Comscore Tracker

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulang

Kamu sering makan yang mana nih?
Dengan memasak, kamu bisa menyiapkan makanan dengan cara memanaskan bahan makanan agar bisa dikonsumsi. Bagi kamu yang punya hobi memasak tentunya akan menjadi suatu hal menyenangkan jika bisa membuat makanan yang lezat untuk orang tersayang, bukan? 
 
Jika berbicara tentang makanan, sudah jadi hal yang biasa saat seseorang melakukan kebiasaan menyimpan makanan yang belum dihabiskan, kemudian dipanaskan lagi agar bisa dikonsumsi.
 
Perlu kamu ketahui, bahwa ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang karena malah bikin makanan tersebut beracun, lho! Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan. Yuk langsung saja simak, berikut ini daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang.

1. Telur

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangunsplash.com/Krisztina Papp

Makanan yang satu ini sering menjadi menu makanan sehari-hari, bukan? Hal ini karena telur mudah didapat dan lebih gampang diolah menjadi berbagai jenis makanan. Telur juga menjadi sumber protein yang tinggi dan tentunya baik bagi kesehatan. Namun hati-hati, telur yang sudah dimasak kemudian disimpan lebih baik jangan dipanaskan ulang. 

Melansir dari Food NDTV,  bahwa telur yang sudah matang lebih baik untuk segera dimakan. Jika kamu menyimpannya dalam waktu lama, lebih baik jangan dipanaskan kembali. Kamu cukup mengonsumsinya langsung dalam kondisi dingin karena makanan berprotein tinggi mengandung banyak nitrogen. Nitrogen ini mungkin teroksidasi jika dihangatkan lagi. Hal ini selanjutnya malah dapat memicu kanker.

2. Ayam

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangpexels.com/Omar Mahmood

Siapa nih, yang gemar mengonsumsi daging ayam? Makanan yang satu ini memang sudah tak diragukan lagi kelezatannya. Selain telur, ayam juga sangat kaya akan protein. Namun, siapa sangka jika ayam yang sudah matang tidak baik untuk dipanaskan kembali setelah disimpan.

Melansir dari Times of India, bahwa ayam akan berdampak buruk jika dipanaskan kembali. Inilah yang sebenarnya bisa menyebabkan masalah pencernaan. Jika kamu benar-benar ingin memanaskan kembali ayam yang telah dimasak, kamu dapat melakukannya dengan suhu rendah untuk durasi yang lebih lama. Cara terbaik untuk mengonsumsi ayam yang disimpan adalah dengan memasukkannya ke dalam cold salad atau sandwich.

3. Sayuran dengan kandungan nitrat tinggi

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangpexels.com/Rodolfo Quirós

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh kamu hangatkan lagi setelah dimasak adalah sayuran dengan kandungan nitrat yang tinggi seperti bayam atau sayuran berdaun hijau, wortel, lobak atau seledri.

Melansir dari Food NDTV, bahwa sayuran kaya nitrat ini bila dipanaskan ulang bisa berubah menjadi racun, melepaskan sifat karsinogenik, yang umumnya bersifat kanker. Seperti bayam mengandung zat besi dalam jumalah tinggi, sehingga memanaskan dan memanaskan kembali bayam dapat mengoksidasi zat besi yang ada dalam bayam. Oksidasi zat besi menghasilkan radikal bebas berbahaya yang diketahui menyebabkan banyak penyakit termasuk kemandulan dan kanker.

Baca Juga: Awas, 7 Makanan dan Minuman Ini Memicu Asam Lambung Naik

4. Kentang

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangpexels.com/Pixabay

Melansir dari Insider, memanaskan kembali sisa kentang malah bisa membuatmu sakit. Seperti yang dilaporkan Independent, masalah dengan memanaskan kembali kentang sebenarnya bukanlah proses menghangatkannya di dalam microwave atau oven.

Jika kentang yang dimasak dibiarkan dingin pada suhu ruangan dalam waktu yang terlalu lama, inilah yang dapat membentuk bakteri penyebab botulisme. Maka dari itu agar tidak menimbulkan bakteri, lebih baik simpan kentang tersebut ke dalam lemari es, atau jangan dikonsumsi keesokan harinya agar tidak menyebabkan masalah keracunan.

5. Nasi

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangunsplash.com/Pille-Riin Priske

Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia yang dikonsumsi sehari-hari. Menjadi hal yang wajar jika banyak orang menghangatkan kembali nasi yang sudah dalam kondisi dingin. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak disarankan, karena dapat memicu timbulnya bakteri.

Melansir NDTV Food, menurut Badan Standar Makanan (FSA), makan nasi yang dihangatkan kembali dapat menyebabkan keracunan makanan. Ini disebabkan karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus Cereus.

Kondisi panas dapat membunuh bakteri ini, tetapi panas juga dapat menghasilkan spora yang bersifat racun. Setelah nasi dipanaskan kembali dan ditinggalkan pada suhu ruangan, spora yang dikandungnya dapat berkembang biak. Hal inilah yang selanjutnya menyebabkan keracunan makanan jika dikonsumsi.

6. Jamur

Berisiko! 6 Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan Berulangpexels.com/Pixabay

Makanan yang satu ini juga masuk dalam daftar makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali, lho! Ternyata menghangatkan kembali olahan jamur yang dingin bukanlah ide yang tepat.

Melansir dari laman Insider, menurut Independent dan Dewan Informasi Pangan Eropa, memanaskan kembali jamur adalah kesalahan besar. Jamur mengandung protein yang dapat dirusak oleh enzim dan bakteri jika tidak disimpan dengan baik dan dibiarkan pada suhu ruangan terlalu lama.

Dewan Informasi Pangan Eropa juga merekomendasikan bagi kamu yang ingin  memanaskan kembali jamur,  disarankan untuk menghangatkannya setidaknya 158 derajat Fahrenheit.

Nah, itulah beberapa makanan yang tidak boleh untuk dipanaskan berulang. Selain itu, sangat penting untuk kamu menyimpan makanan dengan baik agar tetap aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan bakteri yang dapat membahayakan kesehatanmu.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Menjelang Tidur, Sudah Tahu?

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya