Comscore Tracker

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar Kulkas

Bisa tahan berhari-hari atau bahkan lebih!

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), makanan yang ditaruh di luar kulkas selama lebih dari dua jam harus dibuang. Mengapa? Pada suhu ruangan, bakteri tumbuh sangat cepat dan bisa membuat seseorang sakit. Meski telah dipanaskan ulang, ini gak membuat kita aman dari bakteri.

Namun, gak semua makanan perlu disimpan di kulkas. Ada yang justru harus ditaruh luar dan tetap aman untuk dikonsumsi. Wanna know more?

1. Mentega yang diasinkan (salted butter)

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar KulkasUnsplash/Sorin Gheorghita

Walau produk susu lainnya harus disimpan di dalam kulkas agar tidak rusak, mentega asin dan yang dipasteurisasi adalah pengecualian. Menurut laporan dari U.S. Food and Drug Administration (FDA), ini berkat kandungan lemaknya yang tinggi.

Namun, State Food Safety menganjurkan agar mentega dimasukkan kulkas agar bisa bertahan lebih lama. Dan mentega buatan sendiri (homemade) atau yang tidak dipasteurisasi harus selalu berada di lemari pendingin.

2. Bumbu atau saus

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar KulkasUnsplash/GoodEats YQR

Bumbu atau saus tertentu seperti kecap, saus pedas berbasis cuka, atau madu justru tidak boleh disimpan di kulkas. Di sisi lain, mustard atau saus tomat bisa ditaruh di lemari es, namun tidak berbahaya bila dibiarkan di luar.

Sebaliknya, melansir dari laman Insider, saus tartar dan mayonaise wajib disimpan di kulkas, apalagi jika wadahnya sudah dibuka. FoodSafety.gov menegaskan, jika saus ini dibiarkan di ruangan terbuka dan tanpa penutup lebih dari delapan jam, maka harus dibuang.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar, biar Lebih Awet

3. Sayuran tertentu

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar KulkasUnsplash/Markus Winkler

Tidak semua sayuran harus ditaruh di dalam kulkas agar tetap segar. Beberapa justru lebih baik diletakkan di luar lemari es seperti mentimun, paprika, terong, tomat, bawang putih, bawang bombay, hingga jahe.

Apa yang terjadi jika sayuran tersebut ditaruh di dalam lemari pendingin? Jamur akan tumbuh di bawang dan tomat. Teksturnya pun menjadi lembek dan kurang enak dimakan, laman Insider menjelaskan.

4. Keju

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar KulkasPixabay/AlexKlen

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Wisconsin, ditemukan bahwa keju bisa bertahan hingga enam jam pada suhu 70°F (21°C) tanpa menumbuhkan bakteri yang mengancam nyawa.

Bahkan, menurut Marianne Smukowski dari Wisconsin Center for Dairy Research, keju keras seperti parmesan bisa ditaruh di luar kulkas selama 24 jam. Tetapi, bila dibiarkan terlalu lama, keju akan mengering dan tidak terlihat menarik.

5. Roti

5 Makanan yang Gak Mudah Basi jika Ditaruh di Luar KulkasPixabay/sofi5t

Di minimarket, roti umumnya dipajang di rak, bukan di dalam lemari es. Ternyata, itu adalah cara penyimpanan yang tepat.

Menurut StillTasty.com, roti yang disimpan di kulkas menjadi cepat kering karena suhu yang dingin. Bila ditaruh di meja makan, roti bisa bertahan seminggu atau lebih.

Nah, itulah 5 jenis makanan yang gak cepat basi apabila ditaruh di luar kulkas. Semoga bisa menambah wawasan, ya!

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Bahan Makanan Sesuai Jenisnya, Gak Gampang Busuk

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra
  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya