Comscore Tracker

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil 

Simak tekniknya agar adonannya berhasil!

Pernahkah kalian mencicip camilan Malaysia yang bernama karipap? Karipap pusing atau curry puff merupakan camilan yang berasal dari Malaysia yang sangat identik dengan kulit berbentuk motif pusar di bagian tengahnya.

Melalui kanal Youtube-nya, Devina Hermawan membagikan tips untuk membuat karipap pusing yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Rasanya dijamin enak dan renyah dengan bentuk yang berlapis sesuai dengan khasnya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung saja disimak!

1. Gunakan adonan yang terdiri dari perpaduan water dough dan oil dough 

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil Proses pembuatan karipap (youtube.com/Devina Hermawan)

Karipap khas Malaysia menyajikan kulit pastel yang unik. Untuk mendapatkan ulir yang cantik pada adonan karipap, gunakanlah dua adonan yang merupakan gabungan dari water dough dan oil dough.

Water dough terdiri dari tepung terigu protein sedang, margarin, air, gula, dan garam. Sedangkan oil dough terdiri dari tepung terigu protein sedang, margarin, atau shortening. Cara membuatnya yaitu dengan menguleni masing-masing bahan hingga tercampur rata.

2. Diamkan adonan selama minimal 15 menit 

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil Proses mengistirahatkan adonan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah diuleni sampai semuanya tercampur rata, masing-masing adonan perlu ditutup dengan cling wrap saat didiamkan. Hal tersebut untuk mencegah adonan mengering. Diamkan adonan selama 15 menit atau sampai 1 jam sampai gluten terbentuk.

Sambil menunggu adonan, kamu bisa menyiapkan bahan lain seperti isiannya. Karipap khas Malaysia biasanya menyajikan isian kari yang diisi dengan daging cincang dan kentang.

Baca Juga: Resep Karipap Pastel Melayu, Pas untuk Ide Jualan Online

3. Gabung adonan dan pipihkan 

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil Proses menggabungkan water dough dan oil dough (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah adonan didiamkan, pipihkan kedua adonannya. Bentuk water dough dengan ukuran lebih kecil dari oil dough. Jangan lupa taburkan tepung terigu pada talenan agar adonan tidak menempel pada ruang kerja.

Letakan oil dough di atas water dough secara diagonal, kemudian lipat menutupi oil dough. Gulung secara memanjang kemudian pipihkan lagi dan gulung kembali.

4. Pipihkan adonan secara perlahan 

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil Proses memipihkan adonan setelah digulung (youtube.com/Devina Hermawan)

Pastikan kamu memipihkan adonan secara perlahan agar lapisan terbentuk dengan baik dan tidak sobek. Jika kamu memipihkan adonannya dengan benar, ulir akan terbentuk dengan indah dan masih saling menempel.

Setelah adonan digulung kembali, kamu sudah bisa mulai memotong adonan menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Bungkus dengan cling wrap atau kain bersih agar tidak kering.

5. Pastikan adonan tidak terlalu tebal 

5 Tips Bikin Karipap Malaysia ala Devina Hermawan, Dijamin Berhasil Proses memipihkan adonan setelah dipotong (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk menentukan ukuran, pastikan kamu tidak menggulungnya terlalu tebal agar bentuk puff tetap ideal. Jika ukurannya sesuai, ulir yang dihasilkan tidak akan pecah saat dipipihkan untuk dibentuk kulit pastel.

Itulah lima tips membuat karipap khas Malaysia anti gagal dari Devina Hermawan. Jika kamu menerapkan adonan poin-poin di atas, karipap pusing buatanmu dapat dipastikan berlapis dan renyah. Bagaimana, tertarik mencoba?

Baca Juga: Resep Sup Kalkun Kuah Santan yang Penuh Cita Rasa, Sedap Banget!

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya