Comscore Tracker

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahun

Dihiasi dengan makanan manis!

Saat bertambah usia, perayaan ulang tahun menjadi momen spesial untuk setiap orang. Usia yang makin dewasa, membuat momentum perayaan ulang tahun ini diiringi dengan berbagai doa dan harapan baik agar bisa menjalani hidup yang penuh kebahagiaan.

Setiap negara pun memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan ulang tahun dan memiliki makanan yang wajib ada ketika hari spesial tersebut dirayakan. Nah, berikut adalah daftar makanan tradisional dari berbagai negara dalam perayaan ulang tahun, dilansir The Recipe dan Daily Nexus.

1. Norwegia: Kransekake

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang TahunBbc.co.uk

Kransekake adalah makanan penutup asal Norwegia yang dihidangkan dalam acara-acara khusus. Kue ini disusun dengan lapisan gula hingga menjulang tinggi menyerupai piramida. Dalam perayaan ulang tahun kue Kransekake akan dihiasi dengan berbagai dekorasi yang meriah dengan berbagai warna.

2. Denmark: Kagemand/Kagekone

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang TahunMitziemee.com

Di Denmark, anak-anak mendapatkan suguhan istimewa di hari ulang tahun mereka dengan kue Kagemand untuk anak laki dan kue Kagekone untuk anak perempuan.

Kue panggang yang relatif sederhana ini hanya terdiri dari adonan ragi yang lembut, namun kue akan dibentuk menyerupai anak laki-laki atau yang perempuan yang sedang berulang tahun. Saat tiba waktunya memotong kue, bagian pertama yang harus dipotong adalah bagian kepalanya!

3. Perancis: Croquembouche

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunwww.bonappetit.com

Croquembouche dari Prancis tidak hanya menyerupai makanan, namun juga terlihat sebagai karya seni yang begitu indah. Bola kue disusun hingga menjulang tinggi dengan ditaburi karamel di atasnya.

Makanan penutup yang tidak mudah dibuat ini hanya tersedia dalam perayaan hari istimewa seperti ulang tahun, lho.

4. India: Payesh

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunwww.whiskaffair.com

Payesh merupakan makanan penutup yang manis dan sederhana yang biasanya disajikan pada acara-acara khusus. Makanan ini menjadi makanan penutup yang wajib disuguhkan dalam berbagai perayaan istimewa di India.

Tak hanya sebagai makanan tradisional ulang tahun, makanan yang kaya akan rempah ini juga menjadi makanan padat pertama yang akan diberikan kepada para bayi di India.

5. Swedia: Princess Cake

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang TahunBbc.co.uk

Princess cake berasal dari Swedia dan merupakan kue yang berbentuk indah dengan taburan bubuk halus yang terbuat dari marzipan. Bagian dalam kue begitu gurih karena terbuat dari airy sponge cake yakni sejenis selai buah, pastry cream, dan banyak whipped cream.

Awalnya kue ini hanya disajikan dengan warna hijau, namun seiring berkembangnya zaman kue ini dibentuk dan diberi warna sesuai dengan selera orang yang merayakan ulang tahun.

Baca Juga: 5 Ide Tower Cake Unik dari Beragam Kue untuk Kejutan Ulang Tahun!

6. Argentina: Sandwich de Miga

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunwww.196flavors.com

Dalam perayaan ulang tahun di Argentina tidak akan lengkap jika tidak ada makanan bernama Sandwich de Miga. Sandwich asal Argentina ini tidak jauh berbeda dengan sandwich biasanya.

Namun, salah satu ciri yang membedakannya dari yang lain adalah ‘miga’ yakni jenis roti yang digunakan tipis dan tidak garing.

7. Brasil: Brigadeiro

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunbraziliankitchenabroad.com

Di Brasil, orang yang ulang tahun akan mendapatkan makanan lezat  bernama Brigadeiros. Brigadeiros biasanya berbentuk bola-bola kecil dan ditutup dengan taburan atau apa pun yang bisa menempel seperti kacang dan disajikan dalam cetakan cupcake.

Sajiannya sangat manis dan terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti susu kental manis, mentega, dan coklat. Makanan manis ini biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup di perayaan pesta ulang tahun.

8. Ghana : Oto

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahuntherecipe.com

Di Ghana, orang yang merayakan ulang tahun akan diberi hari libur spesial dengan menikmati sarapan lezat yang disebut ‘Oto’. Oto dibuat menggunakan ubi lokal yang direbus dan dihaluskan kemudian dicampur bumbu sederhana seperti bawang merah, garam, dan bubuk udang.

Hidangan Oto selalu disajikan dengan satu atau lebih telur rebus. Telur dimaksudkan untuk melambangkan kesuburan dan transisi dari masa anak-anak ke dewasa.

9. Australia: Fairy Bread

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunwww.sweetestmenu.com

Roti Peri atau Fairy Bread merupakan kue yang umum disajikan pada pesta ulang tahun anak-anak karena sangat mudah dibuat dan disajikan dengan berbagai variasi warna yang menyenangkan dan cerah. Resep Fairy Bread asal Australia ini mudah dibuat dan memiliki sejarah panjang, lho.

10. Korea Selatan: Miyeokguk

10 Makanan Tradisional dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahunwww.haibunda.com

Bagi penggemar drama Korea pasti sudah hafal dengan makanan tradisional yang wajib ada ketika perayaan ulang tahun di Korea Selatan. Yap, sup rumput laut atau Miyeokguk merupakan makanan yang wajib di santap bagi setiap orang Korea Selatan yang sedang berulang tahun.

Sup rumput laut menjadi daftar terakhir makanan tradisional dalam perayaan ulang tahun yang tidak memiliki cita rasa manis sama sekali, nih.

Dari daftar di atas, makanan tradisional dari negara mana yang menggugah seleramu?

Baca Juga: 7 Makanan Ulang Tahun dari Berbagai Negara, Bukan Hanya Kue Tart

Nawa Maulida Photo Verified Writer Nawa Maulida

Be Yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya