Comscore Tracker

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasa

Padahal layak dicoba

Banyak orang yang semakin menyadari pentingnya kesehatan dan mulai memperhatikan asupan harian mereka. Menjadi vegetarian adalah salah satu jalan yang dipilih karena banyaknya manfaat yang didapat oleh tubuh.

Ragam sayuran di dunia berikut adalah contoh sayuran yang jarang dilirik atau terkesan diremehkan oleh para vegetarian. Padahal semuanya punya rasa yang enak, bernutrisi dan layak untuk dicoba. Mau tahu apa saja?

1. Brokoli romanesco

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/myveganlifeforever

Brokoli yang berasal dari Italia ini dikenal juga dengan sebutan kuntum hijau limau. Sayuran yang gak biasa ini kaya akan nutrisi penting seperti zat besi dan vitamin K yang baik untuk tubuh. Hidangan pasta sayur yang populer menampilkan romanesco dengan bawang putih, lemon dan sedikit minyak zaitun. 

2. Pakcoy atau sawi sendok

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/pacifica_cantonese

Bosan dengan bayam dan kol? Pakcoy bisa jadi pilihan menu baru. Sayuran yang mungkin lebih kita kenal dengan sawi ini adalah sayuran pokok dalam masakan Cina yang tinggi vitamin A dan C. Kandungannya berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Penyajiannya bisa dikukus atau digoreng dengan campuran minyak wijen.

3. Daun pakis muda

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/mpbroderick

Daun pakis muda yang melengkung ini adalah sumber protein serta vitamin A dan C. Daun pakis biasanya sering disajikan dengan campuran sayuran hijau lainnya. Tapi bisa juga langsung digoreng dengan mentega dan dibuat seperti camilan.

Musim panen daun pakis muda memang sangat singkat, itulah yang membuat sayuran ini cukup langka di pasaran. Kalau pun ada, minat pembeli pakis masih sedikit. Buat kamu yang vegetarian, wajib coba nih!

4. Ubi jalar ungu

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/daylightmindcoffee

Makanan kaya serat dan mengandung karbohidrat kompleks ini juga layak kamu coba. Selain cocok jadi menu vegetarian, ubi ungu juga mampu bantu mengontrol gula darah. Kalau bosan dengan sajian yang dikukus, ubi ungu bisa juga dijadikan bahan pokok aneka kue. Sejumlah hidangan di Okinawa, Jepang, bahkan menjadikan ubi jalar ungu sebagai pencuci mulut.

Baca Juga: 5 Resep Lezat Hidangan Buka Puasa ala Vegetarian

5. Kale merah

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/savourous

Secara nutrisi, kale punya kandungan yang gak kalah dari bayam, selada air dan bit. Efek crunchy saat dimakan menjadikan kale cocok untuk ditumis. Sayuran yang kaya anti oksidan dan beta karoten ini bisa juga dijadikan salad, smoothies, atau jus merah yang segar.

6. Singkong

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/diyahpurwaning

Selain cocok jadi menu vegetarian yang rendah kalori, singkong juga punya kandungan serat tinggi yang bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama. Bosan dengan menu kukus atau goreng, kamu bisa mengolah singkong menjadi aneka kue atau kolak. Makanan pengganti nasi dan roti ini juga baik untuk kesehatan pencernaan.

7. Jamur enoki

7 Menu Vegetarian dari Aneka Sayuran yang Gak Biasainstagram.com/jjyyng.k

Jamur berwarna putih seperti taoge ini hanya hidup di wilayah beriklim sejuk. Jamur enoki biasa digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur, termasuk dalam hidangan sup mie seperti ramen. Jamur yang mengandung protein tinggi ini berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan kolesterol. Bisa dimakan mentah, di tumis, atau dijadikan gorengan dengan saus cabai mayo yang nikmat. 

Gimana, udah pernah coba ragam sayuran kaya nutrisi di atas? Vegetarian wajib coba nih!

Baca Juga: 5 Alasan Jadi Vegetarian Perlu Kamu Pertimbangkan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You