Comscore Tracker

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langka

#KulineranYuk Cuma ada di tempat asalnya loh

Apakah kita harus ke  jalan Ambon di kota Medan untuk membeli bika ambon? Di jantung kota Jogja, ada toko bika ambon yang memiliki banyak cabang. Di Bandung, terdapat banyak penjual gudeg yang merupakan makanan khas Jogjakarta. Makanan khas daerah tertentu, dengan mudahnya dapat kita jumpai di daerah lain karena majunya teknologi yang ada. Walau begitu, tetap ada saja makanan yang sangat khas hingga tidak ada di daerah lain bahkan menjadi langka karena beberapa sebab. BBC Travel merangkumkannya untuk kita.

Knafa Ghazawiya

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.bbc.com/

Knafa, kue kering yang dilapisi gula khas Timur Tengah, yang berasal dari Gaa ini jarang ditemukan diluar Gaza. Knafa yang lebih terkenal adalah Knafa Nablusiya, yang rasanya asin karena menggunakan keju. Berbeda dengan Knafa Ghazawiya yang memiliki rasa manis dari kacang, pala, dan kayu manis. 

"Knafa Ghazawiya mencerminkan Gaza," kata Laila El-Haddad, penulis The Gaza Kitchen. "Karena daerah Gaza yang tertutup akibat konflik, Knafa Ghazawiya pun tidak bisa keluar dari daerah itu. Bahkan orang Palestina diluar Gaza pun tidak bisa mencicipi makanan ini."

Rúgbrauð

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttps://en.wikipedia.org

Hubungan antara orang Islandia dan alam tempat tinggal mereka, bukan hanya masalah ketahanan hidup. Mereka sudah mencapai harmoni dengan alamnya. Untuk melihat hubungan itu, kita dapat melihat dari roti yang mereka buat. Apa yang membuat roti ini istimewa?

Sigurður Rafn Hilmarsson, seorang pembuat rúgbrauð menjawab, "Karena rotinya mengandung lebih sedikit gula bila dibandingkan dengan roti kebanyakan."

Namun yang paling istimewa, roti yang dibuat Hilmarsson ini dipanggang di bawah tanah. Dikubur di lubang panas bumi yang menggelegak.

Jaman sudah modern sekarang, Rúgbrauð tetap menjadi makanan khas Islandia. Hanya saja, kini orang-orang memanggangnya dengan oven yang lebih sederhana dan nyaman. Namun Hilmarsson, tetap setia pada asalnya. Ketika ditanya sampai kapan dia akan memanggang rotinya di lubang panas bumi?

Hillmarson menjawab, "Tidak mudah mendeskripsikan rasa, roti yang dipanggang di lubang panas bumi memiliki rasanya sendiri. Rasa itu, tidak akan sama dengan roti yang dipanggang dengan oven.

Eccles Cake

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.bbc.com/

Eccles cake atau kue Eccles berbentuk bulat dan datar. Di dalamnya terdapat kismis, dan diluarnya dilapisi mentega. Ini adalah kue Inggris sehingga cocok untuk teman minum teh.

Sepertinya, kue Eccles dibuat untuk merayakan St Mary di Eccles, yang festivalnya disebut Eccles Wakes. Karena sering dikaitkan dengan perayaan keagamaan, kue Eccles sempat dilarang. Namun warga tidak mengindahkan larangannya dan tetap membuat kue ini.

Toko kue Eccles pertama kali dibuka pada tahun 1796. Tahun 1810, toko kue Eccles dibuka lagi. Pada tahun 1838, Eccles menjadi terkenal karena kuenya. Namun, pembuatan kue Eccles ini tidak bisa sepenuhnya dilakukan oleh mesin. Harus ada tangan manusia yang terlibat dalam pembuatan kue ini supaya citarasanya terjaga. Sekarang, kedua toko ini sudah tidak ada. Demikian juga dengan yang lainnya. Satu-satunya pembuat kue Eccles adalah keluarga Edmonds.

Keju Ambarees

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.lebaneseexaminer.com/

Ambarees adalah salah satu keju tertua di dunia. Tempat yang menyediakan keju ini adalah Ballbek, sebuah kota di Libanon. Usianya mungkin 2000 tahun. Cara membuatnya cukup sulit, dan jaman sekarang, orang sudah tidak punya waktu untuk membuatnya. 

Ambarees dibuat di dalam sebuah kendi, yang diisi dengan susu dan disimpan. Ketika airnya terpisah dari dadih, bagian bawah kendi dilubangi dan air dibuang. Dari bulan Mei hingga Oktober, garam dan susu ditambahkan dalam kendi 2 kali seminggu. Keju dapat disimpan selama setahun. 

Kendi yang digunakan dalam pembuatan keju ini adalah kendi yang diwariskan oleh generasi sebelumnya. Bila beli harganya mahal karena sudah tidak ada lagi yang membuatnya. Sehingga, keju Ambarees pun menjadi susah ditemukan.

Lemang Periuk Kera

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://malaysiaaktif.my/

Lemang Periuk Kera adalah makanan khas Malaysia. Berbeda dengan cara pembuatan nasi ketan pada umumnya, lemang periuk kera menggunakan periuk kera (tanaman pemakan serangga) sebagai tempat nasi. Periuk kera dibersihkan kemudian diisi beras, ditaruh tegak lurus dalam dandang, kemudian  ditambah santan dan dikukus selama 1 jam.

Perlu diketahui, lemang periuk adalah tanaman yang khas tumbuh di pegunungan Kinabalu di Malaysia bagian Kalimantan.

 

gateau à la broche

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.bbc.com/

Resep dari gateau à la broche diturunkan secara lisan, tidak banyak buku atau catatan yang membahas tentang roti ini. Sehingga jarang orang modern yang mengerti benar cara pembuatannya. Menurut legenda, tentara Napoleon membuatnya selama perang melawan Russia. Gateau à la broche adalah roti yang disajikan dalam acara kumpul keluarga.

Secara tradisional, roti ini dibuat di Aveyron dan Hautes-Pyrenees di Prancis. Dalam membuat kue ini membutuhkan banyak sekali telur, gula, mentega, dan keju. Persiapan pembuatannya membutuhkan waktu sampai 5 jam.

Feseekh

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.bbc.com/

Setiap tahun, kementerian Kesehatan Mesir mengeluarkan peringatan untuk tidak memakan feseekh, ikan mullet yang ditermentasi dengan rasa asin dan bau amis. Jika tidak dimasak dengan benar, ikan ini dapat menyebabkan keracunan botulisme yang bisa menyebabkan kematian.

Menurut seorang warga Mesir, dalam wawancaranya dengan BBC Travel, banyak orang Mesir yang tidak mau memakan feseekh karena kampungan. Orang Mesir sekarang ingin memakan sesuatu seperti orang luar negeri.

Membuat feseekh pun membutuhkan banyak kesabaran karena memakan waktu yang lama. Ikan direndam di air yang mengandung garam selama sebulan dan diaduk seminggu sekali. Walau begitu, feseekh adalah warisan kebudayaan Mesir. Setiap tahun, dalam perayaan Shem El Nissim orang-orang memakan feseekh.

Su Filindeu

Makanan-makanan Lokal dari Berbagai Negara yang Udah Mulai Langkahttp://www.bbc.com/

Su Filindeu adalah pasta yang paling langka di dunia. Su filindeu dibuat dengan menarik dan melipat adonan semolina menjadi 256 untaian yang sempurna dengan ujung jari. Kemudian direntangkan secara diagonal melintasi bingkai melingkar dalam pola lapis 3 yang rumit. Pembuatannya sulit dan menyita banyak waktu. Karenanya tidak banyak orang yang berminat atau mampu membuatnya.

Selama 200 tahun terakhir ini, su filindeu hanya disajikan pada peziarah yang menyelesaikan ziarahnya dengan berjalan kaki atau berkuda dari Nuoro ke desa Lula di Italia.

 

Meita Eryanti Photo Verified Writer Meita Eryanti

Tukang cerita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya