Comscore Tracker

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  

Wajib ada di meja makan orang-orang Prancis

Prancis tak hanya terkenal soal menara Eiffel atau bahasanya yang rumit nan romantis, tetapi negara ini juga terkenal karena kekayaan gastronominya. Baguette, macaron, crème brûlée adalah beberapa makanan yang paling terkenal dari Prancis. Namun, ada satu makanan yang paling digemari masyarakatnya dan kehadirannya sangat wajib di atas meja makan, yaitu keju. 

Produk fermentasi dari susu ini sangat penting di kehidupan sehari-hari orang Prancis. Tidak heran, keju sangat mudah ditemui di pasar, supermarket, atau fromagerie (toko khusus menjual keju) di seluruh Prancis.

Lalu, mengapa keju menjadi produk yang begitu melekat pada kehidupan negara ini? Berikut 5 alasan keju menjadi makanan yang penting bagi orang Prancis. 

1. Prancis memiliki ratusan jenis keju lezat

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  Quoituque

Prancis memiliki 350-400 varietas keju. Berdasarkan data dari CNIEL (Centre National Interprofessionnel de l’Economie Laitière), badan nasional yang mengatur produk olahan susu, bahkan sub-varietasnya bisa mencapai lebih dari 1200 jenis. Ini dipengaruhi banyak hal. Wilayah atau provinsi tempat suatu keju diproduksi berpengaruh pada jenis keju prancis yang beragam. Setiap provinsi di Prancis punya keju khasnya masing-masing. 

Keju Prancis umumnya terbuat dari olahan susu sapi, kambing atau domba. Biasanya keju yang terbuat dari susu sapi punya aroma yang masih bisa ditolerir dibandingkan dengan dua jenis susu lainnya. 

Chabichou, keju yang berasal dari Poitou dan berbahan dasar susu kambing punya aroma yang lebih kuat dibandingkan Cantal. Secara tekstur, ada jenis keju yang padat seperti Comté, yang lembut seperti Brie atau yang bertekstur krim seperti Fromage blanc.

Ada jenis keju yang diberi bakteri tertentu sehingga menghasilkan guratan berwarna biru di dalamnya, yaitu fromage bleu atau blue cheese. Selain itu, ada jenis keju yang dipasteurisasi dan non-pasteurisasi, ada keju organik dan non-organik. Hal-hal di atas yang membuat keju prancis sangat beragam.

2. Warisan budaya immaterial

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  Pngwave

Keju Prancis dinobatkan sebagai warisan budaya immaterial oleh UNESCO. Sejarah mencatat produksi dan konsumsi keju di Prancis sudah ada sejak beberapa abad sebelum masehi.

Di Prancis, pada awalnya keju merupakan produk regional. Produksi keju Prancis berpengaruh pada faktor geografis, iklim, bahkan geologi dari suatu tempat. Provinsi-provinsi di Prancis punya karakteristik alam yang berbeda. Ini berpengaruh pada teknik-teknik pembuatan keju yang menyesuaikan dengan kondisi di provinsi tersebut.  

Tradisi keju di Perancis sangat kuat. Tercatat ada 3000 produsen keju yang masing-masing mempunyai savoir-faire atau metode yang sudah berabad-abad digunakan. Savoir-faire inilah yang membuat keju Prancis mendapat predikat warisan budaya tak benda dari UNESCO.

Namun, tidak semua jenis keju bisa dikategorikan itu. Salah satu keju yang masuk kategori adalah La Fourme de Montbrison yang sudah ada sejak abad ke-8. 

Baca Juga: Jenis Keju Favoritmu Bisa Melambangkan Kepribadianmu Lho!

3. Jadi komoditas dalam dan luar negeri

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  Flickr

Menurut survei, 96 persen orang Prancis mengonsumsi keju dalam kesehariannya. Konsumsi rata-rata per tahunnya bisa mencapai 26 kg per orang.

Prancis adalah negara produsen sekaligus konsumen keju terbesar di dunia. Nilai perdagangan keju di dalam negeri mencapai 22,3 miliar euro. Keju Prancis juga diekspor ke negara-negara Eropa dengan nilai sekitar 2,4 miliar euro. 

Industri keju prancis secara garis besar didominasi oleh perusahaan besar, ferme (peternakan) dan artisanal (perusahaan tradisional). Perbedaan tempat produksi ini biasanya berpengaruh pada harga jual dan cita rasa keju.

Di supermarket banyak dijual keju dari perusahaan besar dengan harga yang cukup murah. Sementara, di pasar tradisional atau fromagerie didominasi oleh keju artisanal dan ferme. 

4. Budaya di atas meja makan

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  Fromagerie Lincet

Prancis mempunyai aturan yang ketat soal makan. Dalam course makan orang Prancis, ada 5 - 6 tahap yang terdiri dari l’aperitif (snack pembuka), l’entrée (makanan pembuka), le plat principal (makanan utama), le fromage (keju), le déssert (makanan penutup) dan le café ou le thé (kopi atau teh). Keju ada di tahapan ke-empat, setelah makanan utama.

Sebagian orang Prancis suka makanan pencuci mulut dengan rasa asin dan sebagian lagi dengan yang manis. Ada juga yang suka keduanya. Keju biasanya dimakan secara utuh dengan baguette atau wine. Beberapa jenis keju sangat cocok dikonsumsi dengan wine tertentu. 

5. Label dan prestise

5 Alasan Keju Penting untuk Santapan Orang Prancis  Oulah.fr

Prancis sangat menjaga keju-kejunya. Demi menjaga kualitas dan orisinalitasnya, Prancis membuat label AOC (Appellation d'origine controlée), yang berarti keju dengan jenis susu dan metode tertentu diasosiasikan dengan asal wilayah keju tersebut. Misalnya, Camembert yang identik dengan asalnya yaitu Normandy. Ada 46 keju Prancis dengan label AOC.

Sementara, di Eropa juga terdapat label serupa, yaitu AOP (Appellation d’origin protégée), fungsinya sama. 45 keju Prancis tercatat mempunyai label AOP. Label ini penting karena menunjukkan prestise dari varietas keju. Kualitas, orisinalitas dan tradisi memegang peranan penting pada citra suatu keju.  Ini juga bisa berpengaruh pada nilai jualnya.

Selain label, Prancis juga menjaga kejunya dengan mendirikan banyak sekolah khusus pembuatan keju, salah satunya di Ecole Nationales d’Industrie Laitières.

Nah, itulah 5 alasan kenapa keju sangat penting bagi orang Prancis. Ada pepatah yang mengatakan bahwa Prancis bukanlah Prancis tanpa keju-kejunya. Sepertinya pepatah itu ada benarnya juga.

Keju tidak hanya sekadar makanan fermentasi biasa. Bagi orang Prancis, keju menyimpan nilai sejarah, budaya, dan identitas yang merepresentasikan negaranya. 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Keju Ricotta, Gurih dan Lezat!

Mita Aulia Hakim Photo Writer Mita Aulia Hakim

A French literature graduate who passionate about arranging words into some catching phrases. Writing on unforgettablestory.blogspot.com and Instagram @jurnalmayapada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya