Comscore Tracker

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitri

Ada Ma'amoul, kue nastar ala Lebanon yang isinya kurma

Tak terasa sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idulfitri. Hidangan-hidangan menarik dan lezat tentunya akan disajikan untuk merayakan hari kemenangan ini bersama dengan keluarga dan sahabat dekat.

Bila kue nastar dan kastengel merupakan dessert wajib di Indonesia saat hari raya Idulfitri, maka negara-negara seperti Turki dan Mesir juga memiliki dessert spesial yang disajikan saat Lebaran. Apa saja? Berikut ini daftarnya.

1. Baklava di Turki

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitrififteenspatulas.com

Baklava adalah kue manis khas negara Turki yang terbuat dari kulit filo/phyllo dan di dalamnya diisi dengan kacang-kacangan yang sudah dicincang halus kemudian dicampur dengan gula atau madu.

Menu Baklava ini merupakan dessert wajib saat Idulfitri di negara Turki. 

2. Kleicha di Irak dan Arab Saudi

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitri196flavors.com

Kleicha adalah biskuit roll di mana di bagian tengahnya diisi dengan pasta yang terbuat dari kurma atau kacang halus. Selain terkenal di negara Irak, kleicha juga terkenal di Arab Saudi. 

3. Kahk Eid di Mesir

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitrifustany.com

Kahk Eid terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan yeast, tepung pati, kacang pistachio, kahk, dan mentega kemudian dibentuk seperti bola lalu dipanggang di dalam oven. Kahk adalah bubuk rempah yang terbuat dari anise, fennel (adas), dan mahlab.

Biskuit Kahk Eid ini selain disajikan saat hari raya Idulfitri, juga bisa disuguhkan saat pesta pernikahan. 

Baca Juga: Resep Puding Cokelat Kurma, Dessert Sehat untuk Buka Puasa

4. Laasida di Maroko

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitripaktales.com

Umat Islam di Maroko menyantap hidangan makan pagi Laasida di hari Idul Fitri. Laasida terbuat dari coscous yang dicampur dengan mentega dan diberi madu sebagai pemanis.

Laasida biasanya disajikan dengan kacang pistachio atau buah delima. 

5. Aseeda di Yaman 

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitrishebayemenifood.com

Aseeda memiliki tekstur seperti jeli, yang terbuat dari tepung terigu, yogurt, dan diberi madu untuk pemanis atau untuk yang suka dengan rasa gurih bisa menggunakan kaldu yang ayam. 

Hidangan Aseeda biasa disajikan di pagi hari atau malam hari di hari Idulfitri. 

6. Ma'amoul di Lebanon 

Menarik, 6 Dessert dari Berbagai Negara Saat Hari Raya Idulfitriumroh.com

Ma'amoul memiliki tekstur menyerupai kue nastar. Filling Ma'amoul terbuat dari kurma atau kacang pistachio. Adonan Ma'amoul ini dicetak di dalam cetakan khusus yang terbuat dari kayu sebelum akhirnya dipanggang. Ma'amoul ini biasa disajikan dengan kopi Arabica dan cokelat di hari Idulfitri. 

Itulah 6 jenis dessert yang disajikan di berbagai negara untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Kurma dan kacang-kacangan banyak digunakan dalam pembuatan hidangan-hidangan manis ini.

Buat kamu yang sedang mencari ide resep untuk hari raya, boleh nih mencoba salah satu dari dessert-dessert di atas.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Resep Egg Roll ala Serena yang Gurih dan Renyah untuk Sajian Lebaran

MW S Photo Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya