Comscore Tracker

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!

#MasakItuGampang Pilih sambal yang paling kamu suka

Yang namanya orang Indonesia, pasti wajib makan ditemani sambal. Mau disajikan dengan lauk apa pun, rasa sambal yang pedas dan menyegarkan selalu bisa membuat nafsu makan bertambah.

Selama ini, sambal yang paling populer dan sering dikonsumsi adalah sambal terasi dan sambal bawang. Tapi kalau kamu bosan dengan sambal yang itu-itu saja, cobain deh 7 sambal khas nusantara di bawah ini!

1. Sambal matah

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!www.indoindians.com

Sambal matah merupakan sambal pertama yang wajib kamu coba. Sambal khas Bali ini terbuat dari campuran irisan bawang merah, cabe rawit, kecombrang (bisa diganti dengan serai), dan jeruk limau.

Bahan-bahan tersebut lalu disiram dengan minyak goreng panas. Rasa sambal yang pedas dan segar dari sambal matah ini dijamin bikin ketagihan.

2. Sambal kecap

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!www.indoindians.com

Meskipun terlihat sederhana, tapi sambal kecap ini tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Irisan bawang merah, tomat segar, dan cabe rawit yang disiram kecap manis membuat rasa sambal kecap ini gurih sekaligus pedas. Sambal kecap ini sangat cocok disajikan dengan makanan yang dipanggang atau dibakar.

3. Sambal ijo

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!www.indoindians.com

Pecinta masakan Padang pasti tahu deh dengan sambal yang satu ini. Sambal ijo yang merupakan masakan khas Padang ini menjadi menu yang wajib ada saat kamu makan masakan padang.

Sambal ijo terbuat dari cabe hijau besar dan tomat hijau yang ditumis sampai matang. Rasa sambal ijo ini gurih dan menyegarkan, tapi tak terlalu pedas. Jadi cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka makanan pedas tapi ingin mencicipi sambal.

4. Sambal roa

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!http://dev.cariresep.com

Beralih ke Manado, kamu akan menemukan sambal bernama sambel roa. Roa sendiri merupakan nama ikan. Ikan roa asap yang sudah disuwir halus, disangrai lagi sampai harum.

Setelah matang, ikan roa sangrai tadi dimasak lagi bersama tumisan sambal yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, tomat, cabe rawit, dan penyedap. Rasa sambal roa yang gurih dan pedas dijamin bikin ketagihan!

5. Sambal mangga

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!www.indoindians.com

Kamu mencari sambal yang pedas, gurih, dan sedikit asam? Cobain deh sambal mangga, atau yang sering juga disebut sambal pencit. Sambal yang berasal dari Jawa Timur ini terbuat dari irisan mangga muda yang dicampur bersama ulekan sambal terasi. Karena rasa sambal mangga yang sangat menyegarkan, dijamin deh tanpa sadar porsi nasi kamu nambah lagi.

6. Sambal pete

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!img.qraved.co

Jangan ngaku pecinta pete jika kamu belum mencicipi sambal yang satu ini. Sesuai namanya, sambal pete memang terbuat dari pete bakar yang dicampur bersama sambal terasi. Paduan antara gurih dan lembutnya pete dengan sambal yang pedas menghasilkan citarasa unik tersendiri di lidah. Dijamin nagih!

7. Sambal dabu-dabu

Cobain Yuk 7 Varian Sambal Khas Nusantara Ini, Bikin Nagih!http://oliviacooksinholland.blogspot.co.id

Sebenarnya, bahan dan cara pembuatan sambal dabu-dabu hampir sama dengan sambal matah, hanya saja sambal khas Manado ini tidak menggunakan serai atau kecombrang, dan ditambah dengan potongan tomat segar. Jadi bisa dijadikan alternatif bagi anda yang kurang suka dengan rasa dan aroma dari sambal matah.

Wah, baru melihat gambarnya saja sudah bikin ngiler ya. Apalagi jika sudah mencoba secara langsung, dijamin bikin lupa diri saking nikmatnya!

Ninna Lestari Afiati Photo Verified Writer Ninna Lestari Afiati

Makna rasa dalam kata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya