Comscore Tracker

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawan

Meskipun ekonomis, kualitasnya tak kalah dari restoran, deh!

Roti lapis atau sandwich selalu bisa dijadikan pilihan untuk sarapan hingga menu makan siang. Cara memakannya yang praktis sangat cocok bagi kamu yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk memasak.

Jika kamu kehabisan ide, kamu bisa membuat lox sandwich sebagai menu hari ini. Sandwich ini diisi dengan salmon yang smokey, tapi tidak benar-benar dipanggang.

Kamu tidak perlu khawatir, jika ingin membuat hidangan ini. Berikut ada lima tips dalam membuat lox sandwich yang tentunya rasanya lezat seperti kualitas restoran ala Devina Hermawan.

1. Gunakan salmon ukuran besar 

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawanilustrasi salmon (unsplash.com/Caroline Attwood)

Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan cured salmon untuk lox sandwich adalah daging ikan salmon, garam, dan gula. Pastikan kamu menggunakan salmon segar agar hidangan buatanmu menjadi lezat.

Selain itu, gunakan salmon dengan ukuran besar agar tidak banyak potongan yang terbuang. Hal ini dikarenakan salmon yang digunakan akan diiris tipis dan panjang.

2. Gunakan liquid smoked dan kulit lemon 

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawanilustrasi buah lemon (pixabay.com/Gabor Mika)

Isian salmon untuk lox sandwich memiliki sensasi bakar di aroma dan rasanya. Namun, salmon ini tidak dibuat dengan cara dibakar. Daging salmon dibuat dengan cara dimarinasi dengan komponen lain, seperti liquid smoked, kulit lemon, dan lada hitam.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mencampurkan gula pasir, garam, lada hitam halus, dan sedikit liquid smoked. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Baca Juga: Tuna vs Salmon, Mana yang Lebih Sehat?

3. Siapkan cling wrap sebagai alas 

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawanpenyusunan bahan di atas cling wrap (youtube.com/Devina Hermawan)

Sebelum dimarinasi, keringkan salmon dengan tisu. Siapkan plastic wrap dan tuang setengah campuran garam. Letakkan salmon dan tutup dengan sisa campuran garam.

Tambahkan juga kulit lemon di atas untuk menambahkan aroma. Pastikan kamu hanya menggunakan lemon bagian kuning karena bagian putih memiliki rasa yang pahit.

4. Pastikan salmon terbungkus rapat 

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawanpembuatan cured salmon (youtube.com/Devina Hermawan)

Bungkus salmon dengan rapi dalam plastic wrap. Pastikan kamu membungkus salmon secara rapat untuk memaksimalkan proses curing. Kamu juga dapat membungkus salmon dua kali untuk memastikannya tertutup rapat sehingga tidak bocor.

5. Diamkan cured salmon selama 1-1,5 hari 

5 Tips Bikin Lox Sandwich Kualitas Restoran ala Devina Hermawanilustrasi kulkas atau lemari es (unsplash.com/Ello)

Setelah salmon terbungkus dengan campuran garam dan gula, diamkan di lemari es selama 1-1,5 hari. Usahakan jangan melampaui batas waktu karena daging salmon dapat mengeras jika terlalu lama.

Setelah salmon didiamkan, keluarkan dari kulkas dan bilas dengan air matang. Iris tipis-tipis dan siapkan roti lalu panggang pada wajan.

Oleskan cheese spread, susun butterhead lettuce, bawang bombai, honey mustard, dan salmon. Bungkus dengan kertas roti untuk mempermudah cara memakan.

Bagaimana, tips-tips tersebut mudah dilakukan, bukan? Sangat cocok diterapkan untuk membuat sarapan yang praktis. Semoga kamu berhasil membuat lox sandwich-nya!

Baca Juga: 8 Sandwich Asal Asia yang Nggak Kalah Lezat dari Sandwich Negara Barat

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya