa ditemukan di seluruh penjuru Turki. Tetapi, tetap saja yang paling enak ada di kota hidangan ini diciptakan yaitu Kota Inegöl.

Itulah enam aneka hidangan köfte yang merupakan bakso dari Turki. Selain enak, tentunya bagi pencinta bakso harus mencicipi hidangan khas Turki ini! 

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya