Comscore Tracker

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera 

Jadi camilan nikmat favorit sejuta umat nih!

Bakwan adalah makanan yang lazim ditemukan di Indonesia yang terbuat dari sayuran dan tepung terigu. Biasanya terdiri dari irisan kol, irisan wortel, taoge, lalu dicampur adonan terigu dan digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak.

Sebutan gorengan ini berbeda-beda di setiap daerah. Misalnya saja di Jawa Barat bakwan disebut bala-bala. Sedangkan di kota Malang disebut weci. Sementara di Sidoarjo disebut ote-ote. .

Namun tahukah kamu bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok? Hal itu terlihat jelas dalam penggunaan kata bak yang berarti daging. Karena pada saat terjadi pertukaran budaya dan perdagangan di Indonesia, cita rasa makanan pun saling berbaur sehingga mempengaruhi makanan tradisional.

Berikut beragam jenis bakwan di penjuru dunia yang menggugah selera.

1. Gimmari / Twigim - Korea Selatan

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera heytheresia.com

Korean street food memang selalu jadi primadona bagi penikmat kuliner. Jika Indonesia punya gorengan, maka Korea punya twigim.

Sebenarnya twigim merupakan olahan makanan yang dibalut tepung dan digoreng. Pilihannya beragam dari mulai cumi-cumi, ubi, udang, bahkan mandu (pangsit).

Biasanya kudapan gorengan ini dinikmati dengan mencocolnya dalam kecap asin. Sementara variannya adalah gimmari yang terbuat dari japchae (bihun ala Korea) lalu digulung dengan selembar nori.

2.  Falafel - Mesir

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera makanabis.com

Kudapan khas Timur Tengah ini terbuat dari kacang Arab yang digiling hingga padat, kemudian dibentuk bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak goreng panas. Biasanya disajikan dalam roti pipih seperti pita yang disebut lafa.

Bola-bola gorengan ini juga biasa ditambah dengan asinan, acar sayuran, selada serta saus pedas. Jika Ramadan tiba, falafel sering menjadi hidangan berbuka puasa.

3. Fried Pickles - Amerika 

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera lilluna.com

Fried pickles merupakan olahan acar goreng yang biasa ditemukan di Amerika Selatan. Makanan ringan ini terbuat dari acar yang diiris dan dilumuri adonan lalu digoreng. Biasanya menjadi makanan pembuka atau sebagai pendamping hidangan lainnya. Tidak lupa dihidangkan bersama saus cocol yang nikmat.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kepopuleran Gorengan Tak Lengkang oleh Waktu, Setuju?

4. Momiji No Tempura (bakwan daun) - Jepang

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera matcha-jp.com

Sudah tahu dong kalau tempura merupakan sajian gorengan dari negeri Jepang yang sudah terkenal di seluruh dunia?

Nah, ada satu lagi camilan khas Jepang yang terbilang unik, yaitu terbuat dari daun maple yang disebut momiji.

Makanan ini berasal dari kota Minoh. Sebagaimana dilansir dari laman atlasobscura.com, penduduk kota Minoh biasa memetik daun maple muda dari pohon, kemudian daun maple muda tersebut diasinkan selama satu tahun. Setelah diasinkan, daun maple akan dilumuri tepung manis lalu digoreng hingga crispy. Unik ya.

5. Pakora - India

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera archanaskitchen.com/cdn2.tstatic.net

India termasuk salah satu negara yang dikenal memiliki banyak kuliner kaya rasa. Contohnya saja camilan yang satu ini. Tampilan dan bentuknya hampir sama persis seperti bakwan di Indonesia bukan? Hanya saja perbedaannya terdapat pada campuran bawang, bayam, adonan tepung, sawi, terung, hingga keju.

Cara penyajiannya pun cukup mudah adonan yang telah tercampur rata lalu digoreng hingga kecokelatan. Kemudian pakora akan ditambahkan bersama kuah kari dan cocolan yoghurt khas India.

6. Beguni - Bengali

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera Pinterest.com/thegastronomicbong.com

Beguni merupakan camilan yang berasal dari wilayah Bengal anak benua India. Camilan ini berbahan dasar terong yang diiris dan dipukuli sebelum digoreng. Selanjutnya irisan terong tersebut dilumuri pasta besan (tepung khas India) lalu digoreng hingga coklat keemasan. Agar lebih renyah, biasanya ditambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan. Beguni ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima sehingga sangat populer di sana.

7. Arancini - Italia

7 Jenis Bakwan di Berbagai Dunia yang Mengunggah Selera mernaarini.wordpress.com

Arancini adalah hidangan nasi yang dibentuk bulat yang dilapisi tepung roti lalu digoreng. Umumnya diberi isian daging sapi cincang yang dimasak dengan saut tomat dan beberapa bumbu menggunakan api kecil. Isian lainnya yaitu keju mozzarella dan kacang-kacangan.

Nama hidangan ini artinya adalah "jeruk kecil". Hal itu berdasarkan warna dan bentuk arancini yang mirip sebuah jeruk.

Itulah kudapan bakwan yang ada di dunia. Gimana, sdah bikin ngiler belum? Bisa jadi referensi camilan nikmat lho buat di rumah aja. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga: Pilih Gorengan Favoritmu dan Kami Akan Tahu Sifat Aslimu!

Nanda Yuanita Photo Writer Nanda Yuanita

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya