Comscore Tracker

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! 

Yuk, coba buat di rumah

Seperti di Indonesia, masyarakat Korea Selatan juga sering menggunakan daun bawang untuk ditambahkan pada masakan. Tidak hanya digunakan sebagai hiasan atau tambahan sayuran, tapi juga sebagai bahan utama.

Punya daun bawang di kulkas? Kamu bisa menyulapnya menjadi lima makanan khas Korea Selatan berikut ini.

1. Spicy garlic seafood 

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! ilustrasi spicy garlic seafood (pixabay.com/Aida KHubaeva)

Hidangan ini menyajikan makanan laut dengan bumbu bawang putih dan biasanya disajikan dengan nasi atau mi. Jika punya bahan makanan laut di rumah, kamu bisa banget membuat hidangan yang satu ini.

Kamu juga dapat menggunakan protein lain, seperti ayam, sapi, hingga tahu. Meski penambahan daun bawang ke hidangan ini sebagai garnish, tapi hal ini perlu dilakukan untuk menambahkan warna sekaligus pelengkap hidangan.

2. Salad bawang hijau pedas 

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! ilustrasi pajeori (pixabay.com/ally j)

Daun bawang oleh orang Korea Selatan juga diolah menjadi lauk pendamping saat menyantap barbeku. Nama hidangan ini disebut pajeori yang berarti bawang daun hijau yang telah dibumbui.

Daun bawang yang digunakan biasanya dibeli dalam keadaan sudah diiris sangat tipis menggunakan mesin. Sehingga bentuknya pun jadi lebih kecil dan panjang seperti spageti.

Baca Juga: Resep Camilan ala Banjar, Lempeng Daun Bawang

3. Bulgogi jungol atau bulgogi rebus 

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! ilustrasi persiapan bulgogi jeongol (pixabay.com/eunyoung LEE)

Bulgogi merupakan salah satu hidangan tradisional Korea yang paling populer. Hidangan ini ada juga yang disajikan sebagai stew atau rebusan yang biasa disebut bulgogi jeongol.

Bulgogi jeongol menyajikan berbagai topping, seperti daging iris, glass noodles, dan berbagai sayuran termasuk daun bawang. Penyajiannya sangat melimpah sehingga bisa dinikmati sepuasnya dan beramai-ramai.

Nantinya, daging dan daun bawang disiram dengan kaldu gurih dan dimasak di atas kompor yang tersedia di atas meja. Jika kamu menyajikannya di rumah, kamu dapat memasukkan komponen lain sesuai seleramu.

4. Budae jjigae 

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! ilustrasi budae jjigae (pixabay.com/hyun chun kim)

Budae jjigae juga merupakan hidangan hot pot khas Korea yang populer. Hidangan ini menyajikan rebusan dengan berbagai komponen seperti kimci, spam, sosis, mi instan, daun bawang, dan banyak lagi.

Hidangan ini sangat cocok disantap dikala hujan atau musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Berani coba?

5. Kimci daun bawang

5 Ide Makanan Korea dengan Daun Bawang, Menggugah Selera Banget! ilustrasi pa kimci (pixabay.com/makafood)

Kimci bisa dibuat dari berbagai bahan, termasuk daun bawang. Hidangan ini biasa disebut pa-kimchi atau kimci daun bawang. Rasanya sangat aromatik, pedas, dan renyah. Kimci ini lebih mudah dibuat dibanding jenis lainnya karena mudah diselipi bumbu dan terfermentasi.

Itulah lima hidangan Korea dengan daun bawang sebagai bahan utama maupun komponen pelengkap. Bagaimana, kamu tertarik untuk membuat yang mana, nih?

Baca Juga: Resep Pancake Daun Bawang, Sarapan ala KDrama yang Pas untuk Keluarga

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya