Comscore Tracker

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! 

Kuncinya tambahkan layer yang bermacam-macam

Dessert box merupakan hidangan makanan manis kekinian yang dapat dijadikan sebagai hadiah, ide jualan online, atau dikonsumsi untuk sendiri. Rasanya yang manis dan lezat mampu membuat dirimu puas saat ingin memakan yang manis-manis.

Makanan manis ini cukup mirip dengan mille crepes cake yang lapisannya berlapis-lapis. Bedanya, tiap lapisnya memberi tekstur dan rasa yang berbeda, serta disajikan dalam kotak sehingga mudah saat dimakan.

Bagi kamu yang ingin membuatnya di rumah, baik untuk dikonsumsi pribadi maupun sebagai ide jualan online, simak lima tips berikut agar dessert box buatanmu memiliki rasa premium. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung saja simak!

1. Tambahkan layer whipped ganache 

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! ilustrasi whipped ganache (unsplash.com/American Heritage Chocolate)

Dessert box biasanya dilapisi dari beberapa layer. Kamu bisa kreasikan setiap layer-nya dan disusun secara berulang. Jika ingin membuat dessert box rasa cokelat, tambahkanlah ganache rasa cokelat agar rasanya ringan dan premium.

Kamu bisa membuatnya dari susu, margarin, dan campuran milk serta dark chocolate. Untuk membuatnya, panaskan susu dan margarin hingga simmering. Tuang ke dalam mangkuk berisi cokelat yang dicincang dan aduk rata. Dinginkan selama 3-4 jam di kulkas. Kocok adonan ganache sampai mengembang.

2. Tambahkan layer vla kopi atau susu 

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! Proses pembuatan vla susu. (youtube.com/Devina Hermawan)

Agar dessert box cokelat buatanmu mempunyai rasa yang premium, buatlah vla rasa kopi atau susu dengan menggunakan kental manis, maizena, telur, susu, susu bubuk atau kopi bubuk. Kamu bisa memilih antara dua rasa tersebut agar rasa cokelatnya tidak monoton.

Cara membuatnya dengan panaskan susu sampai simmering. Aduk bahan lainnya di wadah terpisah dan tuang susu panas yang telah dipanaskan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Masukkan kembali semua bahan kedalam panci masak hingga mengental.

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

3. Tambahkan layer crumbs atau biskuit bubuk 

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! ilustrasi crumbs (unsplash.com/engin akyurt)

Kamu bisa membuat kreasi layer lain dengan lapisan biskuit bubuk atau crumbs. Selain membuatnya dengan cara membubukkan biskuit kelapa, kamu bisa membuatnya dengan tepung, gula, margarin, dan kelapa parut.

Cara membuatnya cukup sederhana. Aduk semua bahan dan tambahkan sedikit garam. Sangrai di api sedang hingga setengah kering, lalu gunakan api kecil dan masak hingga matang atau kering sambil terus diaduk.

4. Buatlah layer sponge cake rasa kopi 

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! Sponge cake untuk dessert box (youtube.com/Devina Hermawan)

Dibanding membuat kue biasa, buatlah sponge cake karena teksturnya lebih empuk dan lebih premium. Berilah ekstrak vanila dan kopi agar rasa dessert box buatanmu tidak monoton. Ekstrak kopi bisa dialternatifkan dengan membuat campuran air dan bubuk kopi.

5. Tambahkan topping chocochips 

5 Tips Membuat Dessert Box Cokelat agar Lebih Lezat dan Premium! ilustrasi chocochips (freepik.com/freepik)

Setelah kamu kreasikan lapisan-lapisan dessert buatanmu, tambahkan hiasan chocohip di layer paling atas. Setelah selesai, simpan di lemari es sebelum dihidangkan agar teksturnya menyatu dan segar saat disajikan.

Jika kalian mengikuti arahan-arahan di atas, dapat dipastikan dessert box rasa cokelat buatanmu akan lebih premium dari segi rasa dan penampilan. Bagaimana, tertarik mencoba? Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Dessert Enak di Kota Bandung, Surganya Sweet Tooth

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya