Comscore Tracker

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!

Rela gak kamu makannya?

Siapa sih yang gak suka makan? Terlebih kalo ketemu makanan yang rasanya super lezat. Tapi, di setiap makanan yang enak, pasti ada peranan bumbu atau rempah yang menghasilkan cita rasa dari masakan itu sendiri.

Pernah terbayang gak sih kalo ada bumbu masak yang harganya menyentuh ratusan juta per kilogramnya? Ternyata memang ada lho, dan mendapatkannya pun tidaklah mudah.

Penasaran gak sih, bumbu rempah apa yang harganya paling mahal? Berikut lima rempah kecil dengan harga termahal di dunia!

1. Saffron

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!Britannica.com

Bumbu masak yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Saffron berasal dari sejenis bunga di daerah Asia Tengah, saffron memiliki rasa yang khas dan harga jual yang bernilai tinggi di dunia kuliner.

Mengembangkan tanaman ini juga tidaklah murah. Bahkan perlu biaya 80 ribu dolar AS untuk membudidayakan tanaman ini. Alhasil, harga saffron yang siap digunakan pun melonjak naik. Mulai dari 3.200 ribu dolar AS per-kg hingga 10.000 ribu dolar AS per-kg. Atau setara dengan harga Rp45,4 juta hingga Rp141,9 juta per kilogramnya. Muahal banget ya!

2. Vanili

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!Topfoodfacts.com

Di balik cita rasa Vanila yang mendunia, ternyata harga bahan pembuatannya juga mahal lho. Tanaman yang satu ini berasal dari daratan Meksiko, namun di Indonesia juga sudah banyak yang membudidayakannya.

Vanila terbaik biasanya berasal dari tanah Meksiko dan Madagaskar. Harga yang dipatok untuk satu kilogram vanili pun tak main-main. Yaitu berkisar 100 dolar AS per-kg hingga 400 dolar AS per-kg. Atau setara dengan Rp1,4 juta hingga Rp5,6 juta per kilogramnya. Walau harganya mahal, tetapi penggunaan vanili sebagai bahan makanan juga tidak banyak. Cukup sedikit saja sudah menghasilkan rasa yang nikmat.

3. Kapulaga

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!Rawspicebar.com

Kapulaga memiliki beragam jenis, setiap daerah yang ditumbuhi tanaman Kapulaga pasti memiliki perbedaan jenis dan karakteristiknya. Di Indonesia, lebih banyak Kapulaga yang berasal dari Jawa dan Bengkulu. Namun di luar negeri, India contohnya, juga memiliki Kapulaga jenis mereka sendiri.

Kapulaga memiliki manfaat bukan hanya sebagai penyedap, melainkan juga sebagai obat-obatan tradisional, untuk kesehatan jantung dan juga ginjal. Harga Kapulaga perkilonya berkisar 60 dolar AS per-kg atau Rp851 ribu.

Baca Juga: 5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuk

4. Cengkeh

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!Holisticzine.com

Mendengar kata "Cengkeh" pasti sangat familiar bagi telinga orang Indonesia. Rempah yang satu ini terkenal karena cita rasa, manfaat, dan juga keterlibatannya dalam banyak jenis masakan.

Selain dapat digunakan sebagai bahan penyedap dan juga obat-obatan, cengkeh rupanya dapat dijadikan bahan parfum juga. Harga dari cengkeh sendiri terbilang sangat mahal yaitu berkisar 14 dolar AS hingga 20 dolar AS per kilogram, atau setara dengan Rp198 ribu hingga Rp283 ribu per kilogramnya.

5. Kayu Manis

5 Rempah yang Harganya Sangat Mahal, Ada yang Setara Motor!CNN.com

Kayu manis, atau Cinnamon adalah bumbu dapur yang memiliki cita rasa luar biasa yang disukai banyak orang. Indonesia, India, Sri Lanka, adalah negara penghasil kayu manis terbesar di dunia.

Sama seperti cengkeh, kayu manis juga sering menjadi salah satu komposisi parfum. Sebab wangi dari tanaman yang satu ini sangat khas. Untuk harganya sendiri, kayu manis dihargai 16 dolar AS per kilogram atau setara dengan Rp227 ribu per kilogramnya.

Itulah kelima rempah/bumbu dapur dengan harga yang mahal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Manfaat Baik dari Cengkih Bagi Kesehatan, Rempah Khas Nusantara

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You